Connect with us

Bulu Tangkis

Pelatih Malaysia Akan Mengutamakan Psikis Untuk Anak Asuhnya Jelang Piala Sudirman

TERBIT.COM – Wong Choong Han kepala pelatih baru Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia akan menjalani debut pertama di Piala Sudirman 2019 sejak dirinya berstatus menjadi pelatih pada Januari 2019 lalu.

Kepala pelatih Badminton Association of Malaysia (BAM) ini berupaya cukup keras untuk menanamkan pola pikir yang positif pada tim badminton Malaysia untuk berlaga di Piala Sudirman mendatang.

Hal ini ia ungkapkan demi dapat meraih hasil yang maksimal bagi squadnya menjelang ajang yang akan di gelar di Nanning, China pada 19 hingga 26 Mei 2019.

Di turnamen yang di gelar dua tahun sekali setiap tahun ganjil ini, tim dari Negeri Jirain ini masuk ke grup 10 bersama dengan India dan China.

Meskipun Malaysia secara komposisi pemainnya tidak di unggulkan, namun Wong Choong Hann tetap optimis dalam menatap turnamen tersebut. Ia juga berhadap Malaysia dapat memberikan satu atau dua kejutan dalam ajang tersebut.

Kepala pelatih yang dulunya adalah mantan pemain bulu tangkis tunggal putra Malaysia ini juga menekankan pada anak asuhnya untuk semangat dan juga percaya pada diri sendiri, karena ini ia anggap akan bisa membantu mengasah mentalitas para pemain.

“Kami ingin menanamkan mentalitas yang lebih pro aktif dan juga positif dalam latihan, serta ketrampilan dalam memecahkan kebuntuan di lapangan. Dan yang tak kalah penting adalah kepercayaan pada diri sendiri saat menghadapi lawan di turnamen Piala Sudirman 2019,” ucap Wong Choong Hann dilansir dari laman resmi BWF.

“Itu merupakan beberapa masalah yang mendasar, pola pikir pemain, dari sana kami akan berusaha untuk mengidentifikasi masalah personal para pemain selama bertanding, baik secara teknis ataupun strategi,” ujar Wong menambahkan.

Beberapa pemain muda Negeri Jiran sebenarnya mulai muncul. Baru baru ini, peforma yang apik ditunjukan oleh kiprah ganda putra yakni Aaron Chia dan Soh Wooi Yik, serta dari ganda putri ada nama Chow Mei Kuan dan Lee Meng Yean.

Meskipun begitu, Wong Choong Hann mengaku bahwa prestasi Malaysia masih belum cukup untuk dapat menandingin wakil dari negara lain, termasuk Indonesia dan China.

“Sejauh ini, progres mereka bagus, namun kami masih tertinggal dibanding dengan tim unggulan seperti China, Jepang bahkan Indonesia. Kami masih menantikan pemain kami menjadi pemain yang terbaik, itu tujuan utama kami,” ucap Wong menjelaskan.

“Saya percaya bahwa semangat tim kami dan kepercayaan diri adalah faktor yang paling penting,” ucap Wong Choong Hann menambahkan.

Sedangkan untuk Indonesia sendiri berada di grup B bersama dengan Denmark dan Inggris. Rencananya Piala Sudirman 2019 bergulir mulai 19-26 Mei di Guangxi Sports Center, Nanning, China.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Bulu Tangkis