Connect with us

Bulu Tangkis

Pebulutangkis China Terancam Absen karena Virus Corona

Virus Corona di cina

Berita Olahraga Dunia – Wabah Virus Corona yang saat ini sangat menyita perhatian dunia. Tiap hari korban berjatuhan hingga ratusan orang di China. Hal ini juga yang membuat para atlet bulu tangkis China kemungkinan besar akan absen tampil di kompetisi dunia musim ini. Munculnya Xenophobia pada pemain China yang ditakutkan akan membawa virus tersebut saat tampil di turnamen bulu tangkis pada Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF.

Kondisi ini tentu diperhatikan pihak BWF yang terus melihat perkembangan terkait Virus Corona yang berkembang di China dan beberapa negara lainnya. BWF sadar jika beberapa negara sudah membuat aturan pembatasan masuk ke wilayah mereka pada penduduk China dan warga negara asing yang berada di China selama 14 hari belakangan ini. Banyak maskapai juga yang sudah menutup sementara layanan ke dan dari negara tersebut.

Jika Virus Corona terus berkembang, kemungkinan besar pebulutangkis dunia dari China yakni Chen Hong, Chen Yu Fei, Lin Dan, Zheng Si Wei, hingga Huang Dong Ping dan lainnya akan batal tampil di kompetisi luar negeri. Ini akan memberikan kerugian bagi mereka dalam berebut poin menuju Olimpiade.

pebulutangkis China teramcam absen karena Virus Corona

Kondisi ini menimbulkan banyak hambatan dan kini pihak BWF berusaha mencari solusi atas masalah ini. Hal paling mungkin terjadi adalah para pebulutangkis China dan ofisial dari Tiongkok tidak akan ikut dalam beberapa turnamen BWF musim ini. Pihak BWF juga mengungkapkan jika hal tersebut tidak diberlakukan untuk membatasi pihak Cina atau pihak negara lain dalam turnamen olahraga ini.

Dalam pernyataan resmi pihak federasi, pebulutangkis China bebas dalam ikut serta pada tiap laga dan menyakini tuan rumah turnamen akan tetap memberikan pelakuan yang baik untuk atlet dari semua Asosiasi Anggota BWF. “Kami sudah meminta untuk tiap anggota BWF dan tuan rumah harus bekerjasama dengan baik pada pihak medis kesehatan nasional negara masing-masing demi menjaga kesehatan tim atlet masing-masing dan mengetahui tindakan pencegahan yang dapat dilakukan dengan baik. ” tulis pihak federasi bulu tangkis dunia.

“Kami juga tahu jika pihak otoritas kesehatan nasional pada tiap Anggota Asosiasi mempunyai aturan dan prosedur yang berbeda. Karena kondisi yang berubah, sangat penting untuk kami bekerja sama dengan para petinggi seperti Asosiasi Bulutangkis Tiongkok, seluruh Asosiasi Anggota dan penyelenggara turnamen, serta Komite Olimpiade Internasional  dan Paralimpiade Internasional. ”

Pihak federasi juga sudah melakukan komunikasi demi mengambil langkah yang tepat untuk semua anggaota BWF yang didukung oleh pihak IOC demi membantu peserta dapat tampil dengan aman. Sementara itu, semua peraturan dalam turnamen akan tetap diberlakukan dengan baik seperti lemparan koin, saling jabat tangan, dan upacara medali.

BWF mengaku sudah lama memperhatikan perkembangan dan risiko kesehatan serta keselamatan yang harus mereka benahi pada semua komunitas bulutangkis terkait berkembanganya Virus mematikan tersebut. Sebelumnya, banyak turnamen yang dilaksanakan di China seperti China Masters yang ditunda. Kejuaraan Asia Bulu Tangkis yang dilaksanakan di juga akan dipindahkan.

Seperti yang diketahui sebelumnya, tercatat sekitar 170 orang yang menjadi korban Virus Corona yang berkembang pesat di Wuhan saat ini. Federasi Bulu Tangkis Dunia akan terus menyorot hal ini demi keselamatan semua anggota. Hal ini juga berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan atlet bulu tangkis dunia yang akan berlaga di China.

Saat ini, belum ada keputusan resmi terkait perubahan status kompetisi China Masters 2020 yang sebelumnya akan dilaksanakan pada tanggal 25 Februari sampai awal Maret di Lingshui, China. Namun, BWF sudah melakukan pembicaraan dengan pihak penyelenggara lokal dan Asosiasi Bulu Tangkis China.

BWF juga melakukan kontrak dengan pihak Badminton Asia 2020 yang sebelumnya akan dilaksanakan di Wuhan, China. BWF akan memberi dukungan pada kedua turnamen ini apakah akan ditunda atau tempat kompetisi dipindahkan. Walau begitu, pihak terkait belum memberikan keputusan final.

Sementara itu, Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2020 sudah masuk dalam babak kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Kejuaraan Asia ini menjadi salah satu kesempatan terakhir untuk para pebulutangkis China untuk tetap bertanding di Olimpiade Tokyo pada Agustus nanti.

 

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Bulu Tangkis