Connect with us

Bulu Tangkis

Minarni Soedarjanto Pebulu Tangkis Gemilang Pada Masanya

Sosok Minarni Soedarjanto mendadak menjadi perbincangan hangat oleh publik pasalnya sosok dirinya muncul di Google Doodle di halaman pencarian. Sebetulnya, tepat pada tanggal 10 Mei sekarang ini merupakan hari mengulang tahun lahir mendiang pebulu tangkis sang legendaris potensial Indonesia tersebut.

Pada masa-masanya ia berkiprah saat di dunia perbulu tangkisan, Minarni Soedarjanto mendapat julukan “Ratu Semua Ratu Bulu Tangkis” tentu saja bukan hanya sekedar julukan yang dia dapatkan tetapi berkat kerja keras dirinya, titel tersebut disematkan atas prestasi gemilang yang kerap sukses diboyong olehnya.

Tidak banyak yang mengetahuibahwasannya jauh sebelum era kejayaan Susi Susanti, Mia Audina Tjiptawan, hingga Liliyana Natsir, Indonesia juga mempunyai pebulu tangkis hebat bernama Minarni. Minarni merupakkan perempuan yang berhasil menuliskan namanya sebagai legendaris pebulu tangkis walaupun tak terlalu fenomenal, segelintir orang yang tau bahwa sebelum perempuan-perempuan yang meregenerasi prestasi, ternyata Minami Soedarjanto lebih dulu mengibarkan bendera kejayaan atas penghargaan yang begitu berderet diraih olehnya.

Sejak usianya menginjak pada 15 tahun, Minarni sudah mengikuti kesatuan dengan pelatnas dan aktif bermain pada tahun 1959 hingga 1975. Usia dini menjadi acuan seseorang untuk memupuk minat dan bakat yang akan terus diolah jika bersungguh-sungguh dalam mengembangkannya terlebih menjadi sebuah kebanggan kelak bagi Minarni.

Selama berkiprah di dunia pebulu tangkis, Minarni berhasil merebut beberapa gelar yang kategorinya luar biasa, mulai dari All England, Asian Games, hingga Piala Uber. Pebulu tangkis kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, tersebut, menjadi pemain yang cukup menjadi sorotan kala itu. Berkat kualitas dan prestasinya yang tidak diragukan lagi.

Apalagi, pada tahun 1968, Minarni menjadi pebulu tangkis Indonesia pertama yang berhasil menjajaki partai puncak pada kompetisi All England Open pada nomor tunggal putri. Prestasi yang luar biasa.

Meskipun Minarni menjadi  runner-up pada nomor tersebut, langkahnya sudah membuat bangga ornag lain tentunya diri sendiri. Perlu diketahui pula dia sukses menjadi juara pada nomor ganda putri bersama Retno Koestijah. Pada tahun 1975 tepat di Jakarta, Minarni yang bermuara dalam kolektif  tim putri Merah Putih berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Uber bagi Indonesia untuk pertama kalinya

Minarti dan kawan-kawan naik ke podium kampiun setelah menekuk Jepang dengan perolehan skor 5-2 pada babak final. Kemenangan itu sekaligus menjadi revans Minarni dkk yang pernah dijatuhkan Jepang pada Piala Uber era 1969 dengan skor 1-6 dan Piala Uber era 1972 dengan skor 1-6.

Minarni Soedaryanto membukukan dirinya sejumlah lima kali memperkuat tim Uber Indonesia yaitu pada tahun 1960, 1963, 1966, 1969, dan 1975.Seusai pensiun, Minarni berkiprah dalam karirnya dan mengabdikan diri sebagai juru latih bulu tangkis di pelatnas dan aktif dalam kepengurusan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Minarni Soedaryanto wafat pada 14 Mei 2003 tepatnya di Rumah Sakit Pertamina (RSPP) Jakarta Selatan dalam usia 59 tahun. Berikut ini prestasi yang barhasil dicatat oleh Minarni semasa hidupnya dan jam terbangnya sebagai pebulu tangkis.

Nomor tunggal putri:

Finalis Piala Uber 1969 (Tim Indonesia)

Finalis Piala Uber 1972 (Tim Indonesia)

Juara Piala Uber 1975 (Tim Indonesia)

Juara Malaysia Open 1960

Medali Emas Asian Games 1962

Juara Malaysia Open 1966

Juara Malaysia Open 1967

Finalis All England Open 1968

Juara US Open 1969

Nomor ganda putri:

Medali Emas Asian Games 1962 (Minarni/Retno Koestijah)

Medali Emas Asian Games 1966 (Minarni/Retno Koestijah)

Juara Malaysia Open 1966 (Minarni/Retno Koestijah)

Juara Malaysia Open 1967 (Minarni/Retno Koestijah)

Juara All England Open 1968 (Minarni/Retno Koestijah)

Juara Kanada Open 1969 (Minarni/Retno Koestijah)

Juara Amerika Serikat Open 1969 (Minarni/Retno Koestijah)

Nomor ganda campuran:

Juara Kanada Open 1969 (Darmadi/Minarni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Bulu Tangkis