Connect with us

Bulu Tangkis

Lima Negara Peraih Gelar Juara All England Terbanyak

Badminton – All England merupakan salah satu kejuaraan badminton dunia tertua. Turnamen ini sudah ada sejak tahun 1899 silam. Kejuaraan tersebut selalu mengundang perhatian banyak negara di dunia. Dari banyak negara yang menjadi pesertanya, berikut lima negara yang paling sering meraih gelar juara All England.

Negara apa saja? Berikut ulasan lengkapnya!

Inggris

juara All England

Inggris menjadi negara tersering yang meraih gelar juara kejuaraan badminton dunia tertua ini. Turnamen ini bahkan menjadi turnamen wajib untuk Inggris. Biasanya mereka meraih gelar kejuaraan All England dari tahun 1899 sampai tahun 1939 silam.

Sejak dari itu, banyak negara yang mulai ikut bergairah dalam memperebutkan gelar juara yang selalu lebih sering dimiliki oleh Inggris. Jika dijumlahkan, negara raya ini sudah meraih gelar juara All England selama 189 gelar. 24 gelar di cabang tunggal putra, 39 untuk kelas cabang tunggal putri, 28 untuk ganda putra, 46 kali untuk ganda putri, dan 52 untuk ganda campuran.

Denmark

juara All England

Denmark merupakan negara yang kedua yang paling banyak meraih juara kompetisi badminton ini. Denmark mulai memiliki tempat dalam turnamen ini sejak tahun 1947 hingga tahun 1970an. ketika tim negara ini menjadi langganan juara di turnamen ini, pemain Amerika dan Malaysia mulai terlihat ke permukaan dan meraih gelar juara juga.

Jika dilihat berapa gelar juara yang mereka dapatkan, Denmark sudah membukukan juara All England 88 gelar. 20 gelar dari kelas tunggal putra, 14 untuk tunggal putri, 21 gelar dari ganda putra, 11 gelar dari ganda putri, serta 21 gelar dari ganda campuran.

Tiongkok

juara All England

Yang ketiga ada Tiongkok. Dia menjadi negara Asia perdana yang masuk dalam list ini. Tiongkok memang terkenal dengan para pemain handalnya dalam kejuaraan All England. Negara ini mulai mencatatkan kemenangan sejak tahun 1980-an hingga saat ini.

Jika dilihat dari gelar juara yang mereka dapatkan, Tiongkok sudah meraih 82 gelar. Hampir sama dengan perolehan Denmark. Gelar juara ke-82 tersebut, Tiongkok meraihnya dari cabang tunggal sebanyak 20 gelar, 21 gelar untuk tunggal putri, 6 gelar untuk ganda putra, 23 untuk ganda putri serta 12 ganda campuran.

Indonesia

 

juara All England

Dan Indonesia masuk dalam daftar lima negara yang paling sering meraih gelar juara All England Terbanyak. Indonesia mulai menampilkan kemampuannya terhitung sejak tahun 1959, tahun debut tim meraih gelar juara kejuaraan badminton dunia tertua ini.

Indonesia menjadi negara yang cukup ketat berhadapan dengan Tiongkok dalam meraih gelar juara sampai saat ini. Indonesia sudah mencatatkan gelar All England 46 kali. Gelar juara terakhinya, juara tersebut diperoleh dari tunggal putra sebanyak 15 gelar, 4 gelar juara dari tim tunggal putri, 20 kali dari tim ganda putra, dua gelar ganda putri serta lima gelar juara dari ganda campuran.

Korea

All England korea

Negara yang kelima menjadi negara yang paling sering memperoleh gelar juara All England merupakan Korea Selatan. Negara tersebut mulai tampil di pemukaan dan meraih kesuksesan di turnamen ini pada tahun 80-an.

Korea Selatan sendiri memiliki 35 gelar juara All England. Gelar juara yang ke-35 tersebut diperoleh dari tunggal putri tiga kali, 10 gelar juara pada tim ganda putra, 12 gelar ganda putri, serta ganda campuran 10 kali. Namun, negara ini belum pernah meraih gelar juara pada kelas tunggal putra. Walau begitu, mereka sudah bergerak terus mendekati gelar juara Indonesia.

Itulah 5 negara yang paling sering menjuarai All England.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Bulu Tangkis