Connect with us

Bulu Tangkis

Lee Chong Wei Gantung Raket, Ia Berharap Malaysia Dapat Meraih Mendali Emas

TERBIT.COM – Pemain bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei telah dipastikan akan gantung raket dan tidak akan berlaga di ajang Olimpiade 2020, tetapi mantan pemain bulu tangkis nomor satu dunia itu berharap agar tim Malaysia tetap bisa meraih mendali emas meskipun tanpa kehadiran dirinya.

Lee Chong Wei sebenarnya masih berharap untuk dapat berlaga dalam ajang tersebut dan dapat meraih emas Olimpiade untuk pertama kalinya pada penyelenggaraan pesta olahraga dunia yang digelar di Jepang tahun depan.

Namun usai dirinya didiagnosa menderita kanker hidung stadium awal dan divonis tidak bisa lagi menjalani latihan dengan intensitas tinggi, pemain bulu tangkis berusia 36 tahun ini harus menjalani perawatan yang intensif dan beristirahat dari kejuaraan kejuaraan bulu tangkis. 

Pada bulan Januari 2019 lalu, Lee Chong Wei sempat kembali berlatih dengan menargetkan dapat kembali turun dan memburu poin kualifikasi untuk dapat tampil di ajang Olimpiade 2020. Namun niatan tersebut dipastikan harus kandas lantaran mantan pebulu tangkis yang pernah menempati peringkat satu dunia itu memilih untuk pensiun.

Meskipun Lee dipastikan tidak akan lagi berlaga di lapangan, namun Chong Wei disebut sebut akan menjadi chef de mission Malaysia di Olimpiade 2020. Lee mengemban jabatan sebagai pemimpin kontingen, Chong Wei menargetkan tim Malaysia dapat meraih medali emas pertama di Olimpiade.

“Saya memang dipastikan tidak dapat meraih mendali emas, tetapi saya berharap bahwa atlet atlet Malaysia bisa meraih satu emas untuk Malaysia, itu juga menjadi impian saya,” ujar Lee Chong Wei yang dikutip dari Reuters.

Negeri Jiran ini hingga saat ini masih belum pernah meraih medali emas di Olimpiade. Dari 13 kali berlaga di ajang multi cabang tersebut, prestasi terbaiknya adalah meraih tujuh perak dan empat perunggu.

Tiga dari tujuh perak Malaysia dipersembahkan Chong Wei dalam tiga Olimpiade terakhir. Chong Wei mengalami kegagalan dalam tiga partai final Olimpiade. Pada 2008 dan 2012, Lee Chong Wei harus mengakui keunggulan Lin Dan yang memupuskan ambisi pebulutangkis kelahiran 1982 itu. Sementara pada tahun 2016 giliran Chen Long yang mengandaskan impian Chong Wei meraih mendali emas.

Usai memutuskan untuk gantung raket, Lee Chong Wei akan mengalihkan fokus ke keluarga. Dalam waktu dekat, Chong Wei berencana mengajak sang istri berbulan madu dalam waktu yang cukup lama.

“Karier saya seperti roller coaster, serta naik dan turun. Saya pikir sekarang saatnya bagi saya untuk beristirahat, mengajak libur istri saya,” kata Chong Wei perihal sang istri Wong Mew Choo yang juga pernah aktif menjadi pemain bulutangkis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Bulu Tangkis