Connect with us

Bulu Tangkis

Keputusan Axelsen Untuk Mundur Dari European Games 2019 Ciptakan Polemik

TERBIT.COM – Victor Axelsen memutuskan untuk mundur dari kompetisi European Games 2019 dikarenakan sakit asma yang dia idap kambuh. Kambuhnya penyakit asma tersebut dipicu oleh alergi dari serbuk sari rumput yang dialami Axelsen sejak beberapa waktu lalu.

Diberitakan sebelumnya oleh beberapa media bahwa Axelsen sendiri telah mendapatkan perawatan khusus dibagian kedokteran paru-paru Rumah Sakit Bispebjerg, Kopenhagen, Denmark. Walaupun telah telah dirawat insentif di rumah sakit, namun sang juara dunia tahun 2017 tersebut belum memperlihatkan tanda-tanda kesembuhan dan dia masih menderita batuk disertai dengan masalah pernapasan.

Seperti yang diketahui bahwa Victor Axelsen sendiri merupakan unggulan teratas tunggal putra pada turnamen empat tahun sekali tersebut. Chef de Mission (CdM) Kontingen Denmark pada kompetisi ini yaitu Jakob Ovesen mengaku turut merasakan kesedihan atas apa yang telah terjadi kepada sang atlet saat ini.

Jakob Ovesen memahami bahwa sang pemain tidak bisa dipaksa untuk turun pada pesta olahraga negara-negara Eropa tahun ini yang rencananya akan berlangsung di Minsk, Belarus, 21-30 Juni 2019.

“Viktor (Axelsen) adalah salah satu nama besar dalam olahraga Denmark dan tentu saja juga salah satu yang terbesar dalam skuat bulu tangkis Denmark,” ucap Jakob Ovesen.

“Saya sudah tahu tentang masalah kesehatan yang sedang ia hadapi dan saya sempat berharap dia tetap bisa ikut ke Minsk,” tutur dia.

“Namun, saya juga sepenuhnya memahami bahwa keadaan yang memaksa dia batal tampil,” kata Ovesen lagi.

Sementara itu, Jens Meibom selaku Manajer Olahraga Bulu Tangkis Denmark juga merasa sangat sedih. Meibom menilai bahwa apa yang telah terjadi pada Victor Axelsen merupakan masalah yang cukup serius. Terlebih lagi sakit asma yang telah diderita oleh sang atlet juga bukan kali ini saja terjadi karena sebelumnya pemain berusia 25 tahun tersebut juga pernah tampil tidak maksimal pada kompetisi China Open 2018 diakibatkan tengah mengalami penyakit yang sama.

“Ini sangat disayangkan bagi Viktor (Axelsen). Dia menderita asma tahun lalu dan sekarang terjadi lagi,” ucap Meibom.

“Masih ada opsi perawatan yang bisa membantunya untuk menyembuhkan atau setidaknya mengurangi alergi serbuk sari rumputnya,” kata dia.

Seperti vaksinasi atau perawatan lain sehingga solusi permanen untuk alergi serbuk sari rumputnya itu bisa segera ditemukan. Yang terpenting, saya berharap ini adalah tahun terakhir Viktor berkutat dengan asma,” tutur Meibom.

“Setelah pulang dari European Games 2019, kami (Bulu Tangkis Denmark) bersama Viktor dan para dokter akan berdiskusi untuk mencari jalan keluar terbaik dari asma yang kerap dia derita,” kata Meibom lagi.

Dari mundurnya Victor Axelsen dari turnamen kali ini, tim bulu tangkis akan bertumpu kepada Anders Antonsen untuk bisa meraih medali emas pada nomor tunggal putra. Anders Antonsen sendiri saat ini berada di peringkat ke 13 dunia. Sepanjang sejarah kompetisi BWF 2019, pemain muda yang baru berusia 22 tahun tersebut sudah mengoleksi dua gelar juara yaitu Indonesia Master 2019 dan kejuaraan Nasional Denmark 2019.  Anders Antonsen juga menjadi runner up pada Spain Masters 2019.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Bulu Tangkis