Connect with us

Bulu Tangkis

Kento Momota Jalani Operasi, Terancam Absen di All England 2020

Kento Momota

Berita Lengkap Badminton – Pebulutangkis dunia pada kelas tunggal putra dari Jepang, yakni Kento Momota harus di operasi di bagian tulang dekat matanya, Sabtu (8/2) waktu setempat. Hal ini dilakukan untuk mengobati cedera yang dia alami. Namun, hal ini akan membuatnya tidak ikut dalam perhelatan All England 2020 nanti.

Pebulutangkis 25 tahun tersebut pada bulan yang lalu mengalami kecelakaan mobil di Malaysia. Kecelakaan tersebut membuatnya mengalami fraktur lantai orbital setelah kesulitan dalam melihat selama menjalani sesi latihan.

Tim medis mengungkapkan jika pemulihan cedera tulang yang dia alami akan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk kembali pulih secara total. Hal ini akan sangat berpengaruh pada performanya di kompetisi ini.

Sebelumnya, Momota sudah ditargetkan akan kembali ikut serta dalam Kejuaraan All England 2020 pada pertengahan Maret tahun ini. Akan tetapi, karena diwajibkan menjalani operasi, bisa jadi dirinya tidak akan ikut serta dalam kompetisi besar tersebut. Sebaliknya, dia harus fokus dalam proses pemulihannya untuk tampil kembali.

Kento Momota kecelakaan

Momota sendiri sudah pulang ke Jepang pada pertengahan bulan lalu setelah cedera yang dia alami dalam kecelakaan mobil dengan satu korban tewas. Dia sebelumnya diyakini akan pulih dengan cepat, namun kembali diperkirakan akan pulih kurang lebih dua bulan setelah melihat luka di wajahnya dan beberapa memar yang terjadi pada kecelakaan menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur pada tanggal 13 Januari lalu.

Di tahun lalu, Momota meraih 11 gelar dan menjadi salah satu pebulutangkis dunia yang disegani saat ini. Prestasinya di usia muda membuat kariernya kian mengesankan. Dia juga mengaku sangat bersemangat dalam perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Sepertinya, ajang ini menjadi kompetisi yang harus dia fokuskan sambil berisitirahat di rumahnya di Jepang. Pernyataan tersebut juga diungkapkan Kinji Zeniya, Sekretaris Jenderal Federasi Badminton Jepang.

Kento Momota sendiri merasakan karier gemilangnya di musim 2019 lalu. Di mencatatkan banyak gelar juara dalam ajang bergengsi, termasuk Kejuaraan Dunia, Kejuaraan Asia, dan Kejuaraan All England.

Di tengah kariernya yang berkembang. kecelakaan yang terjadi beberapa jam setelah tampil mengesankan dalam melawan pemain Denmark, yakni Viktor Axelsen dalam komeptisi Malaysia Masters 2020 membuatnya harus absen dari turnamen tertua yang nantinya dihelat di Birmingham, Inggris pada 11 sampai 15 Maret mendatang.

Klub Momota sendiri yakni Nippon Badminton Association sudah memberikan pernyataannya terkait kondisi terkini pebulutangkis dari Jepang tersebut. Dengan keluhan sakit pada bagian mata kanannya. Dokter sendiri mengungkapkan jika ada bagian di mata kanannya yang retak. Karena itu, pemain muda 25 tahun tersebut akan kembali masuk ke meja operasi.

Kento Momota pulang ke Jepang

Pelatih timnas Jepang, yakni Park Joo Bong mengaku kaget dengan kondisi pebulutangkis dunia tersebut. “Saya begitu kaget. Kami akan memperhatikan kondisinya nanti setelah menjalani operasi dan melihat apa yang akan terjadi ke depan. Kondisi ini pastinya adalah masalah yang serius. Namun, saya akan mengutamakan keamanan dan kesehatannya dulu,” ucap Park Joo Bong.

Nantinya, keadaan kondisi pebulutangkis Jepang tersebut akan menepi sampai absen dalam beberapa kompetisi kualifikasi Olimpiade 2020 Tokyo yang akan dilaksanakan sampai April nanti.

Walau begitu, catatan perolehan poin, Kento Momota tetap memperoleh tiket untuk bermain di Olimpiade musim ini. Akan tetapi, tidak dapat dipandang sebelah mata, cedera tersebut akan menganggu persiapannya jelang olahraga besar tersebut.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Bulu Tangkis