Connect with us

Bulu Tangkis

Kehabisan Stamina, Kevin dan Marcus Gagal Juara

TERBIT.COM – Pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon kehabisan stamina ketika berhadapan dengan pasangan ganda putra asal Jepang, Hiroyuki Endo dan Yuta Watanabe dalam final Kejuaraan Badminton Asia 2019.

Kehabisan stamina yang dialami oleh Kevin dan Marcus ini membuat mereka kalah dengan 2 gim langsung. Mereka akhirnya harus merasa puas dan finush di posisi runner up dalam kejuaraan ini. Pasangan ganda putra Indonesia ini kalah dengan skor 21-18 dan 21-3.

Kevin dan Marcus yang pernah meraih mendali emas di ajang Asians Games 2018 ini terlihat tampil tidak seperti biasanya. Mereka lebih sering tertinggal poin jauh dari awal pertandingan.

Pada gim kedua, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon terlihat benar benar kehabisan stamina. Mereka kerap kali melakukan kesalahan sendiri dan ini menguntungkan lawan. Akibatnya, pada gim kedua Hiroyuki Endo dan Yuta Watanabe berhasil menutup kemenangan atas Marcus dan Kevin dengan skor 21-3.

“Pada gim ke 2, stamina saya sudah habis dan lawan juga tidak mudah dimatikan. Sedangkan hari ini, lebih berat dari hari sebelumnya. Mungkin jadi seperti kurang oercaya diri karn astamina saya sudah terkuras banyak dari kemarin,” ucap Marcus Fernaldi Gideon di web resmi PBSI.

Sedangkan Kevin Sanjaya menilai bahwa pola permainan yang dihidangkan oleh Endo dan Watanabe mirip dengan pasangan ganda putra asal Jepang yang mereka kalahkan di babak semi final, yakni Takeshi Kamura dan Keigo Sonoda. Namun ia mengatakan bahwa Endo dan Watanabe ini lebih siap untuk bertanding.

“Namun hari ini, Hiroyuki Endo dan Yuta Watanabe ini lebih siap dari kami. Mereka lebih tidak gampang untuk dimatikan. Kami jadi harus bisa bermain dengan lebih sabar ketika menghadapi mereka,” ucap Kevin Sanjaya menjelaskan.

Hal ini merupakan kemenangan yang pertama diraih oleh Endo dan Watanabe atas pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon. Sebelumnya, pasangan ganda putra asal Jepang ini selalu mengalami kekalahan dalam 2 ajang bergengsi di tahun lalu.

Endo dan Watanabe kalah dalam 2 gim langsung di Hong Kong Open 2018 dengan skor 21-14 dan 21-15. Kemudian mereka juga takluk di Prancis Open 2018 dengan skor 21-14 dan 22-20.

Asisten Pelatih yang mendampingi Kevin dan Marcus ketika bertanding kemarin, Aryono menyatakan bahwa penurunan stamina ini bukan hanya dialami oleh satu pemain, namun keduanya. Kevin dan Marcus sedang sama sama dalam fase menurun. Ia juga mengatakan bahwa faktor pemicu ini bukan terletak pada skillpermainan, melainkan kedua memang mengalami kelelahan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Bulu Tangkis