Connect with us

Bulu Tangkis

16 Negara Siap Berlaga di Piala Thomas dan Piala Uber 2020

tim indonesia putra dan putri

Berita Olahraga Dunia – Ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu dari banyak negara sudah dilaksanakan pada minggu ini. Ajang ini ada dalam lima zona yang menjadi babak Kualifikasi menuju Piala Thomas 2020 dan Piala Uber 2020 yang dilaksanakan di Aarhus, Denmark pada tanggal 16 sampai 24 Mei 2020 mendatang.

Walau begitu, sebelum kompetisi dunia ini dilaksanakan, ada dua negara yang sudah masuk tanpa babak kualifikasi. Mereka adalah tim tuan rumah dan juara bertahan. Itu sebabnya, tim Denmark sudah masuk dalam daftar peserta Piala Thomas dan Uber 2020.

Di sisi lain, ada China yang menjadi tim juara bertahan pada Piala Thomas dan Jepang pada Piala Uber akan mengisi daftar tersebut. Terdapat 14 sisa daftar peserta Piala Thomas dan Uber 2020 musim ini yang nantinya akan berasal dari ajang Beregu Asia, Eropa, Afrika, Oseania, dan Pan-Am.

Dalam zona Asia, ada empat negara yang masuk pada turnamen Piala Thomas 2020. Mereka adalah Indonesia, Malaysia, India, serta Jepang yang masuk sebagai semifinalis Kejuaraan Beregua Asia. Untuk Piala Uber 2020, terdapat tim dari Korea Selatan, Thailand, serta Malaysia dengan Jepang.

Namun, dikarenakan Tim Uber dari Jepang sudah pasti lolos, satu tempat dari Asia akan dimiliki China. Walaupun sejatinya China tidak ikut bermain dalam Kejuaraan Beregu Asia 2020, namun seperti pada regulasi BWF, China mendapatkan satu tempat.

Dalam pernyataan pada regulasi BWF yang sudah disahkan, negara yang memiliki posisi tertinggi dari benua yang sama memiliki tiket dalam turnamen selanjutnya menggantikan tim juara bertahan atau tuan rumah pada posisi babak kualifikasi per zona. Tidak hanya di Asia, kondisi ini berlaku di zona Eropa.

Eropa sendiri memperoleh empat tempat dalam babak semifinalis Kejuaraan Beregu Eropa. Pada ajang itu, Denmark menjadi tim semifinalis dan juga juara. Karena itu, satu tiket akan diberikan pada tim lain denga posisi yang tertinggi se-Eropa.

Itu sebabnya, maka untuk Piala Thomas 2020, Eropa akan mengirim tim Prancis, tim Belanda, tim Rusia, serta tim Inggris yang menggantikan tempat Denmark selaku tuan rumah kali ini. Pada Piala Uber 2020, dari Eropa ada tim Prancis, Jerman, tim Skotlandia, serta Rusia yang juga menggantikan tempat Denmark.

tim denmark

Di sisi lain, tempat lainnya didapatkan oleh tim Kanada dari Pan-Am serta Australia dari Oseania. Kedua negara itu akan menjadi wakil dari tiap zona masing-masing pada Piala Thomas dan Uber setelah meriah gelar juara pada Kejuaraan Beregu Pan-Am dan Oseania. Sementara dari Afrika, kejuaraan dunia ini akan diwakili oleh tim Aljazair serta Mesir.

Tiga tempat yang kosong untuk melengkapi 16 tim yang lolos. Ketiga kuota tersebut datang dari posisi atas dunia pada ranking BWF. Sampai saat ini, ketiga tim untuk Piala Thomas yakni tim Taiwan, tim Korea Selatan, serta tim Thailand. Sementara untuk Piala Uber ada tim Indonesia, tim Taiwan, serta tim India.

Berikut Daftar Peserta Piala Thomas 2020 dan Uber 2020 :

Piala Thomas

Tuan Rumah: Denmark

Juara Bertahan: China

Asia: Indonesia, India, Jepang, Malaysia

Eropa: Prancis, Belanda, Rusia, Inggris

Afrika: Aljazair

Pan-Am: Kanada

Oseania: Australia

Ranking Dunia: Taiwan, Korea Selatan, Thailand.

Piala Uber

Tuan Rumah: Denmark

Juara Bertahan: Jepang

Asia: Korea Selatan, Malaysia, Thailand, China

Eropa: Prancis, Jerman, Skotlandia, Rusia

Afrika: Mesir

Pan-Am: Kanada

Oseania: Australia

Ranking Dunia: Indonesia, Taiwan, India

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Bulu Tangkis