Cole Mengingat Kemenangan Chelsea Meraih Liga Champions

Cole Mengingat Kemenangan Chelsea Meraih Liga Champions

Mantan bek kiri Chelsea, Ashley Cole telah mengenang kemenangan final Liga Champions timnya yang tak terlupakan saat melawan Bayern Munich delapan tahun yang lalu.

Chelsea memenangkan mahkota Liga Champions pertama mereka dengan mengalahkan Bavarians lewat penalti setelah bermain imbang di waktu normal dengan skor 1 – 1 di kandang Bayern, Allianz Arena.

Laga tanpa gol selama 83 menit sebelum Thomas Muller membawa Bayern unggul, setelah itu Cole mengakui dia pikir kesempatannya untuk mengangkat trofi sudah tidak mungkin.

“Selama pertandingan, saya selalu berpikir kami memiliki kesempatan,” imbuh Cole.

“Tapi ketika Muller mencetak gol, saya pikir ini sudah berakhir dan kesempatan terakhir saya untuk memenangkan Liga Champions telah hilang.”

Namun, Didier Drogba akan tampil luar biasa bagi timnya di menit ke-88 ketika sundulannya mengikat permainan.

“Tujuan Drogba benar-benar kabur seperti blur,” ucap Cole.

“Saya terkuras secara fisik dan mental. Tetapi setelah gol masuk, saya siap untuk pergi lagi dan tahu kami akan meraih kemenangan.”

Chelsea sekali lagi tampak seperti menyerah untuk meraih trofi itu ketika Drogba mengotori Franck Ribery di dalam kotak, memberi Bayern tendangan penalti. Cole mengatakan ia percaya bahwa Petr Cech dapat menyelamatkan tendangan penalti Arjen Robben, dan keyakinan itu dihargai ketika kiper itu menahan tendangan pemain bintang Belanda itu dari titik penalti.

Cole Mengingat Kemenangan Chelsea Menangkan Liga Champions

“Saya masih yakin bahwa kami akan menang. Big Pete mempelajari penalti pemain sebelumnya, jadi saya percaya padanya,” kata Cole.

Permainan akhirnya akan mencapai adu penalti, dengan Cole diberi peluang untuk menyamakan skor sebelum putaran kelima dan terakhir.

“Secara pribadi saya merasa baik. Tidak ada cara untuk berlatih karena Anda tidak dapat meniru situasi itu sehingga Anda hanya perlu memiliki kepercayaan diri saat mengambilnya,” kata Cole tentang tendangannya, yang berhasil dikonversi melewati Manuel Neuer.

The Blues akan memenangkan Liga Champions di babak berikutnya lewat penembak penalti selanjutnya, saat Cech menyelamatkan dari penalti Bastian Schweinsteiger sebelum Drogba memastikan mahkota Eropa untuk Chelsea.

Cole mengingat kembali beban berat yang dihadapi Drogba sebelum penalti, dan mengatakan ia senang melihat bola masuk untuk meraih Liga Champions pertama dan satu-satunya yang akan dimenangkannya dalam kariernya.

“Menempatkan seluruh karier saya pada satu orang bukanlah hal yang mudah, tetapi untuk berbagi sejarah dengan Chelsea, para penggemar dan keluarga saya adalah pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan.”