Lima Balapan Terbaik dan Terunik Selama Turnamen MotoGP Dihelat

MotoGP Belanda 2018

MotoGP – Turnamen balap motor MotoGP, selalu menjadi hal yang menarik untuk dikulik. Persaingan yang ketat akan terasa di lintasan hingga mendapatkan gelar juara di podium menjadi hal yang sangat sayang dilewatkan dalam tiap perlombaan balapan ini.

Dari semua balapan MotoGP yang sudah dilaksanakan, ada beberapa balapan yang paling menarik perhatian karena tampil dengan persaingan yang sengit. Nah, berikut lima balapan terbaik dan unik selama perhelatan MotoGP.

MotoGP Italia 2016

Balapan yang cukup sengit berlangsung di MotoGP Italia 2016. Terdapat tiga nama yang sejatinya bersaing ketat dalam memperoleh kemenangan di Sirkuit Mugello, Italia tersebut. Mereka adalah para pembalap dunia seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez.

Rossi harusnya menjadi pemimpin sejak awal turnamen. Akan tetapi, terjadi masalah di lap kedelapan. The Doctor mengalami insiden buruk karena motornya mengalami kerusakan. Keadaan ini digunakan dengan baik oleh Lorenzo yang selalu mendekati rivalnya tersebut di lintasan.

Sayangnya, upaya Lorenzo untuk mendapatkan kemenangan tidak benar-benar berjalan dengan baik. Di lap akhir, Marquez berupaya mendapatkan posisi Lorenzo. Persaingan semakin ketat tatkala Por Fuera sukses menang di balapan ini dengan waktu begitu tipis dari Marquez, yakni hanya 0,019 detik.

MotoGP Italia 2016

MotoGP Belanda 2016

Masih di tahun 2016, teradpat balapan yang juga tak kalah sengitnya. Hal tersebut berlangsung di Grand Prix Belanda 2016 yang lalu. Disertai dengan hujan deras, turnamen ini tetap berlangsung.  Dengan cuaca yang mendung, para pembalap tetap berupaya meraih kemenangan. Terlihat dari persaingan dari para pembalap dunia, yakni Jack Miller dan Marc Marquez.

Selama balapan terjadi, Rossi setidaknya berada di lintasa terdepan. Miller sukses mendekatinya dan hampir berhasil melampaui. Namun, Rossi lagi-lagi harus menyudahi balapan karena terjadi insiden. Miller akhirnya menjadi pemenang di seri ini.

MotoGP Qatar 2019

Balapan terbaik di MotoGP selanjutnya adalah pada seri pertama di MotoGP 2019 yang dilaksanakan di Sirkuit Losail, Qatar. Andrea Dovizioso bermain dengan begitu baik di balapan tersebut dan menjadi pemimpin sejak awal balapan.

Namun, kinerja Dovizioso di MotoGP ini terhambat karena Marquez. Persaingan ketat keduanya terjadi di lap akhir. Akan tetapi, Dovizioso bisa menjaga tempatnya menjadi pemenang di balapan ini sampai terkena garis finis. Waktu mereka hanya selisih tipis dengan Marquez, yakni 0,023 detik.

MotoGP Qatar 2019

MotoGP Australia 2015

Balapan terbaik di MotoGP selanjutnya terjadi di MotoGP Australia 2015 lalu. Balapan di Sirkuit Phillip Island tersebut juga tidak kalah menariknya disimak. Pertarungan sengit juga diwarnai peristiwa tabarakan dengan burung di tengah balapan.

Empat pembalap yang berjuang ketat di seri ini, adalah Marquez, Rossi, serta Andrea Iannone. Marquez menjadi pemimpin balapan sejak lap awal. Dengan keadaan tersebut, tiga pembalap lainnya mendekati dominasi Marquez.

Mereka berupaya melampaui Marquez untuk merebut kemenangan. Namun upaya Iannone tidak berlangsung dengan baik. Ia tabrakan dengan burung camar yang berada di lintasan. Hal tersebut menjadikan fairing motornya rusak. Walau begitu, Iannone tetap dapat bermain hingga berakhir di podium ketiga dengan kemenangan tetap milik Marquez dan dilanjutkan Lorenzo.

MotoGP Belanda 2018

Yang kelima adalah MotoGP Belanda 2018.  Pertarungan sengitu terjadi dan menjadi paling menarik di sepanjang sejarah MotoGP. Lorenzo yang awalnya berada di posisi ke-10 tiba-tiba dapat meraih kemenangan di lap pertama.

Sementara, ada Marquez, Rossi, Andrea Dovizioso, serta pembalap lainnya yang berjuang mendelkatinya. Hingga kemudian, Lorenzo tidak berhasil menjaga posisinya. Tempatnya kemudian diambil oleh Dovizioso. Persaingan yang ketat tidak berhenti hingga disitu. Di empat lap tersebut, Vinales kemudian menjadi pemimpin.

Persaingan kian ketat, Marquez yang sempat menjadi pemimpin pada akhirnya dapat dilewati Dovizioso dan Rossi  dengan cepat ketat. Namun, Marquez kemudian menjadi pemimpin di lap ke-22 dan meraih kemenangan.