Michael Schumacher Terpilih Jadi Orang Paling Berpengaruh di Formula 1

Michael Schumacher jadi orang paling berpengaruh di F1

Formula 1 – Pembalap dunia sekaligus terbaik di Formula 1, yakni Michael Schumacher terpilih menjadi sosok yang memberikan pengaruh besar dalam catatan sejarah F1 yang dipilih berdasarkan hasil voring para penggemar.

Dalam babak final, peraih tujuh gelar juara dunia tersebut berhasil melampaui Bernie Ecclestone. “Michael Schumacher menjadi pemenang dalam pemilihan ini, dia mencatatkan hasil 61% suara, dengan 39% untuk Bernie Ecclestone,” demikian pernyataan situs resmi F1, pada Rabu (13/5/2020) waktu setempat.

Voting tersebut diikuti banyak penggemar. Acara ini memang diselenggaraan dalam rangka merayakan pertama kalinya Grand Prix F1 dilaksanakan, yakni 70 tahun lalu di Silverstone, Inggris, pada tahun 1950 silam.

Pada sistem pemilihan tersebut, F1 membagi dalam empat kategori, yaitu pembalap, pemimpin tim, inovator, dan game changer. Mereka memilih 32 nama yang kemudian dipilih para penggemar. Nama-nama tersebut merupakan nama yang berpengaruh dan memberikan kontribusi pada perkembangan kompetisi balap jet darat itu selama 70 tahun belakangan ini.

Michael Schumacher dan istri

Schumacher kemudian menjadi pemenang dalam kategori pembalap di acara tersebut. Pada tahap awal, ia mengalahkan Niki Lauda, pembalap di masa 1970-1980-an dan meraih tiga kali juara F1. Mereka memiliki nilai 56% berbanding 44%.

Selanjutnya, pembalap dunia dari Jerman tersebut menang melawan Ayrton Senna, pembalap Formula 1 yang mencatatkan tiga kali juara di tahun 1990-an dengan nilai yang lebih tipis, yakni 52% berbanding 48%.

Kemudian, Schumacher beradu dengan Juan Manuel Fangio, pembalap dunia yang meraih juara dunia lima kali di tahun 1950-an. Schumacher kemudian ditetapkan sebagai pemenang dengan presentasi 72% berbanding 28%.

Memasuki babak semifinal, Schumacher yang saat ini berumur 51 tahun tersebut melawan Enzo Ferrari, pendiri tim F1 Ferrari dan pemilik pabrikan dari Italia tersebut. Schumacher kemudian menang dengan perbandingan 54% dan 46%.

Di babak final, pembalap yang sudah pensiun di tahun 2012 itu akhirnya menjadi pemenang setelah melawan Bernie Ecclestone yang juga merupakan supremo F1. Schumacher mendapatkan suara 61% berbanding 39% untuk Ecclestone. Hasil tersebut menjadikan nama Michael Schumacher resmi menjadi sosol yang paling berpengaruh di F1 dari pilihan penggemar.

Michael Schumacher dan valentino rossi

Legenda Formula 1 itu selama berkarier di kompetisi ini sudah mencatatkan beragam prestasi menarik. Schumacher sudah mencatatkan tujuh kali juara dunia di tahun 1994 sampai 2004. Lima gelar tersebut dia peroleh secara berturut-turut.

Sampai saat ini, Schumacher masih menjadi pemegang rekor terbanyak untuk juara dunia, walau hanya selisih satu poin dari Lewis Hamilton yang sudah mencatatkan 6 gelar juara. Schumacher sendiri pernah berada di beberapa tim terbaik F1 pada masa 1990-an hingga 2012 lalu, diantaranya tim Jordan, Benetton, Ferrari, dan yang terakhir Mercedes.

Dari semua tim tersebut, prestasi terbaiknya dia peroleh saat bergabung di Ferrari pada tahun 1997 sampai 2006 lalu. Schumacher mencatatkan juara dunia lima kali ketika bergabung di tim ini. Sedihnya, Schumacher mendapat kecelakaan ketika berolahraga ski di Pegunungan Alpen pada Desember 2013 dan kemudian koma dalam waktu yang lama. Sampai saat ini, legenda F1 tersebut masih belum pulih sepenuhnya.