Bintang Ajax Nouri Sudah Lewati Masa Koma

Bintang Ajax Nouri Sudah Lewati Masa Koma

Berita Bola – Keluarga Abdelhak Nouri telah mengkonfirmasi bahwa bintang Ajax sekarang dirawat di rumah setelah menderita kerusakan otak permanen, sambil memberikan kabar positif pada kemajuannya sejak bangun dari koma.

Gelandang Belanda itu naik melalui jajaran pemuda di Johan Cruyff ArenA sebelum lulus ke skuad senior pada tahun 2015.

Dia melanjutkan untuk mengambil sembilan penampilan tim utama yang kompetitif untuk Ajax, sebelum karirnya dipotong dengan kejam selama tur pra-musim oleh klub Pegunungan Alpen Austria pada bulan Juli 2017.

Sebelum menyimpulkan bahwa ia mengalami kerusakan parah pada otaknya, Nouri sempat mengalami serangan aritmia jantung di lapangan dan mengalami koma yang diinduksi secara medis ketika para dokter mencoba menstabilkannya di rumah sakit.

Pemain yang berusia 22 tahun itu terbangun setahun kemudian, tetapi tidak dapat bergerak atau berkomunikasi untuk dirinya sendiri.

Bintang Ajax Nouri Telah Lewati Masa Koma

Dalam edisi khusus acara TV Belanda De Wereld Draait Door, saudara laki-laki Abdelhak Abderrahim Nouri mengungkapkan bahwa mantan prospek Ajax sekarang sudah bisa duduk, menonton sepak bola bersama anggota keluarga lainnya dan menyampaikan emosi, yang telah didirikan di rumah baru yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhannya.

“Dia belum lama ini sudah dibawa ke rumah, kita merawatnya di sana sekarang,” imbuh Abderrahim.

“Saya harus mengatakan karena dia ada di rumah, keadaannya jauh lebih baik daripada sebelumnya di rumah sakit.”

” Dia tidak lagi koma. Dia baru saja bangun. Dia sadar di mana dia berada, dia kembali ke lingkungan yang akrab dengan keluarganya.”

“Dia tidur, dia bersin, dia makan, dia bersendawa, tetapi tidak seperti dia bangun dari tempat tidur. Dia sangat terbaring di tempat tidur dan masih sangat bergantung pada kita.”

“Hari-hari berjalan dengan baik, ada bentuk komunikasi, misalnya, konfirmasi dengan alisnya atau senyuman. Tetapi Anda perhatikan bahwa ia tidak bisa bertahan selama itu.”

“Kami berbicara dengannya seperti dia tidak sakit. Kami membawanya ke percakapan kami dan kami menonton sepak bola bersamanya di ruang tamu, “

“Lalu dia menonton. Kamu memperhatikan bahwa dia sangat menyukainya. Dia sering menunjukkan emosi. Terkadang dia emosional, tetapi sering juga ada senyum.”

“Itu merupakan kabar yang baik untuk kita. Itu membuatmu sangat menghargai senyumnya.”

“Kita harus merawatnya dengan sebaik mungkin. Kita berusaha melakukan banyak hal sendiri.” Ayahnya, Mohammed, menambahkan.

Bintang Ajax Nouri Telah Lewati Masa Koma Di Rumah sakit

Setelah diagnosis Nouri, Ajax dipaksa untuk mengakui bahwa perawatan lapangan mereka terhadap pemain tidak memadai dan dokter klub Don de Winter dibebaskan dari tugasnya.

Dilaporkan bahwa Winter menyimpang dari pedoman UEFA dan memulai upaya resusitasi yang terlambat, dengan kepala eksekutif Ajax Edwin van der Sar menjelaskan bahwa defibrillator seharusnya  digunakan segera mungkin.

“Harusnya telah digunakan lebih cepat jika ini terjadi, mungkin saja Abdelhak akan keluar dalam kondisi yang lebih baik,” imbuh Van de Sar.

“Ini belum pasti, tapi itu kemungkinannya.”

“Kami menyadari tanggung jawab dan kewajiban kami atas konsekuensi dari apa yang sudah terjadi.”