Panlilio Ingin Minimal 3 pemain Dinaturalisasi

FIBASamahang Basketbol ng Pilipinas (SBP) telah memulai proses naturalisasi di pusat Ateneo, Ange Kouame, tetapi Presiden Al Panlilio mengatakan mereka akan terus melanjutkan proses naturalisasi tersebut sampai beberapa pemain.

Kouame berasal dari Pantai Gading dan telah menjadi jangkar defensif Blue Eagles selama dua musim UAAP terakhir.

Januari lalu, Perwakilan Antipolo Robbie Puno serta juga wakil ketua SBP telah mengajukan RUU yang berusaha untuk memberikan kewarganegaraan Filipina kepada Kouame dengan harapan membuatnya tersedia bagi tim bola basket nasional putra. Kouame nantinya akan menyatakan niatnya untuk bermain bersama Gilas Pilipinas.

“Kami baru saja memasukkan nama Angelo Kouame ke dalam proses naturalisasi pemain,” kata Panlilio kepada para wartawan, ketika ditanya tentang kemungkinan mendapatkan pemain naturalisasi untuk Gilas.

“Idealnya bagi saya, jika kita dapat memiliki tiga nama, maka Anda juga memiliki opsi tergantung pada siapa Anda bermain,” sambung dia. “Semoga saja cedera tidak memengaruhi niat kami, namun kalian nantinya akan mendapatkan pemain cadangan. Maka hal tersebut merupakan sebuah pekerjaan yang sekarnag ini tengah kami kerjakan.”

Panlilio Ingin Minimal 3 pemain Dinaturalisasi

Sampai saat ini, Koume dan importir Ginjal Barangay yang terkenal, Justin Brownlee sedang dicermati untuk melakukan naturalisasi. Ada calon pemain lainnya yang nantinya juga akan dilakukan proses naturalisasi, termasuk Chris McCullough, yang membantu San Miguel Beer memenangkan gelar Piala Komisaris 2019.

Panlilio menegaskan bahwa mereka telah menjangkau McCullough, yang sebelumnya menyatakan keinginannya untuk menjadi pemain naturalisasi juga.

“Dia sudah memiliki komitmen untuk menjadi bagian dari itu. Saya menganggap kalau pada akhirnya komitmen dan kesepakatan tentang istilah komersial menjadi berbeda. Kami pada tahap awal berbicara dengan dirinya,” ucap Panlilio.

Menurut dirinya, mendapatkan seorang pemain yang dinaturalisasi juga sangat tergantung pada siapa yang akan menjadi pelatihnya.

Panlilio Ingin Minimal 3 pemain Dinaturalisasi

“Mungkin nanti, pemain yang berbeda dan dia suka, benar kan?” kata dia.

“Jadi, kami ingin memastikan bahwa kami tidak mendapatkan seseorang yang mungkin tidak cocok dengan program yang tengah kami langsungkan ini.”

“Ini merupakan sebuah waktu yang tidak mudah untuk kami mengambil sebuah keputusan,” jawabnya.

“Jadi tugas pertama saya sebenarnya adalah benar-benar sebaik mungkin untuk memulai pencarian pelatih untuk bisa melati dengan waktu penuh bersama dengan tim nasional. Hal tersebut akan dimulai dari sana terlebih dahulu.”