Connect with us

Berita Bola

Unai Emery diambang pemecatan?

Unai Emery dipecat

Tadi malam mungkin menjadi malam yang kelam bagi Unai Emery. Tim yang ditanganinya kembali harus menelan kekalahan dan kali ini terjadi di kandang sendiri.

Arsenal baru saja mencatat rekor terburuk dalam sejarah klub selama ditangani oleh Unai Emery. Emirates stadium pun terlihat sepi penonton, fans Arsenal sepertinya sudah pasrah dengan hasil akhirnya. The Gunners harus menerima hasil memalukan dengan kalah 1-2 di kandang menghadapi tim tamu Eintracht Frankfurt.

Gol Daichi Kamada

Gol Daichi Kamada

Arsenal sebenarnya hanya membutuhkan hasil seri untuk memastikan lolos fase knockout, namun dua buah gol Daichi Kamada, sukses mengantarkan Eintracht Frankfurt memboyong tiga angka.

Gol satu-satunya Arsenal dicetak oleh Pierre-Emerick Aubameyang, hasil crossing dari Gabriel Martinelli. Pada menit ke 55, Kamada yang menerima umpan dari Emiliano Martinez sukses menyamakan skor menjadi 1-1. Sembilan menit kemudian, Kamada kembali mencetak gol dengan tendangan datar dan skor berubah menjadi 2-1 untuk Eintracht Frankfurt.

Cemohan terdengar dari tribun penonton tidak lama setelah Kamada mencetak gol, sejumlah penonton pun terdengar meneriakkan “Emery Out” sebagai bentuk kekecewaan atas buruknya penampilan Arsenal.

protes fans arsenal

protes fans arsenal

Beberapa staff internal Arsenal pun sudah mulai bersiap diri, jika saja petinggi klub memutuskan untuk memecat Emery dalam waktu dekat ini.

Setelah melewati jendela transfer musim panas lalu, harapan atas meningkatnya prestasi Arsenal tentu sangat tinggi. Arsenal telah memboyong Nicolas Pepe, Dani Ceballos, Kieran Tierney dan David Luiz. Kehadiran pemain bintang ini ternyata jauh dari ekspektasi fans Arsenal. Boleh dibilang prestasi klub asal kota London ini malah lebih buruk lagi.

Terlepas dari hasil yang mengecewakan, Unai Emery memuji penampilan Granit Xhaka dan berterima kasih kepada fans yang telah memberikan dukungan kepadanya.

Xhaka tampil untuk pertama kalinya setelah sempat berseteru dengan fans the gunnernya bulan lalu. Insiden ini mengakibatkan ban kapten pun lepas dari tangannya.

Granit Xhaka menolak diganti

Granit Xhaka menolak diganti

Dalam laga tersebut, banyak pihak yang memperkirakan, Xhaka akan digantikan pada akhir babak pertama setelah sempat terjatuh dan mendarat dengan lutut. Pemain timnas Swiss ini tetap bersikeras tidak diganti dan ia tetap menjalankan pertandingan hingga berakhirnya babak kedua.

Xhaka dilaporkan sempat membuat suasana lebih buruk sesaat berakhirnya pertandingan sepak bola. Fans Arsenal marah dengan ulah Xhaka yang terlihat tertawa dan bercanda dengan pemain Eintracht Frankfurt; Gelson Fernandes dan David Abraham. Keduanya merupakan bekas rekan setim Xhaka di timnas Swiss dan klub Basel. Xhaka tidak terlihat menanggung beban dan kecewa dengan kekalahan Arsenal. Media sosial sempat diramaikan dengan perdebatan dan sejumlah orang meminta Xhaka di lepas bulan Januari mendatang.

Hasil ini sekaligus menjadi catatan penting karena Arsenal belum menang sekali pun dalam tujuh kali pertandingan terakhirnya di semua kompetisi.

Nuno Espirito Santo kandidat pengganti Emery

Nuno Espirito Santo kandidat pengganti Emery

Rumor Emery akan diganti pun semakin kencang. Nuno Espirito Santo, pelatih Wolves; merupakan kandidat kuat untuk mengisi kekosongan posisi pelatih jika saja Unai Emery benar-benar dilengserkan.

Akhir minggu ini, Arsenal akan bertandang ke kandang Norwich, bagaimana hasil pertandingan ini tampaknya akan dijadikan bahan evaluasi untuk posisi Unai Emery.

Martin Keown, bekas pemain Arsenal yang kini menjadi pengamat sepak bola, menyarankan Emery untuk mempertimbangkan opsi mengundurkan diri dari posisi pelatih.

Menurutnya, kondisi the gunners saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, tim kehilangan motivasi, performanya pun menurun, suasana ruang ganti sudah tidak menyenangkan.

Lacazette tidak diturunkan

Lacazette tidak diturunkan

Keown juga menyoroti keputusan Unai Emery yang membangku-cadangkan Nicholas Pepe dan Alexandre Lacazette.

Menjawab kritikan ini, Unai Emery menjelaskan, ada beberapa pemain yang cedera sehingga ia urung menurunkan kedua pemain tersebut.

“Kami harus mengganti David Luiz dan Mustafi, keduanya cedera sehingga harus dilakukan penggantian strategi.”

“Kami memang kalah, namun perhatikan sepuluh menit pertama di babak kedua, penampilan pemain Arsenal cukup baik, setelah itu memang kami kehilangan penguasaan bola dan kondisi ini tidak berubah hingga berakhirnya pertandingan.”

Beberapa tahun yang lalu, bekas pelatih Arsenal, Terry Neil pernah mengalami kondisi yang hampir sama dengan Emery, pemain hilang kepercayaan kepada pelatih. Tentu saja hal ini sangat menyedihkan untuk klub sebesar Arsenal.

Meski demikian, Keown percaya, Emery akan diberikan waktu lebih lama lagi karena petinggi Arsenal tidak ingin terlihat buru-buru dalam mengambil keputusan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola