Connect with us

Berita Bola

Gebrakan Salford City

Salford City

Musim panas 2014 adalah momen penting bagi sebuah klub kecil bernama Salford City FC yang masih berada pada liga Northern Premier League Division One North West. Liga ini merupakan kasta ke-8 dalam sistem persepakbolaan Inggris dimana Liga Premier merupakan kasta teratas.

Kala itu, media Inggris ramai memberitakan jika Salford City akan diambil alih kepemilikan saham sepenuhnya oleh para alumni angkatan 92 Manchester United yaitu Ryan Giggs, Gary Neville, Phil Neville, Paul Scholes dan Nicky Butt.

Beberapa bulan berselang, di bulan September 2014, Peter Lim, konglomerat asal Singapura yang juga memiliki klub La Liga, Valencia, ikut bergabung sebagai pemegang saham mayoritas. Butuh waktu beberapa tahun, sebelum akhirnya David Beckham yang juga alumni angkatan 92 MU, ikut bergabung sebagai pemegang saham pada Januari 2019.

Sejak itu, komposisi pemegang saham Salford City FC pun berubah menjadi:
Peter Lim 40%
Phil Neville 10%
Gary Neville 10%
Nicky Butt 10%
Paul Scholes 10%
Ryan Giggs 10%
David Beckham 10%

Berpindahnya pemegang saham ke tangan para alumni Manchester United, sempat membuat banyak kalangan meragukan, sanggupkah nama besar mereka, mengangkat Salford City ke kasta yang lebih tinggi.

Ketika pemilik baru mengambil alih klub ini, Gary Neville langsung membuat perencanaan bagi Salford untuk naik ke EFL (English Football League). Realistiknya, Salford memerlukan enam sampai delapan tahun untuk mendapatkan promosi ke Football League.

Tanpa menunggu waktu terlalu lama, para pemegang saham baru, mengucurkan dana setidaknya 400 ribu Poundsterling yang akan digunakan untuk merenovasi stadion kecil Salford, Peninsula Stadium.

Perkembangan positif lainnya yaitu, Salford City akan dilatih langsung oleh para alumni 92 Manchester United yaitu Nicky Butt, Ryan Giggs, Phil Neville, Paul Scholes, dan Gary Neville (Beckham ketika itu belum bergabung). Dengan masuknya Beckham sebagai pemegang saham yang mempunyai lebih dari 50 juta follower di instagram, efeknya memang sangat mendongkrak popularitas Salford.

David Backham dan Gary Neville menyaksikan pertandingan

David Backham dan Gary Neville menyaksikan pertandingan

Kondisi keuangan klub yang masih belum juga membaik pada tahun 2014 lalu, membuat pemegang saham memberikan pinjaman tanpa bunga sebesar 2,4 juta Poundsterling. Salford cukup beruntung dalam hal ini karena tidak semua klub kasta bawah bisa mendapatkan kesempatan seperti ini.

Dari sisi komersial, hadirnya pemegang saham baru membuat pihak sponsor lebih mudah digaet. Dengan kapasitas stadion lebih dari 5.100 penonton pada musim 2018/19, tingkat kehadiran penonton bola mencapai rata-rata 4.000 penonton per pertandingan. Statistik ini cukup baik untuk klub seperti Salford. Tiket termahal, per lembarnya dijual 170 Poundsterling pada musim ini. Sejauh ini, Salford City FC mempunyai empat sponsor utama; diantaranya Peninsula mensponsorin stadion, Umbro mensponsori perlengkapan olah raga Salford City, jersey Salford disokong oleh Soccer Saturday Super 6 dan Kitbag mensponsori semua kebutuhan fans bola Salford.

Pemain Salford City merayakan gol

Pemain Salford City merayakan gol

Tentu butuh perjuangan panjang untuk naik ke level yang lebih tinggi. Akhir musim panas lalu, Salford memberikan pembuktian dengan lolos ke EFL League Two setelah sukses mengalahkan AFC Fylde 3-0. Pencapaian ini tiga tahun lebih cepat dari target semula. Para pemegang saham menargetkan, Salford butuh waktu setidaknya delapan tahun untuk posisi saat ini. Neville yang ikut menonton pertandingan tersebut pun tidak bisa menyembunyikan kekagumannya kepada Salford.

“Tidak mudah untuk memahami apa yang telah kami lakukan. Anda harus mengambil keputusan sulit selama lima tahun terakhir. Saya pikir banyak pemain yang sudah tidak bersama klub dalam beberapa tahun belakangan, manager pun sudah baru.”

“Dipromosikan sebanyak empat kali ke level yang lebih tinggi dalam lima tahun adalah pencapaian yang luar biasa. Tidak banyak tim yang mampu melakukannya. Awalnya kami memperkirakan, butuh setidaknya delapan tahun namun kami mendapatkan momentum untuk melakukannya, tentu saja kami sangat bangga.”

Musim lalu mungkin menjadi musim yang paling berat bagi Salford City yang akhirnya finish pada posisi ketiga klasemen. Perlu diketahui, para pengamat sepakbola banyak yang menjagokan Salford untuk menjuarai klasemen National League.

Lima tahun lalu, ketika Salford berganti kepemilikan, klub ini hanya mempunyai fans sebanyak 180 orang, kini jumlah fans sudah mencapai ribuan orang, itu tentu hal positif bagi Salford City.

Liam Hogan

Liam Hogan

Kapten Liam Hogan menaiki 107 anak tangga di stadion Wembley untuk mengangkat trofi dan Liam merupakan pemain bola yang lahir dan besar di Salford, sebuah kenangan manis bagi para fans setia Salford dari awal.

Berikut adalah daftar pencapaian Salford dalam lima tahun terakhir:

Daftar prestasi Salford City

Daftar prestasi Salford City

Ryan Giggs yang ikut menyaksikan pertandingan Salford melawan AFC Fylde memberikan ucapan selamat kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan terhadap perkembangan Salford City.

Giggs mengungkapkan, para pemegang saham Salford mempunyai ambisi untuk membawa Salford ke EFL Championship pada tahun 2029. EFL Championship merupakan kasta tertinggi kedua dalam sepak bola Inggris.

Ambisius? Bisa jadi, tapi tanpa ambisi, mungkin Salford belum berada pada posisinya saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola