Connect with us

Berita Bola

Drama VAR Manchester United vs Liverpool

Manchester United vs Liverpool

Sempat tertinggal 0-1 menyusul drama VAR dua kali, Liverpool akhirnya bisa menyamakan kedudukan 1-1 melalui Adam Lallana menjelang berakhirnya babak kedua.

Gol pertama tercipta dari sontekan ringan Rashford ke gawang Liverpool hasil umpan dari Daniel James. Liverpool memprotes ke wasit karena sebelum bola diumpan ke Daniel James, pemain Liverpool Origi dijatuhkan oleh Victor Lindelof. Pelatih Jurgen Klopp bahkan ikut melayangkan protes. Pihak wasit dan hakim garis menyatakan, memang ada pelanggaran, namun pelanggaran itu jauh dari wilayah pertahanan Liverpool sehingga diabaikan.

Pemain Manchester United memprotes-wasit

Pemain Manchester United memprotes-wasit

Drama VAR kedua berlanjut ketika Sadio Mane tampaknya sukses mencetak gol untuk menyamakan kedudukan pada akhir babak pertama. De Gea memprotes wasit untuk meninjau VAR kembali. Terlihat bola sempat mengenai tangan kiri sebelum ditendang Mane ke gawang MU yang sukes membobol gawang De Gea, gol ini pun dianulir dan babak pertama skor tetap 1-0 untuk MU.

Hasil ini mengangkat posisi MU ke peringkat 13 klasemen, terpaut 15 poin dari pemimpin klasemen yang masih dipegang oleh Liverpool. Hasil ini membuat Liverpool hanya terpaut enam angka dari Manchester City yang berhasil mengalahkan Crystal Palace 2-0 pada pertandingan sehari sebelumnya.

Berikut adalah rating pemain kedua klub:

Manchester United:
De Gea (7)
Wan-Bissaka (6)
Young (6)
Rojo (6)
Lindelof (6)
Maguire (7)
Fred (6)
Pereira (7)
McTominay (7)
James (8)
Rashford (8)

Pemain pengganti:
Martial (5)
Williams (5)

Liverpool:
Alisson (6)
Alexander-Arnold (5)
Robertson (6)
Matip (5)
Van Dijk (6)
Fabinho (5)
Wijnaldum (6)
Henderson (5)
Mane (6)
Firmino (6)
Origi (5)

Pemain pengganti:
Oxlade-Chamberlain (5)
Lallana (7)
Keita (6)

Man of the match: Marcus Rashford

Liverpool tampil di bawah performa biasanya

Marcus Rojo diturunkan pada pertandingan ini untuk menggantikan pemain muda Axel Tuanzebe. Manchester United tampil lebih bersemangat dibandingkan biasanya, MU sepertinya tidak mau berdiam diri meski lawannya adalah Liverpool.

Di babak awal, MU hanya menciptakan sedikit peluang di wilayah pertahanan lawan, mungkin masih dipengaruhi krisis kepercayaan diri beberapa pemain dengan situasi terkini klub. Liverpool hampir saja menciptakan gol dimana Mane yang diturunkan bersama Roberto Formino beberapa kali memborbardir pertahanan MU sebelum diselamatkan oleh De Gea.

Rashford sukses membobol gawang Liverpool

Rashford sukses membobol gawang Liverpool

Mengenai VAR pertama dimana Origi dijatuhkan oleh Lindelof, Graeme Souness yang menjadi komentator di studio setuju dengan adanya pelanggaran karena terlihat terjadi kontak fisik. Petugas VAR David Coote berpendapat, tekel yang dilakukan Lindelof cukup fair sehingga keputusan ini tidak menganulir gol dari Rashford.

Menjelang akhir babak pertama, Mane berhasil meloloskan bola ke gawang De Gea, setelah berhasil lolos dari pengawalan Lindelof. VAR pun dijalankan kembali, hasil evaluasi menunjukkan, bola lebih dulu menyentuh lengan kiri Mane sebelum ditendang ke gawang De Gea. Skor tetap 1-0 untuk MU.

Klopp memprotes keputusan wasit

Klopp memprotes keputusan wasit

Memasuki babak kedua, Klopp mengganti Origi dengan Alex Oxlade-Chamberlain untuk menyesuaikan taktik permainan MU. Klopp beberapa kali terlihat kesal dengan keputusan wasit yang dianggap merugikan Liverpool. Terlepas dari hasil akhir, Liverpool masih konsisten mempertahankan rekor tidak terkalahkannya.

Menjelang akhir babak kedua, Andrew Robertson dari sayap kiri memberikan umpan silang ke lini pertahanan MU, Adam Lallana langsung menyambar bola, GOL!!! Skor 1-1 ini bertahan sampai akhir babak kedua.

Jika melihat kembali sejarah pertandingan kedua tim, MU tampil mendominasi dan Liverpool tampil dibawah performa biasanya.

Pendapat manager kedua tim

Ole Gunnar Solskjaer memuji penampilan tim MU, “kami mempunyai tim yang hebat, saling mendukung dengan attitude yang baik”.

“Mungkin ini bisa menjadi titik balik bagi tim MU, di ruang ganti suasana kurang kondusif, para pemain kecewa karena gagal menunjukkan penampilan terbaik.”

“Mereka berpikir, seharusnya mereka menang, itu indikasi yang baik bagi manager jika para pemain tidak putus asa. Fans MU juga membawa peranan penting, beberapa memang mencemooh penampilan kami, namun sebagian besar menunjukkan dukungan yang luar biasa. Kami akan menunjukkan kepada para fans, kami akan melangkah ke tahapan yang lebih tinggi.”

Manager Liverpool, Jurgen Klopp berpendapat: “Tim tuan rumah tampil lebih baik dari kami , mereka bertahan dengan baik, di akhir babak pertama, mereka menciptakan gol dengan kontroversi VAR. Atkinson (wasit) memutuskan untuk melanjutkan pertandingan karena begitulah protokol VAR. Pelanggaran memang ada tetapi kami tidak bisa mengubahnya. Alasannya masih ada selisih jarak 50-60 meter sebelum gol tercipta. Tentu saja ini sangat mengecewakan.”

“Tidak lama kemudian, kami mencetak gol, tetapi gol dianulir. Keputusan wasit tampaknya tidak memihak kami kali ini, memang mengecewakan namun harus diterima. Kami tidak kehilangan poin karena kalah dan kami pantas mendapatkannya.”

Pendapat para pengamat sepak bola:

Komentator bola

Komentator bola

Jose Mourinho: “Klopp tidak pernah berhasil mengalahkan MU di Old Trafford, saya merasa Klopp tidak akan senang karena stigma ini belum hilang. Ibaratnya seperti orang yang menyukai daging sapi tetapi diberikan ikan. Ole dengan timnya mungkin sedikit kecewa karena sudah sempat unggul. Kali ini saya bersama United karena mereka punya potensi untuk lebih dari ini.”

Roy Keane: “Berbicara mengenai Liverpool, kita akan membahas peluang mendapatkan juara liga. Namun jika membahas kegagalan mengumpulkan poin karena tampil buruk, itulah Liverpool tadi malam.”

Graeme Souness: “Saya rasa Liverpool pantas berbagi poin dengan MU. Manchester United berusaha lebih keras dibandingkan biasanya. MU akan mendapat banyak pelajaran dari pertandingan ini.”

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola