Connect with us

Berita Bola

Wabah Virus Corona Kembali Pengaruhi Jadwal Sepakbola Dunia

Liga Champions Asia

Sepakbola – Virus Corona terus merambah ke banyak negara di dunia, hingga kini Indonesia masuk dalam daftar negara terinfeksi Corona. Virus ini juga memberi dampak besar bagi dunia olahraga, tak terkecuali perubahan pada jadwal sepakbola dunia, virus ini membuat suasana kacau.

Virus Corona sudah menyebabkan angka kematian sampai 2.000 jiwa di China. Hingga kini banyak negara di Eropa dan Amerika yang terkena dampaknya. Indonesia sendiri sudah resmi masuk daftar negara terinfeksi Corona. Ada dua warga Depok yang terkena virus tersebut.

Awal berkembangnya virus ini terjadi di Wuhan akhir tahun lalu dan pada awal tahun 2020 ini sudah membuat banyak pelaksanakan cabang olahraga kacau balau, termasuk sepakbola. Semua laga di kompetisi China tidak jadi dilaksanakan. Chinese Football Association sudah memutuskan hal tersebut untuk menjaga keamanan para atletnya.

Dalam laga Liga Champions Asia yang diikuti oleh Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua, hingga Shanghai SIPG juga tidak jadi dilaksanakan hingga menunggu sampai April 2020 nanti. Jika keadaan belum begitu baik, sepertinya kompetisi ini tidak akan dilaksanakan.

Laga sepakbola di Korea, Jepang, hingga China sempat dihelat dengan pengawasan ketat namun kini diputuskan tidak akan dilanjutkan. Awal musim K-League Korea tidak dilanjutkan. Keempat tim dari negara tersebut pada kompetisi Liga Champions AFC akhinya tampil dalam laga yang tertutup.

K-League Korea

Di penghujung minggu yang lalu, tepatnya pada minggu ke-26 Liga Italia 2020, ada setidaknya lima laga yang akhirnya tidak dilaksanakan, di antaranya adalah Juventus vs Inter Milan. Laga lainnya yakni Udinese Vs Fiorentina, AC Milan Vs Genoa, hingga Parma Vs SPAL serta Sassuolo Vs Brescia masih dirundingkan kapan dilaksanakan.

Hal tersebut berhubungan dengan jumlah kasus virus corona di Italia mengalami peningkatan, hingga kini sudah ada 655 kasus, di antaranya 17 orang meninggal. Pada laga ujicoba Inggris kontra Italia di Wembley pada Maret ini, sepertinya akan ditunda sehubungan dengan kebijakan dari FA.

Pembicaraan terkait Piala Eropa 2020 juga masih dalam pertimbangan. Ajang ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juni hingga 12 Juli yang akan datang, pihak UEFA masih akan melaksanakan rapat guna mengambil keputusan yang tepat apakah akan membatalkan atau menunda ajang sepakbola terbesar di Eropa itu.

“Kami sudah melakukan pembicaraan. Kami akan memperhatikan perkembangan tiap negara, dan sepakbola harus melakukan perintah yang sudah diterapkan pihak negaranya sendiri,” ucap Michele Uva, anggota komite eksekutif UEFA Italia.

Laga Serie A ditunda lagi, Sampdoria Kesulitan

Salah satu yang paling disorot adalah penyebaran virus Corona yang terjadi di Italia pada minggu belakangan ini. Hal ini juga yang mempengaruhi jadwal Serie A 2020. Kali ini yang terkena getahnya adalah laga Sampdoria vs Verona. Laga tersebut awalnya akan dilaksanakan tanpa adanya penonton, namun kini sudah ditunda.

Berkembangnya virus Corona di Italia sudah ada 1.200 orang yang dicurigai terkena dampak virus ini. Hal tersebut menjadikan pihak pemerintah harus cepat bertindak demi menekan penyebaran virus ini.

jadwal Serie A 2020

Sampdoria vs Verona sendiri sejatinya akan dilaksanakan Selasa, (3/3). Namun, kini pihak penyelenggara sudah menentukan keputusannya, yaitu menunda pelaksanaan laga ini sampai tanggal 13 Mei mendatang.

Akan tetapi, tanggal tersebut menjadi batas maksimal. Jika memungkinkan, pihak panitia Serie A dan pemerintah dapat melaksanakan laga lebih cepat dari yang ditentukan. Sementara laga Juventus vs AC Milan pada putaran kedua pada babak semifinal Coppa Italia juga mengalami perubahan. Laga ini akan dilaksanakan di Alianz Stadium, pada Kamis (5/3) tapi dengan penonton yang terbatas.

Penonton yang menetap di wilayah Lombardy, Veneto dan Emilia-Romagna tidak diizinkan untuk menonton langsung di stadion. Sementara mereka yang berada di luar wilayah dapat menyaksikan laga semifinal Coppa Italia secara langsung.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola