Connect with us

Berita Bola

Virus Corona Ancam Duel Liga Italia dan Spanyol

Valencia vs Atalanta

Liga Champions – Pihak pemerintah Spanyol akhirnya melakukan tindakan akibat penyebaran virus Corona yang sudah merambah benua Eropa belakangan ini. Duel laga Valencia vs Atalanta kemungkinan akan dilaksanakan namun secara tertutup.

Virus corona sendiri merupakan virus yang berkembang di Wuhan, China dan kini sudah menjangkiti lebih dari 60 negara dengan lebih dari 3.000 jiwa korban terinfeksi. Hingga kini, virus ini menjadi perhatian dunia.

Walau belum mencapai tingkat parah di Spanyol, namun pihak pemerintah lewat Departemen Kesehatan sudah bertindak melakukan pencegahan dengan membatasi pengunjung. Sampai saat ini, belum terjadi penundaan laga seperti yang terjadi di Serie A dan kompetisi sepakbola dunia lainnya.

Pemerintah Spanyol masih mengizinkan semua laga yang akan dimainkan klub sepakbola Spanyol dan melawan klub sepakbola Italia dilaksanakan. Namun, harus dilaksanakan tanpa adanya suporter. Pada bulan ini, dua klub Spanyol akan melakukan laga dengan klub Italia.

Getafe vs Inter Milan

Laga antara Valencia vs Atalanta sebagai putaran kedua babak 16 besar Liga Champions 2020 menjadi perhatian. Alasannya adalah jurnalis daru Spanyol baru saja diberitakan positif terkena Corona setelah pulang meliput laga sebelumnya di San Siro, Milan.

Di sisi lain, kota Milan merupakan salah satu wilayah yang paling terdampak virus ini di Italia. Beberapa laga yang sejatinya akan dilaksanakan di kota tersebut, semuanya dibatalkan atau ditunda dilaksanakan, termasuk laga putaran kedua Liga Europa yang memainkan laga Inter Milan melawan Ludogorets.

Kini, Inter diberitakan akan melaksanakan laga tertutup ketika berhadapan dengan Getafe pada putaran pertama Liga Europa pada tanggal 19 Maret mendatang. Tidak hanya itu, klub basket Valencia yang akan melawan tim Olimpia Milano juga akan dilaksanakan secara tertutup.

“Duel klub basket Valencia vs Olimpia Milano yang harusnya dilaksanakan 5 Maret ini, laga Valencia vs Atalanta pada tanggal 10 Maret, hingga Getafe vs Inter Milan pada tanggal 19 Maret, juga Girona vs Venezia dalam pertandingan basket wanita, kemungkinan akan dilaksanakan secara tertutup, ” papar Menteri Kesehatan Spanyol, Salvador Illa.

Napoli vs Inter Milan

Lebih lanjut, Salvador mengungkapkan jika empat laga tersebut merupakan laga yang akan dilaksanakan namun tidak akan ada suporter yang menyaksikan. “Keputusan ini sudah mencapai kesepakatan dengan pihak otoritas kesehatan dari beberapa negara.” Ucapnya lagi.

Beberapa laga di liga Italia sendiri sudah lama mengalami perubahan jadwal dan beberapa dilaksanakan secara tertutup untuk mencegah wabah virus corona. Jadwal Serie A 2020 juga mendapat banyak perubahan karena virus tersebut.

Menteri Olahraga Italia yakni Vincenzo Spadafora sudah melakukan rapat dengan para pihak terkait dan wakil tiap klub. Kesepakatan yang mereka putuskan tetap dilaksanakan sesuai tanggal yang ditentukan tanpa penonton atau dibatalkan saja.

Juventus vs Milan

“Kompetisi sepertinya harus berlangsung sesuai dengan waktu yang ditentukan. Hal ini dilakukan agar laga lainnya tidak terganggu dan tidak banyak jadwal bola yang tertunda. Namun, semuanya akan dilaksanakan tidak terbuka untuk umum. Kami melakukan ini untuk terus melaksanakan laga tanpa merusak perlindungan pada masyarakat,” ucap Spadafora.

Sampai saat ini sudah terhitung ada 10 laga pada jadwal Serie A 2020 yang ditunda pelaksanaannya dengan dua laga babak semifinal Coppa Italia 2020 yakni pada laga Juventus vs Milan dan Napoli vs Inter Milan. Laga Napoli dan Inter awalnya dilaksanakan pada Kamis (5/3) waktu setempat di San Paolo.

“Selama rapat dengan Komite Provinsi demi mencapai kesepakatan ketertiban umum dan keamanan, para suporter akan diperketat dan tidak akan diperbolehkan menyaksikan laga apalagi dengan kondisi yang seperti saat ini,” ucap kepala pemerintah Campania, Marco Valentini.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola