Connect with us

Berita Bola

Tiga Penawaran Baru Tuan Rumah Piala Dunia Wanita 2023 Diterima FIFA

Tiga Penawaran Baru Tuan Rumah Piala Dunia Wanita 2023 Diterima FIFA

Tiga penawaran untuk menjadi tuan rumah di Piala Dunia Wanita tahun 2023 sudah dikonfirmasi oleh FIFA, proses ini disebut sudah menuju ke tahap akhir.

Seperti penawaran yang diajukan oleh Australia dan Selandia baru, proposal yang berasal dari Jepang dan Kolombia juga telah memenuhi persyaratan.

Pada 25 Juni nanti dewan FIFA akan melangsungkan pertemuan online guna memberikan suara dari penawaran tersebut, untuk pertama kalinya pada pertemuan tersebut akan melibatkan 32 negara.

Ketika terbitnya laporan dari hasil evaluasi penawaran dari masing-masing kubu, FIFA melakukan pembaruan.

“Setelah dilakukan penilaian dengan terperinci dari proposal penawaran masing-masing dan kunjungan ke negara-negara yang telah mengajukan penawaran, tiga tawaran akan diajukan ke Dewan FIFA untuk memilih tuan rumah Piala Dunia Wanita 2023 FIFA,” pernyataan dari badan pemerintahan pada hari Rabu.”

Secara komersial, penawaran dari Australia-Selandia Baru dianggap FIFA sebagai penawaran yang paling menguntungkan dan skornya yang paling tinggi yaitu 4,1 poin dari lima poin maksimum.

Negara Jepang mendapat 3,9 poin dan Kolombia 2,8 poin, tetapi keduanya negara tersebut berada di bawah batas persyaratan dan diteruskan dalam pemungutan suara.

Tiga Penawaran Baru Tuan Rumah Piala Dunia Wanita 2023 Dikonfirmasi FIFA

Piala Dunia Wanita terakhir dimenangkan oleh Amerika Serikat, yang mana acara tersebut diselenggarakan oleh Perancis pada tahun 2019.

“Setelah rekor Piala Dunia Wanita FIFA edisi ke-8 di Prancis satu tahun yang lalu, Dewan FIFA akan memutuskan negara yang akan menjadi tuan rumah untuk edisi kesembilan pada tahun 2023, kami berharap acara nanti akan berlangsung lebih baik dan lebih besar. ” kata Sekretaris Jenderal FIFA Fatma Samoura.

“Kesaksian momentum yang luar biasa dari sepakbola wanita adalah kualitas dari penawaran. ”

“Membawa sepakbola wanita ke level yang lebih baik di Piala Dunia Wanita FIFA 2023 adalah hal yang kami nantikan.”

Pada hari Senin, Brazil menarik proposal mereka dan bergabung dengan negara-negara Amerika Selatan lainnya untuk mendukung Kolombia.

Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) mengatakan kalau keadaan ekonomi saat ini tengah dipengaruhi oleh virus corona, dan itu menjadi salah satu alasan mereka menarik kembali proposal .

Mereka juga menyebutkan bahwa keadaan tersebut tidak akan mengganggu aktivitas sebagai tuan rumah acara besar dalam beberapa tahun terakhir, diantaranya Piala Dunia 2014, Olimpiade 2016 dan Copa America 2019.

Amerika Selatan adalah negara yang belum pernah menyelenggarakan Piala Dunia Wanita, sementara Asia sudah dua kali yaitu di Cina pada tahun 1991 dan 2007.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola