Connect with us

Berita Bola

Resmi! Premier League 2020 Ditunda Sampai 30 April Mendatang

Premier League 2020

Berita sepakbola – Federasi Sepakbola Inggris akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan kompetisi Liga Inggris 2020. Kompetisi sepakbola Inggris ini akan ditunda sampai tanggal 30 April 2020 yang akan datang demi mencegah penyebaran virus corona yang kini semakin besar di Eropa.

Premier League 2020 sendiri sudah dihentikan pada Maret lalu dan rencananya akan kembali dilanjutkan pada tanggal 4 April yang akan datang karena pandemi virus corona tersebut. Akan tetapi, melihat perkembangan akhir-akhir ini, FA justru mengumumkan jika pihaknya akan menunda semua laga sepakbola profesional di negara tersebut sampai akhir April nanti.

“FA, Premier League, EFL, hingga bola Liga wanita, dengan PFA dan LMA, akan kami tunda. Kami paham jika kondisi ini tidak begitu baik dan tidak menentu. Namun, saat ini kami mendukung untuk pemberantasan dampak COVID-19 tersebut,” tulis dalam pernyataan resmi FA.

Premier League 2020 batal karena virus corona

“Semua pihak yang terkait mempunyai komitmen dalam melanjutkan kompetisi di musim ini dan menanyangkan semua laga dengan baik dan aman. Sehubungan dengan keputusan UEFA yang juga sudah menunda perhelatan Euro 2020, kami juga mendukung kebijakan tersebut demi menciptakan suasana baik dalam kompetisi domestik.” Lanjut dalam pernyataan tersebut.

Pihak UEFA sendiri sudah mengumumkan secara resmi pada semua kompetisi di level domestik dan Eropa harus sudah selesai paling lambat 30 Juni nanti. Dampak dari keputusan itu yakni kompetisi Euro 2020 harus ditunda sampai tahun 2021 mendatang. Akan tetapi, pihak FA mengambil opsi lain yakni menambah waktu tunda untuk musim kompetisi ini hingga batas waktu yang belum dapat dipastikan.

Liverpool Terancam Gagal Juara

Glen Johnson sendiri mengatakan jika klub lamanya tersebut yakni Liverpool, kemungkinan akan kesu

litan dalam mendapatkan gelar juara Liga Inggris pada musim ini. Pasalnya, gelar tersebut mungkin tidak akan menjadi milik The Reds.

Wabah Covid-19 tersebut memang begitu parah di Inggris saat ini. Hal ini membuat semua kompetisi bola di Inggris tidak akan dilaksanaan sampai awal April 2020 mendatang. Dan yang terbaru, penundaan itu sampai 30 April. Hal tersebut sudah disepakati dalam pertemuan para wakil federasi pada Kamis (19/3/2020) waktu setempat.

Liga Inggris 2020 sebenarnya mempunyai aturan jika kompetisi Premier League 2020 akan selesai di tanggal 1 Juni mendatang. Akan tetapi, penundaan tersebut dapat saja diperpanjang sampai akhir Juni nanti. Johnson pun yakin jika kompetisi ini dapat selesai dengan waktu yang lebih panjang.

“Dengan perhelatan sepak bola yang tidak tahu akan dilaksanakan sampai kapan, musim ini akan menjadi musim yang sulit dilalui. Akan tetapi, kita perlu memikirkan hal yang utama saat ini. Untuk mencari gelar juara, kualifikasi kompetisi Eropa, dan lainnya perlu dipertimbangkan lagi,” ujarnya.

Juergen Klopp, pelatih Liverpool

Lebih lanjut, pesepakbola berumur 35 tahun ini mengungkapkan jika hal ini akan berpengaruh besar pada Liverpool dalam harapannya meraih juara liga ini. “Jika musim ini tidak jadi dilaksanakan dan gelar juara tetap diberikan pada The Reds. Semua pihak akan mengatakan jika mereka bukanlah juara liga Inggris 2020. Ini menjadi musim yang kejam,” tukasnya lagi.

Di sisi lain, pelatih Liverpool yakni Juergen Klopp mengaku santai menanggapi hal tersebut. Walau mereka kini berada di puncak klasemen dan selangkah lagi mendapatkan gelar juara Liga Inggris 2020, gelar juara yang sudah mereka nantikan 30 tahun belakangan ini. Akan tetapi, dia optimis jika kondisi ini akan segera membaik.

“Bagi saya, walau musim ini tidak berjalan dan banyak laga yang tidak dapat dilaksanakan karena virus Corona, saya tetap yakin kami akan mendapatkan apa yang kami inginkan. Ini memang hal yang sulit, namun kami akan tetap mengutamakan kepentingan tim dan keamanan para pemain kami,” ucap Klopp.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola