Connect with us

Berita Bola

Presiden Jokowi Meminta Agar Pembangunan Sirkuit Mandalika Dikebut

TERBIT.COM – Presiden Jokowi meminta agar pembangunan Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat selesai pada tahun 2020 atau setahun sebelum balapan MotoGP Indonesia dimulai pada 2021.

Presiden yang memiliki nama lengkap Joko Widodo ini meminta agar pembangunan fasilitas dan juga infrastruktur pendukung ajang balapan motor palting elite dunia ini lekas dilaksanakan untuk mempercepat target tahun 2020.

“Kami menginginkan untuk fasilitas yang berkaitan dengan MotoGP tahun 2021 ini juga segera untuk dikerjakan. Bandara sudah, jalan juga sudah penetapan lokasi, sehingga kita mengharapkan konstruksi paling lambat ini di bulan Januari 2020,” ucap Presiden Jokowi ketika berada di ikon pantai Kuta, Mandalika dalam keterangan resminya pada hari Jumat, 12 Mei 2019.

Pembangunan kawasan wisata Mandalika serta sirkuit penyelenggaraan MotoGP ini merupakan upaya pemerintah untuk menggerakan perekonomian di wilayah sekitar dan juga diharapkan akan berimbas pada peningkatan perekonomian nasional.

“Kita mengharapkan hal ini nanti ada pada sebuah titik pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat nasional nanti dapat memberikan support juga untuk pertumbuhan ekonomi skala nasional,” ujar Presiden Jokowi menjelaskan.

Presiden yang juga pernah menjabat sebagai wali kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini ingin memastikan langsung perkembangan pembangunan kawasan Mandalika. Kawasan tersebut sebelumnya sudah di tetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata melalui Perpres Nomor 52 Tahun 2014.

“Saya ingin melihat perkembangan dari Mandalika secraa langsung, Pak Direktur Utama (ITDC) menyampaikan bahwa hotelnya telah ada 7 yang sewa dan 3 yang dibangun. Intinya ini merupakan sebuah perkembangan yang sangat bagus,” terangnya.

Joko Widodo juga ingin memastikan pembangunan fasilitas dasar yang baik bagi sebuah kawasan pariwisata ini berjalan sebagaimana mestinya.

Dipandu oleh Abdulbar M. Mansoer yang merupakan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Joko Widodo mendapat penjelasan tentang perkembangan fasilitas umum di kawasan Mandalika seperti toilet bagi para wisatawan, kemudian penyediaan air bersih, termasuk juga instruktur dasar lain seperti ketersediaan listrik dan juga pengolahan limbah.

“Fasilitas yang ada disini juga telah mulai dibangun tadi, mari coba lihat nanti toilet umumnya akan seperti apa standarnya. Standar tinggi saya kira akan dimulai sejak awal sehingga jangan sampai kawasan yang telah sangat indah dan elok pemberian Allah ini menjadi tidak baik sebab salah managemennya dari awal,” tutur Abdulbar M. Mansoer menjelaskan.

Sirkuit Mandalika sendiri akan memakai konsep sirkuit jalanan dengan panjang 4,32 kilo meter dan memiliki 18 tikungan. Desain tersebut telah disetujui oleh pihak operator MotoGP yakni Dorhna.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola