Connect with us

Berita Bola

Pandemi Covid-19, Son Heung-min Percepat Wajib Militer di Korsel

Son Heung-min

Berita Sepakbola – Pesepakbola dunia dari Korea Selatan yakni Son Heung-min akan mulai melaksanakan wajib militer di tahun ini. Son akan memperoleh latihan dasar militer hingga tiga minggu mendatang.

Pemain Tottenham Hotspur tersebut sudah berada di korps marinir yang akan ditempat di Pulau Jeju dan sudah ada di sana sejak Senin (19/4/2020) kemarin. Sebelumnya, pemain 27 tahun tersebut berada dua minggu dalam karantina sejak pulang dari London.

Dalam wajib militer itu, Son tidak akan ditempatkan untuk bagian relasi publik. Son hanya harus melaksanakan sesi latihan dasar seperti bertindak saat ada gas air mata, pendakian panjang, serta latihan menembak dengan senjata api.

Wajib militer sendiri diberlakukan untuk laki-laki Korea Selatan dengan umur yang sudah ditentukan. Pelatihan militer tersebut sebenarnya dilaksanakan selama 21 bulan, namun Son hanya akan menjalaninya beberapa minggu karena pernah membawa negaranya meraih medali emas Asian Games 2018 silam.

Pesepakbola dunia ini hanya akan menyelesaikan sesi latihan dasar militer selama tiga minggu. Hal ini dapat membuat Son dapat bergabung dengan timnya di London Utara di pertengahan Mei nanti. Son sendiri masih bermain dengan baik dengan timnya, Spurs selama musim ini. Sudah ada 16 gol dan sembilan assist yang dia ciptakan dari 32 laganya.

Son Heung-min jalani wamil

Akan tetapi, seperti yang diketahui bahwa kompetisi sepakbola Eropa banyak ditunda karena pengaruh pandemi virus corona di dunia. Termasuk dengan Liga Inggris. Berita tentang Son Heung-min yang akan wajib militer pertama kali dirilis dalam situs resmi Tottenham Hotspur.

Pihak Tottenham sudah memberikan izin pada Son untuk ikut wajib militer, walau saat ini suasana masih belum kondusif lantaran pandemi virus corona. “Klub sudah mengonfirmasi jika pemain mereka tersebut akan ikut dalam wajib militernya di Korea Selatan. Son akan bersama dengan timnya pada bulan mendatang,” tulis dalam pernyataan Tottenham.

Selain itu, berita terkait Son tersebut sempat diberitakan pihak media Korea. Dikabarkan jika pemain yang pernah membela Hamburger SV serta Bayer Leverkusen tersebut akan bertempat di Pulau Jeju sejak 20 April yang akan datang dan sudah menjadi kewajiban Son sebagai warga Korsel harus melaksanakan dinas militer.

Sebelumnya, Son sudah berada di negaranya tersebut sejak akhir Maret lalu. Ia diperbolehkan pulang oleh pihak Tottenham karena pandemi virus corona yang meningkat di Inggris. Saat ini, Son sedang bersiap di korps marinir dan sudah ada di Jeju sejak 20 April 2020 waktu setempat atau Selasa, 21 April 2020 WIB.

Son Heung-min, pemain tottenham

Secara umum, semua pria di negeri Gingseng tersebut wajib ikut wamil setelah berumur 18 sampai 28 tahun tahun selama 21 bulan. Tetapi, dengan prestasi Son selama menjadi pesepakbola dunia, dia hanya diwajibkan beberapa minggu saja. Son merupakan salah satu atlet yang memperkuat Timnas U-23 Korsel di Asian Games 2018.

Awalnya, Son Heung-min akan ikut wajib militer di bulan Juni sampai Juli 2020 mendatang, saat semua liga di musim ini selesai dihelat. Akan tetapi, Covid-19 menjadikan semua jadwal laga diundur. Dengan kondisi tersebut, Son akhirnya memutuskan segera melaksanakan wamil. Apalagi, ada berita yang menyebutkan jika kompetisi bisa saja dilaksanakan kembali pada Juni 2020.

Selama mengikuti wajib militer, pemain Tottenham Hotspur hanya akan melaksanakan tugas pendidikan disiplin, latihan beladiri militer, belajar tentang senjata kimia, biologi, radiologi, hingga nuklir. Latihan CBRN menjadi yang tersulit baginya. Pasalnya, tiap peserta harus masuk dalam ruangan gas air mata dan bertahan selama beberapa menit di dalam.

Jika semuanya sudah selesai dia jalankan, Son dapat kembali bergabung ke klubnya. Son sampai saat ini masih memiliki kontrak panjang dengan Tottenham Hotspur.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola