Connect with us

Berita Bola

Pakai 21 pemain, Pep Guardiola berhasil membawa Manchester City juara di Liga Inggris

TERBIT.COM – Pep Guardiola telah berhasil membawa tim yang telah diasuhnya menjuarai Liga Inggris 2018-2019. Padahal dalam pertandingan yang telah berlangsung Pep hanya memakai 21 pemain.

Seperti yang telah disampaikan jika Manchester City telah mendaftarkan 26 pemain untuk mengarungi Liga Inggris, akan tetapi kemampuan yang telah dimiliki oleh pemain Manchester City, Pep Guardiola cukup menggunakan 21 pemain untuk membawa para pemain menjadi kampiun.

Manchester City telah berhasil finis di puncak klasemen dengan 98 poin, unggul 1 poin atas Liverpool. Sedangkan dalam pertandingan yang telah berlangsung pemain Liverpool telah menggunakan 13 pemain di Liga Inggris musim ini. Pada pertandingan yang penuh perjuangan tersebut, Pep Guardiola hanya memakai kipper Ederson dalam 38 pertandingan yang dilalui pemain Mancheseter City.  

Adapun untuk tiga kiper lain: Claudio Bravo, Daniel Grimshaw, dan Arijanet Muric hanya abadi diparkir di bangku cadangan.

Dari keberhasilan yang telah mereka capai, Guardiola hanya mengandalkan Aymeric Laporte (35 partai), Kyle Walker (33), John Stones (24), Nicolas Otamendi (18), Vincent Kompany (17), Oleksandr Zinchenko (14), Danilo (11), Fabian Delph (11), dan Benjamin Mendy (10) di sektor belakang.

Adapun untuk tim yang tidak ikut bermain di Liga Inggris adalah Philippe Sandler dan Eliaquim Mangala, mereka adalah dua bek yang tidak pernah dipakai Guardiola.

Adapun untuk dua sektor lainnya, lini tengah dan depan, Guardiola menggunakan semua stok pemain yang dimilikinya. Bernardo Silva (36), David Silva (33), Ilkay Goendogan (31), Fernandinho (29), Riyad Mahrez (27), Kevin De Bruyne (19), serta Phil Foden (13) tercatat pernah dimainkan. Dan untuk para penyerang Pep Guardiola hanya menggunaka, Raheem Sterling (34 partai), Sergio Aguero (33), Leroy Sane (31), dan Gabriel Jesus (29).

Dengan jumlah pemain yang sedikit Pep Guardiola telah berhasil membuat tim yang telah di asuhnya menjadi tim juara Liga Inggris yang mana dalam pertandingan tersebut Man City telah memakai pemain paling sedikit dalam 10 musim terakhir.

Dalam pertandingan musim lalu, Pep Guardiola telah berhasil membawa pemain Man City menjadi juara, dan dalam pertandingan tersebut Guardiola juga memakai 25 pemain. Begitu juga pada musim pertama Pep Guardiola bersama Manchester City, yaitu pada musim 2016-2017. Guardiola juga hanya memakai 25 pemain. Meski dalam pertandingan hanya menggunakan pemain yang sedikit akan tetapi tim asuhan Guardiola tersebut telah memiliki kualitas yang baik.

Pep Guardiola semakin efisien menggunakan pemain karena sudah terdapat pemain-pemain yang tepat untuk pola permainan yang diinginkannya. Keberhasilan yang telah dicapai oleh Pep Guardiola untuk mengatur tenaga tim Man City juga harus diapresiasi karena dengan pemain yang “itu-itu saja”, Manchester City bisa menjadi juara.

Keberhasilan yang tidak lepas dari pera Pep Guardiola bukan hanya satu trofi Liga Inggris, akan tetapi Manchester City juga mampu meraih treble dan juga menjuarai Piala FA dan Piala Liga Inggris.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola