Connect with us

Berita Bola

Mengenal Lima Stadion Sepakbola Termahal di Dunia

Stadion Sepakbola Termahal di Dunia

Berita Sepakbola – Stadion menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia olahraga sepakbola. Akan tetapi, stadion tidak hanya menjadi tempat untuk berlatih atau bermain tiap tim namun juga menjadi lambang kejayaan bagi klub masing-masing. Sebut saja salah satu yang paling terkenal yakni stadion Allianz Arena di Kota Turin.

Si Nyonya Tua menjadi tim yang di Italia yang mempunyai stadion termahal di dunia yang tidak hanya menampilkan sisi modern tapi juga bagian dari keuntungan finansial mereka. Banyak klub yang rela menghabiskan dana besar demi membangun stadion mewah.

Selain itu, ada Arsenal yang rela merenovasi bangunan besar nan modern di kawasan Ashburton Grove. Nama stadion menjadi Emirates. Berbicara mengenai stadion mahal, berikut lima stadion sepakbola termahal di dunia yang bisa Anda kunjungi saat berlibur.

Stadion Wembley

Stadion Sepakbola Termahal di Dunia

Di awal tahun 2000, stadion termahal di Inggris, yakni Wembley direnovasi. Menara kembar sebagai ikon Wembley dihilangkan. Sebagai gantinya, Wembley kini memiliki lengkungan ikonik. Renovasi pada stadion yang didirikan pada tahun 1923 tersebut menelan biaya besar. Akan tetapi, beberapa fasilitas semakin lengkap dan mewah. Salah satunya 90 ribu tempat duduk dengan desain yang minimalis. Nilai dari stadion Wembley hampir USD1,25 miliar atau sekitar Rp18,2 triliun.

Stadion AT&T

Stadion AT&T

Venue yang berada di Texas, Amerika Serikat memiliki desain multifungsi. Selain dipakai sebagai tempat sepakbola Amerika, Stadion AT&T juga digunakan untuk olahraga soccer. Markas Tim NFL Dallas Cowboys tersebut didirikan di tahun 2009 lalu.

Stadion megah tersebut dilengkapi dengan beragam fasilitan menarik, seperti dua layar video high definition yang menutup lapangan. Fitur tersebut semakin menjadikan Stadion ini masuk sebagai stadion termahal dengan nilai USD1,3 miliar atau sekitar Rp18,9 triliun.

Stadion Yankee

Stadion Yankee

Stadion lainnya yakni Yankee yang secara khusus dipakai dalam laga baseball di Amerika Serikat. Venue dengan 50 ribu tempat duduk tersebut menjadi rumah untuk Tim New York Yankee. Pembangunannya menelan biaya sampai USD1,1 miliar atau Rp1,6 triliun.

Uniknya, desain lama terasa sampai sekarang dengan hadirnya beberapa fitur ikonik yang menjadi ciri khas mereka. Seperti papan skor yang berproses manual dari sisi kiri dan kanan. Walau begitu, nilai dari Stadium ini hingga USD1,5 miliar atau sekitar Rp21,9 triliun.

Stadion Mercedes Benz

Stadion Sepakbola Termahal di Dunia

Walau sekilas seperti merk mobil mewah, nama stadion Mercedes Benz merupakan milik klub Jerman, yakni VfB Stuttgart yang terletak di Georgia. Stadion yang satu ini menjadi arena multifungsi yang kadang dipakai sebagai markas Atlanta Falcons di NFL dan Atlanta United FC yang bertempat di Liga Sepakbola Amerika Serikat (MLS).

Jika dilihat dari atas, stadion ini menyerupai kelopak bunga. Atap stadion dibentuk dengan desain yang indah dan bisa dibuka dan di tutup secara otomatis. Stadion dengan kapasitas 81 ribu tempat duduk dengan nilai 1,5 miliar atau Rp21,9 triliun.

Stadion MetLife

Stadion MetLife

Amerika Serikat menjadi lokasi favorit banyak stadion megah. Stadion sepakbola termahal di dunia tahun ini adalah MetLife Stadium di New Jersey. Tampil tanpa atap, stadion dengan kapasitas 80 ribu tempat duduk tersebut mempunyai nilai yang fantastis.

Dua klub NFL yang berada di sana, yakni New York Jets dan New York Giants menjadi tim yang selalu bergantian tampil di MetLife Stadium. Yang menjadikan nilai stadion tersebut sangat tinggi hingga USD1,6 miliar atau Rp23,3 triliun yakni lokasinya di Metropolitan New York.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola