Connect with us

Berita Bola

Manchester United bakal mencari pelatih baru..lagi?

Ole Gunnar Solskjaer terancam dipecat

Ole Gunnar Solskjaer terus menerima tekanan, baik dari management, pemain MU dan juga fans Manchester United. Ed Woodward dilaporkan mulai kehilangan kesabaran dengan manager MU tersebut menyusul kekalahan memalukan 0-1 dari tim Newcastle United.

Juan Mata

Juan Mata

Juan Mata seperti kebingungan mengambil posisi, tidak terlihat seorang pun penyerang MU yang memahami instruksi Solskjaer secara jelas dan menerapkannya. Bekas penjaga gawang MU, Mark Bosnich berpendapat, Ole sudah melakukan kesalahan dengan menjual penyerang murni seperti Romelu Lukaku tanpa segera mencari penggantinya. Yang tersisa hanyalah Rashford dan Martial yang performanya masih belum stabil hingga saat ini.

Sempat tampil gemilang di awal musim, MU membantai Chelsea 4-0, penampilan MU malah cenderung menurun. Kekalahan 0-1 ini merupakan kelanjutan performa jelek MU sejak di mulainya Liga Premier Inggris. Bertengger di posisi ke-12, tentunya banyak pihak yang memprediksi, MU bisa saja jatuh ke posisi lebih bawah lagi dan bahkan terdegradasi jika tidak segera berbenah.

Hanya mampu mengoleksi 9 poin dari 8 kali pertandingan; mungkin merupakan rekor terburuk MU selama ini. Tim Everton yang menempati zona degradasi, kini mengoleksi tujuh poin, hanya terpaut dua angka dari MU.

Ed Woodward

Ed Woodward mulai hilang kesabaran terhadap Solskjaer

Wakil ketua eksekutif MU, Ed Woodward sangat mengkhawatirkan performa tim sejauh ini. Ia sebelumnya mendatangkan Solskjaer untuk menggantikan Jose Mourinho yang juga dipecat. Ketika itu Solskjaer ditawarkan kontrak selama tiga tahun.

Pada laga mendatang, MU harus siap menghadapi Liverpool. Beberapa pemain pilar MU akan kembali diturunkan, sebut saja Paul Pogba, Luke Shaw, Anthony Martial, Victor Lindelof dan Aaron Wan-Bissaka. Pertanyaannya, sanggupkan MU menahan serangan pemain Liverpool?

Kondisi di ruang ganti MU pun tidak kalah buruknya, beberapa pemain senior mulai mempertanyakan taktik permainan yang diterapkan Solskjaer dan juga kemampuan manajerialnya dalam menghadapi beberapa pemain. Solskjaer merasa ada sejumlah pemain yang menolak untuk mendengarkannya dan mengklaim jika ia membutuhkan waktu lebih untuk menyelesaikan masalah ini. Lebih lanjut, ia meminta para pemain untuk melupakan kekalahan 0-1 ketika menghadapi Newcastle.

Kemungkinan Solskjaer dipecat

Manchester United harus mengeluarkan uang setidaknya 121 milyar rupiah jika saja mereka memutuskan untuk memecat Solskjaer.

Pelatih asal Norwegia ini sebenarnya sudah berusaha keras untuk memperbaik performa Manchester United namun hanya menang dua kali dalam 8 pertandingan tentu saja bukan hasil yang baik.

Hasil pertandingan minggu lalu menghadapi Newcastle merupakan kelanjutan catatan buruk MU di musim ini, yang ditangani oleh Solskjaer. Statistik menunjukkan, MU hanya mampu melakukan tiga kali ‘shots on target’ ke gawang tim lawan yang dijuluki The Magpies ini. Tidak salah lagi, ini merupakan rekor terburuk MU dalam 30 puluh tahun terakhir.

Rumor telah beredar, Ole Gunnar Solskjaer akan diberikan kesempatan hingga akhir bulan ini; dengan melihat hasil pertandingan menghadapi tim yang baru promosi, Norwich. Santer beredar kabar baru, hasil akhir MU ketika menghadapi Liverpool lah yang akan dijadikan acuan untuk mempertahankan atau memecat Solskjaer. Ole bisa jadi akan dipecat jika Liverpool sukses mengalahkan Manchester United.

Petinggi MU, Ed Woodward mengumumkan; jika klub memperoleh penghasilan sekitar 672 juta Poundsterling pada September tahun lalu. Angka ini belum dipotong nilai 19,6 juta Poundsterling yang harus dibayarkan kepada Jose Mourinho dan timnya setelah dipecat oleh MU pada Desember 2018.

Pelatih sebelum Mourinho, David Moyes juga mendapatkan kompensasi setelah dipecat MU pada 2014 lalu. Pemecatan pelatih dan tim yang menyertainya tentu saja sangat menguras pendapatan klub. Sejak ditinggalkan Sir Alex Ferguson pada 2013 lalu, belum ada pelatih yang benar-benar sukses menangani MU, bahkan Louis van Gaal sekali pun yang kini telah pensiun.

Demi meminimalisir kerugian akibat kompensasi untuk pelatih, Ed Woodward pun memperbaharui kesepakatan kompensasi untuk pelatih. Sewaktu memberikan kontrak permanen untuk Solskjaer, disepakati jika Ole hanya akan menerima 7 juta Poundsterling jika ia dipecat. Angka ini merupakan angka kompensasi terkecil dalam sejarah Manchester United.

Gaji yang ditawarkan kepada Solskjaer hanya 6 juta Poundsterling per tahun, jauh lebih kecil dari gaji tahunan Mourinho yang berada di kisaran 15 juta Pounsterling.

Mike Phelan diperkirakan akan mengikuti langkah Solskjaer meninggalkan MU jika saja Ole dipecat. Namun tim pelatih yang lain seperti Kieran McKenna dan Michael Carrick belum diketahui secara pasti apakah akan ikut meninggalkan MU juga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola