Connect with us

Berita Bola

Makna Selebrasi “namaste” Yang Dilakukan Mohamed Salah

TERBIT.COM – Striker andalan Liverpool, Mohamed Salah berhasil mencetak gol ke gawang Chelsea di pertandingan pekan ke 34 Liga Inggris yang di gelar di Anfield Stadium, Minggu 14 April 2019.

Pertandingan yang berakhir atas kemenangan tuan rumah dengan skor 2-0 ini berhasil mengantarkan tim asuhan Jurgen Klopp memuncaki klasemen English Premier League kembali.

Sebelum Mohamed Salah mencetak gol, Sadio Mane terlebih dahulu membuka keunggulan bagi The Reds di menit ke 51. Namun selang 2 menit berlangsung Mohamed Salah berhasil menggandakan keunggulan untuk Liverpool degan gol spektaklulernya yang diciptakan dari luar kotak penalty.

Tetapi ada yang menarik dari gol yang diciptakan oleh pemain berkebangsaan Mesir ini, yakni selebrasi gol nya. Pemain berusia 26 tahun ini melakukan selebrasi dengan menunjukan simbol namaste di depan pendukungnya.

Menurut etimologi, namaste sendiri berasal dari bahasan sansekerta yang merupakan gabungan dari dua kata yakni “namah” dan ”te”. Namah yang artinya adlah hormat atau takzim, sedangkan te artinya kepadamu.

Jadi makna dari namaste ini menurut sumber adalah bisa berarti sebagai salam sejahtera atau juga bisa bermakna sebagai doa semoga dalam keadaan baik. Namaste sendiri berbeda dengan berjabat tangan atau berciuman dalam budaya lain, karena namaste adalah sebuah bentuk penghormatan tampa kontak fisik yang juga bisa digunakan secara universal ketika  bertemu dengan orang lain yang memiliki jenis kelamin, usia atau strata sosial yang berbeda.

Namaste sendiri merupakan salam yang digunakan di agama Hindu dan sering di ucapkan oleh masyarakat di India.

Selain itu, pose namaste juga sama dengan pose pohon di gerakan yoga, atau biasa disebut yoga tree pose. Mohamed Salah juga menjelaskan arti selebrasinya ke media.

“Saya itu pegiat yoga. Saya melakukan yoga dan selebrasi tersebut ya terlintas aja di kepala,” ucap Salah kepada Sky Sport.

Salah juga menjelaskan bagaimana ia bisa mencetak gol spektakulernya.

“Saya tidak berfikir, tapi saya hanya merasakan. Secara normal, saya akan menendang dengan kaki dalam saya. Tapi saat itu saya memutuskan, karena jaraknya terlalu jauh maka saya menendang dengan kekuatan penuh,” ujar Salah menjelaskan.

“Saya sangat beruntung bolla bisa berhasil menembus gawang seperti itu,” kata Salah melanjutkan.

Dengan gol yang ia ciptakan itu, Mohamed Salah kali ini menjadi top skor sementara di Liga Inggris bersama dengan Segio Aguero dari Manchester City dengan torehan 19 gol.

Tetapi Salah mengaku cuek akan persaingannya dengan striker andalan Manchester City tersebut terkait gelar sepatu emas di musim ini. Ia mengaku lebih mementingkan tim untuk bisa terus meraih kemenangan.

“Saya hanya senang dengan hasil pertandingan. Saya menjadi top skor bersama Sergio Aguerp, tetapi saya mengabaikan saja, karena Premier League yang terpenting,” jelasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola