Connect with us

Berita Bola

Lima Kapten Terbaik yang Pernah Ada di Barcelona

kapten terbaik di Barcelona

Berita Sepakbola – Barcelona menjadi salah satu klub sepak bola dunia yang sudah mencatatkan beragam prestasi di dunia sepakbola. Klub Catalan tersebut juga memiliki tim yang ditakuti. Untuk gelar sendiri, mereka sudah mencatatkan 26 gelar La Liga. Selain itu, klub di Camp Nou itu sudah memiliki 5 piala Liga Champions.

Keberhasilan Barcelona tentunya tidak terlepas dari peranan seorang kapten. Di musim ini, Lionel Messi menjadi pemegang ban kapten di timnya. Messi merupakan salah satu pemain andalan klubnya, dimana dia sudah membukukan enam Ballon d’Or. Posisinya saat ini menggantikan Andres Iniesta yang sudah hengkang dari klub di tahun 2018 lalu.

Akan tetapi, walau Messi merupakan pemain terbaik di klubnya, namanya belum termasuk dalam daftar kapten terbaik di Barcelona. Nah, berikut ini merupakan lima pemain yang menempati lima besar kapten terbaik di klub Spanyol tersebut.

Jose Ramon Alexanko

kapten terbaik di Barcelona

Mungkin tidak banyak yang mengenal pemain Barcelona yang satu ini. Akan tetapi, pemain yang bernama lengkap Jose Ramon Alexanko ini merupakan salah satu legenda di Barca pada masanya. Alexanko bergabung di Barca sejak dibeli dari Athletic Bilbao di tahun 1980 yang lalu. Pemain yang saat ini berada di posisi bek tengah tersebut merupakan hal terpenting dari tim Barca dan menjadi kapten klub sejak tahun 1986 silam.

Pada musim awalnya, Barca sukses masuk ke babak final Piala Champions 1986. Naasnya, Barca gagal dalam adu penalti kontra Steaua Bucharest. Selama memegang ban kapten, Alexanko membawa timnya mendapatkan tiga gelar La Liga, Piala Winners dan Piala Champions 1992 lalu.

Andres Iniesta

kapten terbaik di Barcelona

Selanjutnya adalah salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah Barcelona, siapa lagi kalau bukan gelandang Andres Iniesta yang menjadi salah satu kapten terbaik di Barcelona. Iniesta merupakan kapten pengganti Xavi di tahun 2015 lalu. Pemain dari Spanyol tersebut memegang jabatan tersebut selama tiga tahun. Dia membawa timnya mencapai dua gelar juara La Liga dan tiga Copa Del Rey.

Di musim terakhirnya, Iniesta tetap tampil menjadi kapten yang dihormati. Dia juga memberikan prestasi dengan timnya dengan hasil gelar La Liga 2017-18 lalu. Iniesta hengkang dari Barca di tahun 2018 lalu dengan 674 laga dan sampai saat ini namanya tetap dihormati di klub raksasa catalan ini.

Josep Guardiola

kapten terbaik di Barcelona

Salah satu pelatih tersukses di Barcelona ini ternyata mantan kapten tim di klub yang sama. Pelatih The City, yakni Pep Guardiola memperkuat klub sejak tahun 1990. Guardiola menjadi pemain andalan di Blaugrana. Bersama Johan Cruyff dan Robson, ia membawa tim mencapai empat gelar juara La Liga dan Piala Eropa 1992. Saat Louis Van Gaal bergabung di tahun 1997, Guardiola menjadi kapten tim menggantikan Gica Popescu.

Guardiola sukses membawa Barca mencatatkan gelar La Liga di musim 1998-1999. Ini menjadi gelar juara yang keenam Guardiola sebagai kapten. Selama musim tersebut, Blaugrana meraih gelar juara dengan selisih 11 poin dari Real Madrid.

Walau dua musim selanjutnya, Barcelona tidak mendapatkan prestasi, namun hal tersebut tidak jadi masalah untuk dirinya. Barca mungkin mempunyai kapten yang lebih kuat darinya, namun namanya tetap dicintai sampai saat ini.

Johan Cruyff

kapten terbaik di Barcelona

Barcelona mempunyai banyak pemain dan kapten dari negaranya sendiri. Salah satu yang paling kental dengan identitas Catalan adalah Johan Cruyff. Cruyff menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Ia menjadi pemain Barcelona setelah pindah dari Ajax di tahun 1973 dan segera memberikan  pengaruh besar di timnya.

Di musim debutnya bersama klub pada musim 1973-1974, Cruyff membawa Barca mendapatkan gelar La Liga pertama mereka. Mereka menang denga skor 5-0 atas Real Madrid di Santiago Bernabeu dan mencatatkan salah satu perayaan terbesar saat itu. Legenda dari Belanda tersebut berada di Barca selama empat musim dan menjadi kapten selama satu tahun. Walau klub tidak berhasil meraih gelar liga lainnya, ia tetap dihormati para fans.

Carles Puyol

Carles Puyol

Menjadi bek tengah terbaik di Barcelona, Puyol juga berhasil menjadi kapten terbaik di Barcelona sekaligus terlama karena menjabat sebagai kapten selama satu dekade penuh. Puyol membawa timnya mencapai hasil mengesankan di bawah kepemimpinanya.

Puyol menjadi pemain Barcelona yang sejak kecil sudah memperkuat Barca dan menjalani debut pada tahun 1999. Lima tahun menjadi pemain tim ini, ia bertindak sebagai kapten di tahun 2003-2004.

Di musim selanjutnya, Puyol meraih gelar La Liga pertamanya bersama klub. Mereka juga berhasil mendapatkan gelar juara Liga Champions untuk pertama kalinya. Hadirnya Josep Guardiola membawa perubahan pada gaya bermain tim ini dan mereka mencapai bannyak kesuksesan. Saat Guardiola hengkang dari Camp Nou di tahun 2012, Puyol tetap bertindak menjadi kapten hingga musim 2014.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Berita Bola