Connect with us

Berita Bola

Lima Hasil VAR Paling Aneh di Liga Inggris 2020-2021

Berita Sepakbola Dunia  – Sejak Liga Inggris dilaksanakan di musim 2019-2020, penggunaan Video Assistant Referee atau VAR masih selalu diperdebatkan. Teknologi ini sudah menjadi sumber keputusan kontroversial selama penggunaannya.

Banyak pihak yang berharap jika VAR tidak akan digunakan pada musim ini. Akan tetapi, sepertinya pihak kompetisi Inggris ini tetap akan mengikutsertakan teknologi itu selama musim ini.

VAR sendiri sudah menjadi sumber masalah di musim ini. Dalam tiap minggu, selalu ada satu keputusan yang tidak disetujui yang dihasilkan aplikasi ini. Hal ini berhubungan dengan handball, offside atau penalti. Di tahun ini, Premier League sudah memasuki minggu ke-10 dan sudah ada keputusan VAR yang tidak diterima dengan baik oleh banyak pihak.

Di bawah ini, terdapat lima kejadian kontra dari VAR yang terjadi di Liga Inggris 2020-2021 :

Handball Eric Dier

Handball Eric Dier

Dalam laga Tottenham vs Newcastle di akhir September lalu, Tottenham sempat menjadi pemimpin dari menit ke-25 dari sepakan Lucas Moura. Namun, hasil kemenangan mereka tidak sah karena VAR. Eric Dier dikatakan melakukan handball di wilayah terlarang walau dia sebenarnya tidak dapat melihat bola dengan leluasa.

Wasit Peter Bankes yang memimpin laga menyebutkan jika laga mereka hasilnya seri setelah tim lawan menyamakan kedudukan dari sepakan Callum Wilson di menit 90+7.

Offside Patrick Bamford

Offside Patrick Bamford

Selanjutnya kejadiaan di laga Crystal Palace vs Leeds United. Leeds sempat tertinggal dari Crystal Palace, Patrick kemudian datang menyamakan kedudukan. Ia sukses mencetak gol Vicente Guaita di menit ke-18.

Namun, wasit tidak menganggap gol itu sah. VAR menunjukkan jika Bamford di wilayah offside ketika menciptakan gol. Pada tayangan ulang, terlihat jika hanya tangan Bamford yang ada di tempat offside. Leeds kemudian gagal melawan Palace dengan skor 1-4.

Offside Ollie Watkins

Offside Ollie Watkins

Aston Villa berkunjung ke markas West Ham pada 30 November 2020. Namun, mereka harus menelan pil pahit dalam pertandingan ini. Saat tertinggal 1-2, Aston Villa berhasil menyamakan kedudukan di masa injury time. Ollie Watkins mencetak gol setelah menyambut umpan silang dari Matt Targett.

Akan tetapi, gol tersebut dianulir karena tayangan VAR oleh wasit Watkins karena dinilai offside. Villa kemudian kalah melawan West Ham.

Penalti Pascal Gross

Penalti Pascal Gross

Brighton melawan Liverpool di 28 November 2020 lalu. The Reds dapat menang dengan skor 1-0 dari sepakan Diogo Jota di menit ke-60. Sialnya, pada injury time, Brighton memperoleh penalti setelah Welbeck mendapat pelanggaran dari Andy Robertson di wilayah terlarang.

Tayangan ulang menampilkan jika kontak tidak begitu terlihat, tapi wasit mengambil keputusan untuk menunjuk titik putih setelah melihat tayangan VAR. Akhirnya laga menghasilkan skor 1-1.

Offside Sadio Mane

Offside Sadio Mane

Pada laga Everton Vs Liverpool terdapat kejadiaan menarik yang tidak akan ter;lupakan. Kala itu laga yang dilaksanakan pada Oktober tersebut usai dengan skor 2-2 namun The Reds kemungkinan dapat saja meraih kemenangan jika sepakan gol Jordan Henderson disahkan.

Henderson sempat membukukan gol ketiga The Reds. Tapi, gol tersebut dianulir wasit Michael Oliver dari tayangan VAR. Mane, yang saat itu memberikan assist, dinilai berada di posisi offside. Pada tayangan ulang, jarak Mane dengan garis pemain Everton begitu dekat.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola