Connect with us

Berita Bola

Liga 1 2020 Akan Dilanjutkan, Ini Opsi Pihak PSSI

kompetisi Liga 1

Berita Sepakbola – Ketua Umum PSSI yakni Mochamad Iriawan mengungkapkan rencana masa depan kompetisi Liga 1 2020. Pilihan yang diberikan PSSI dalam rapat virtual pada Selasa (2/6/2020), yakni Liga 1 akan kembali dihelat pada Sepetember nanti dan Liga 2 di bulan Oktober mendatang.

Beberapa klub sepakbola Indonesia dalam pertimbangan saat ini. Salah satunya yakni PSIS Semarang. Pihak klub berharap semua keputusan yang diambil sudah dipertimbangkan baik buruknya, khususnya untuk masalah kesehatan semua pihak terkait.

“Kita ingin kompetisi disudahi saja. Alasan pertama yakni protokol kesehatan, kedua yakni sistem regulasinya nanti seperti apa dan masalah biaya yang dapat dikeluarkan oleh pihak PSSI, mulai dari biaya operasional, kesehatan, hingga tes kesehatan sedikitnya Rp1,5 miliar,” ucap GM PSIS, Wahyoe Winarto.

Selain itu, sehubungan dengan masa karantina juga harus dipikirkan, apalagi ada pemain yang terkena virus Covid-19, sesuai SOP yang sudah diterapkan harus menjalani karantina selama 14 hari.

klub sepakbola Indonesia

“Selain adanya masalah pada jadwal laga, akan ada banyak biaya yang dibutuhkan selama karantina. Jika hal tersebut terjadi, kita hanya dapat berharap biaya dipastikan dari pihak PSSI. Coba dipikirkan lagi, kita akan bermain tanpa adanya penonton, tidak ada dana dari penjualan tiket. Biaya operasional akan sangat tinggi. Apalagi saat ini, kita memiliki punya beban untuk membayar gaji pemain sebesar 25 persen tiap pemain,” ucapnya.

Ia mengungkapkan jika hal tersebut dibebankan pada klub, jelas tidak akan dapat diberikan. Karena klub juga saat ini kesulitan dalam hal pemasukan terkait kondisi masa pandemi Covid-19. Pihaknya berharap, semua pilihan dari PSSI dipikirkan dengan begitu matang. Karena tiap opsi berkaitan dengan keselamatan semua pihak terkait.

Sementara itu, dalam hasil rapat PSSI bersama PT LIB dengan klub Liga 1 dan 2 terkait masa depan kompetisi, pada Selasa (3/6/2020), pihak federasi sudah mempersiapkan pilihan beberapa opsi penting ke depannya.

“Hari ini pihak PSSI memberikan beberapa pilihan untuk masa depan kompetisi Liga 1 dan 2 di musim ini. Namun, keputusan final akan dihasilkan pada rapat Komite Eksekutif. Liga 1 sepertinya akan dilaksanakan pada September atau Oktober mendatang, dengan lokasi di Pulau Jawa, konsep degradasi dan promosi juga harus ditentukan,” ucap Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

klub Liga 1

Yunus berpendapat jika pilihan melanjutkan kompetisi harus memikirkan kelanjutan Timnas Indonesia yang akan bersiap bermain di Piala Dunia U-20 2021. Kompetisi ini sendiri akan dilaksanakan di Indonesia.

Untuk kompetisi Liga 2 sendiri, PSSI memberikan pilihan home turnamen, dengan format ada empat grup, dengan masing-masing terdiri dari enam tim. “Jadi piihan untuk dua kompetisi ini akan dilaksanakan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan yang sesuai dengan pemerintah. dokter Syarif Alwi akan memberikan pemaparan terkait aturan untuk semua klub,” ucap Yunus lagi.

Pada rapat itu, juga membicarakan persiapan PSSI dalam mempersiapkan sistem hukum mengenai kontrak pemain dan pelatih. Sehubungan dengan itu, PSSI juga akan berdiskusi dengan pihak Asosiasi Pesepakbola Profesional dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Indonesia.

Demi kelanjutan kompetisi tersebut, PSSI tetap akan mengikuti saran pemerintah, yakni Menpora. Termasuk dengan stakeholder sehubungan dengan Gugus Tugas COVID-19, pihak Kementerian Kesehatan, dan Kepolisian Republik Indonesia selaku tim keamanan.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola