Connect with us

Berita Bola

Kompetisi La Liga 2020 Resmi Digelar Secara Tertutup

La liga 2020

Sepakbola – Giliran turnamen La Liga 2020 yang memutuskan tidak akan melibatkan penonton dalam laga mereka. Dalam laga dua divisi teratas Spanyol rencananya akan dilaksanakan secara tertutup, setidaknya ada dua minggu mendatang akan ada penjagaan ketat terkait peningkatan virus corona.

Diterapkannya laga secara tertutup secara resmi dimulai pada Selasa (10/3) malam waktu setempat, atau Rabu (11/3) dinihari WIB. Para penonton tidak akan dibolehkan dalam laga selanjutnya yakni laga Eibar vs Real Sociedad.

Pihak federasi La Liga tegaskan jika keputusan tersebut dibuat mengikuti hasil rapat Kementerian Kesehatan Spanyol dan Dewan Olahraga Nasional. Nantinya, selain La Liga, kompetisi Liga Champions yakni Barcelona vs Napoli di Camp Nou yang dihelat pada tanggal 18 Maret, juga akan dilaksanakan tanpa adanya dukungan suporter secara langsung.

“Hal ini dilakukan demi menjaga kesehatan dan keamanan masyarakat semuanya. Kami tidak ingin ada celah yang membuat penyebaran virus ini semakin besar di Spanyol,” papar kepala kesehatan Generalitat de Catalunya, Joan Guix.

PSG kontra Borussia Dortmund

Laga Barcelona vs Napoli menjadi yang laga kedua Liga Champions yang memainkan tim Spanyol dan tim Italia yang dilaksanakan secara tertutup. Sebelumnya, ada laga yang memainkan Valencia dan Atalanta yang dihelat pada Rabu (11/3) dinihari, juga dilaksanakan tanpa penonton. Saat ini, giliran La Liga musim ini yang akan dimainkan tanpa penonton.

Ada laga antara Sevilla kontra AS Roma serta Getafe melawan Inter Milan dalam perhelatan Liga Europa musim ini yang juga terkena imbasnya. Laga lain lanjutan Liga Champions 2020 yakni PSG kontra Borussia Dortmund, yang dilaksanakan Kamis (12/3), juga akan dilaksanakan secara tertutup.

Sampai saat ini, turnamen bola yang ada di Italia bahkan sudah lebih dulu dihentikan sampai 3 April mendatang, hal ini juga karena penyebaran virus corona yang semakin besar di negara tersebut. Hal ini juga menjadikan semua laga Serie A musim ini ditangguhkan, namun tidak dengan laga klub Italia atau timnas yang akan bermain di kompetisi internasional.

Di sisi lain, laga pada putaran pertama di babak 16 besar Liga Europa musim ini yang dimainkan tim Manchester United di LASK Linz, Austria, pada Jumat (13/3) dinihari WIB, juga akan dilaksanakan tanpa adanya suporter.

Sebelum pihak federasi La Liga yang mengungkapkan akan adanya laga tanpa penonton, tim Barcelona sudah memutuskan akan melawan Napoli secara tertutup. Hal ini diputuskan dalam rapat pihak FC Barca dan pemerintah lokal Generalitat de Catalunya, Selasa (10/3) waktu setempat.

Barcelona vs Napoli

Pertemuan tersebut bertujuan untuk memastikan persiapan kedua klub dalam laga putaran kedua tersebut. Hal ini langsung diumumkan oleh pihak Sekjen Olahraga, yakni Gerard Figueras. Pemerintah berkeinginan jika laga tetap dilaksanakan namun tanpa penonton dan kedua klub setuju.

Laga Barcelona vs Napoli ini merupakan laga putaran kedua pada babak 16 besar Liga Champions 2020. Sebelumnya, laga kedua klub ini diisyaratkan tidak akan dilaksanakan sesuai waktu yang ditentukan. Namun, pada akhirnya kedua pihak menyanggupi jika laga tersebut dilaksanakan secara tertutup. Padahal tiga hari sebelumnya, keadaan pelaksanaan laga tersebut dinyatakan aman oleh pihak Kementerian Kesehatan Spanyol dan dapat dilaksanakan dengan adanya penonton. Akan tetapi, perkembangan virus dari Wuhan, China ini kian bertambah besar di wilayah Spanyol, hingga membuat pemerintah Catalunya memutuskan jika laga dilaksanakan tanpa pendukung kedua tim ini.

Sementara itu, pihak Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO melaporkan, terdapat sekitar 430 kasus sampai Minggu (8/3) yang terjadi di Spanyol. Sampai saat ini, lima orang meninggal. Wilayah Lombardi atau markas Atalanta merupakan salah satu tempat dengan penyebaran virus corona terbesar di negara ini.

Laga Barcelona vs Napoli merupakan laga penentu Lionel Messi dan rekan-rekannya meraih satu tiket ke babak perempatfinal. Dalam laga sebelumnya di San Paolo, laga Barca dan Napoli usai dengan skor akhir 1-1.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola