Connect with us

Berita Bola

Kisah Hidup Iker Casillas Sebagai Penyintas Penyakit Jantung

iker casillas

Berita Olahraga Dunia – Berita mengejutkan awal Mei 2019 datang dari salah satu pesepakbola dunia yakni Iker Casillas. Kiper terbaik di dunia tersebut dilarikan ke rumah sakit lantaran serangan jantung yang dia alami saat berlaga.

Berita tersebut jelas menjadi pemberitaan besar. Pasalnya, saat itu Iker Casillas masih menjadi kiper yang aktif di gawang FC Porto. Sebelum mendapat serangan jantung mendadak, Casillas masih beraktiitas seperti biasa.

Akan tetapi, nyawanya masih sempat tertolong walau harus mendapatkan perawatan intensif. Berita tersebut mengundang banyak simpati untuk mendukung dan mendoakan kiper yang pernah memperkuat Real Madrid tersebut.

Dengan penyakit serius yang dideritanya, banyak pihak yang memperkirakan jika Casillas akan segera gantung sepatu dalam waktu dekat. Bahkan santer terdengar jika dirinya tidak akan dapat lagi bermain sepak bola secara profesional.

Namun, berita miring tersebut dibantah Casillas. Dia membuktikannya dengan tetap menjadi pemain inti dalam tim FC Porto selama musim 2019 lalu. Walau tidak ikut serta memperkuat timnya karena masih menjalani perawatan medis, namun kiper tersebut masih terlihat dalam sesi latihan atau laga timnyas. Itu juga yang membuat klub Dragoes memberikan satu lowongan untuknya yakni sebagai staf pelatih.

penyakit iker Casillas

Di akhir Januari lalu, sebuah foto Casillas yang mengejutkan beredar di media sosial. Dalam foto tersebut, terlihat Casillas yang mengangkat barbel. Hal ini juga dia jelaskan dalam Instagram miliknya. Mantan kiper timnas Spanyol tersebut mengaku menjadi seorang penyintas penyakit jantung yang rutin berolahraga dengan aman.

Sejatinya, Iker Casillas bukan satu-satunya pesepakbola dunia yang mengalami serangan jantung dan kemudian sehat kembali. Sebelumnya, ada rekannya di Real Madrid, yakni Ruben de la Red serta pemain Bolton Wanderers, yakni Fabrice Muamba. Akan tetapi, bedanya kedua rekannya tersebut memilih untuk gantung sepatu.

Lantas, bagaimana dengan Casillas yang masih aktif di dunia sepakbola? Siapapun termasuk, pemain bola bisa menjadi penyintas atau bertahan walau sudah memiliki riwayat penyakit jantung untuk bermain kembali. Namun, ada banyak hal yang harus diwaspadai.

Salah satu yang harus tetap diperhatikan adalah bagaimana tingkatan kerusakan otot jantung yang dialami pasien. Jika dalam tingkatan yang tidak begitu berat, maka dokter bisa saja mengizinkan seorang atlet untuk kembali berlaga.

Kerusakan yang mungkin harus diwaspadai tergantung pada kondisi pasien dan perhitungan dokter. Semua tergantung pada hasil tes yang dilakukan, di antaranya seperti elektrokardiogram, tingkat sedimentasi darah, dan lainnya.

Khusus untuk penyakit Iker Casillas, tes sedimentasi darah menjadi sangat penting, karena serangan jantungnya merupakan infark miokard yang berat. Penyumbatan pembuluh darah ke jantung dapat menjadikan adanya penumpukan plak seperti kolesterol, lemak, dan lainnya.

Dari semua tes yang dijalankan, akan diberi nilai dan ditentukan olahraga apa yang masih dapat dijalani atlet. Jika masih bisa melaksanakan olahraga rutinnya, maka akan diperbolehkan seperti Casillas yang masih bisa bermain sepak bola secara ringan.

Olahraga Casillas dengan mengangkat barbel mungkin dilakukan dengan izin dokternya dan bisa melakukan atau beraktifitas termasuk berolahraga selama pemulihannya. Hal yang harus diperhatikan seorang penyintas penyakit jantung adalah disiplin dan tidak memaksakan diri karena akhirnya, hanya si pasien yang dapat merasakan apakah olahraga yang dia terlalu berat atau cukup untuk jantungnya adalah si penyintas itu sendiri.

Jika sudah merasakan tanda seperti mudah lelah, napas pendek, atau sesak di dada, segera lakukan pengecekan ke dokter dan istirahat total.

Iker Casillas jadi penyintas penyakit jantung

Di sisi lain, Jonathan H. Kim menyebutkan dalam penelitiannya di tahun 2017 tentang atlet yang kembali berkarier setelah serangan jantung masih begitu sulit dilakukan. Masih banyak dokter yang kesulitan dalam melakukan pendampingan pada kasus individual. Selain itu, terdapat faktor psikososial yang harus diperhatikan. Batasan pada kegiatan fisik harus diperhatikan lebih lanjut. Atlet juga harus memperhatikan kondisi tubuhnya.

Penyakit Iker Casillas dapat menjadi patokan yang diperhatikan atlet lain untuk kembali menjalani kariernya setelah penyakitnya tersebut. Namun, tetap saja tubuh tiap atlet berbeda-beda. Adapun alasan Casillas tetap bertahan sebagai pemain pastinya sudah terdapat pertimbangan dari banyak pihak. Walau begitu, tahun ini menjadi tahun terakhirnya menjadi pemain bola.

Iker Casillas akhirnya memutuskan pensiun dan akan melanjutkan kariernya dalam pemilihan presiden federasi sepak bola Spanyol. Sehat selalu Iker!

 

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola