Connect with us

Berita Bola

Hasil Piala Afrika 2019: Nigeria Tundukkan Burundi, Uganda Raih Kemenangan Yang Langka

TERBIT.COM – Nigeria mencatatkan kemenangan atas Burundi di fase grup Piala Afrika 2019. Selain itu, hasil positif juga dicatatkan oleh Uganda yang berhasil mengalahkan Republik Demokratik Kongo.

Nigeria yang tergabung di Grup B Piala Afrika 2019 berhasil menang 1-0 atas lawannya Burundi dalam laga yang diselenggarakan di Stadion Alexandria pada Minggu, 23 Juni 2019 dini hari WIB. Gol yang terjadi pada pertandingan tersebut terjadi pada babak kedua pertandingan tepatnya pada menit ke 77. Nigeria membutuhkan gol di menit akhir untuk memecahkan kebuntuan dan akhirnya berhasil. Idion Ighalo menjadi actor dari kemenangan Nigeria, dia mampu mencetak gol usai memanfaatkan bola dari Ola Aina.

Dengan hasil yang  telah didapat tersebut membuat Nigeria memimpin klasemen Grup B Piala Afrika dengan perolehan 3 poin. Guinea dan Madagaskar menyusul dibelakang usai memperoleh satu poin karena bermain imbang 2-2.

Sedangkan dari Grup A Piala Afrika, Uganda berhasil menang tanpa balas dengan skor 2-0 atas lawannya Republik Demokratik Kongo pada pertandingan yang digelar di Cairo International Stadium pada Minggu 23 Juni 2019 dini hari WIB. Patrick Kaddu dan Emmanuel Okwi menjadi pencetak gol pada pertandingan tersebut.

Kedua gol yang tercipta tersebut melalui bola mati. Patrick Kaddu berhasil menyundul bola ke gawang melalui tendangan sudut pada menit ke 14. Sedangkan Emmanuel Okwi berhasil meneruskan tendangan bebas yang didapat Uganda pada menit ke 48.

Kemenangan tersebut tentunya menjadi kemenangan pertama Uganda di putaran final Piala Afrika setelah lebih dari 40 tahun lamanya. Sebelumnya terkahir kali Uganda menang di putaran final Piala Afrika yaitu pada tahun 1978 saat mengalahkan Nigeria di semi-final. Dengan hasil tersebut, Uganda untuk sementara memimpin klasemen grup A dengan perolehan 3 poin dimana mereka unggul selisih gol atas Mesir yang saat ini tergeser menjadi urutan kedua klasemen sementara Grup A Piala Afrika 2019.

Hasil Piala Afrika:

Republik Demokratik Kongo 0-2 Uganda

Nigeria 1-0 Burundi

Guinea 2-2 Madagaskar

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola