Connect with us

Berita Bola

Hasil Copa America 2019: Tumbangkan Chile, Peru Rasakan Final Kembali Setelah 44 Tahun

TERBIT.COM – Timnas Peru berhasil menang dengan skor 3-0 atas Timnas Chile pada laga semi-final Copa America 2019 di Arena do Gremio, Kamis 4 Juli 2019 pagi WIB. Keunggulan Peru diawali dar gol Edison Flores yang terjadi pada menit ke 21 dan kemudian berhasil digandakan pada menit ke 36 oleh Yoshimar Yotun.

Jelang injury time, Paolo Guerrero memperbesar keunggulan pada menit ke 90+1 untuk memastikan satu tempat bagi Timnas Peru di final Copa America 2019. Kegemilangan penjaga gawang Peru, Pero Gallese turut menjadi faktor penting pada babak kedua dimana sang penjaga gawang mampu membuat frustasi para pemain bintang Chile seperti Arturo Vidal dan Alexis Sanchez dengan berhasil mematahkan peluang dari kedua pemain tersebut.

Jalan Pertandingan

Selepas ketinggalan skor, Timnas Chile langsung menyerang pada awal babak kedua, serangan demi serangan berhasil dilesatkan. Kesempatan manis pertama Chile terjadi pada menit ke 51 saat sundulan Eduardo Vargas masih membentur tiang gawang.

Lebih serang diserang pada babak kedua, Timnas Peru lebih mengandalkan serangan balik untuk membalas perlawanan dari Chile. Pergerakan cepat Paolo Guerrero memang sangat menyulitkan bagi Guillermo Maripan, Guerrero memulai serangan balik pada menit ke 60 walaupun umpannya masih gagal dikonversi menjadi gol.

3 menit berselang, kini giliran Christian Cueva seorang diri yang menghadapi 3 pemain bertahan Chile namun sayang tendangan kerasnya masih melambung tinggi. Timnas Chile masih belum berhenti untuk memecahkan kebuntuan mereka ke gawang Peru. Angelo Vargas berhasil memanfaatkan kesalahan Miguel Trauco untuk akhirnya mengancam lini pertahanan Peru yang kosong pada saat itu.

Berhadapan langsung dengan sang penjaga gawang, Angelo Varga lagi-lagi gagal menaklukan gawang Timnas Peru. Serangan demi serangan terus dilesatkan namun sayang masih saja belum membuahkan hasil. Kesulitan Chile membobol gawang lawannya justru berujung pahit. Alih-alih menipiskan skor, Chile kembali kebobolan pada tambahan waktu babak kedua. Paolo Guerrero berhasil menambah gol untuk Peru pada menit ke 90+1’.

Timnas Chile sebenarnya masih mempunyai peluang untuk menipiskan skor saat mendapatkan hadiah tendangan penalty pada menit 90+5’. Eduardo Vargas yang menjadi eksekutor tendangan penalty tersebut memilih untuk menendang bola secara pelan sehingga tendangan tersebut mudah diamankan oleh penjaga gawang.

Dari kemenangan ini tentu saja membawa Peru ke babak final Copa America 2019 untuk pertama kalinya. Di partai final, Peru akan berhadapan dengan Brasil di Estadio Jornalista Mario Filho, Senin (08/07/2019) waktu setempat. Sementara untuk Chile akan berhadapan dengan Argentina untuk perebutan posisi ketiga Copa America 2019.

Susunan Pemain:

Chile (4-3-3): 1-Gabriel Arias; 4-Mauricio Isla, 17-Gary Medel, 3-Guillermo Maripan (9-Nicolas Castillo 89′), 15-Jean Beausejour; 8-Arturo Vidal, 13-Erick Pulgar, 20-Charles Aranguiz; 6-Jose Fuenzalida (22-Angelo Sagal 46′), 11-Eduardo Vargas, 7-Alexis Sanchez

Pelatih: Reinaldo Rueda

Peru (4-2-3-1): 1-Pedro Gallese; 6-Miguel Trauco, 2-Luis Abram, 15-Carlos Zambrano, 17-Luis Advincula; 19-Yoshimar Yotun, 13-Renato Tapia; 20-Edison Flores (23-Christofer Gonzales 50′), 8-Christian Cueva (7-Josepmir Ballon 80′), 18-Andre Carillo (14-Andy Polo 71′); 9-Paolo Guerrero

Pelatih: Ricardo Gareca

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola