Connect with us

Berita Bola

Hasil Copa America 2019: Sempat Dikerjai “VAR”, Akhirnya Alexis Sanchez Bawa Chile Menang

TERBIT.COM – Kemenangan dramatis Timnas Chile atas  Colombia akhirnya berujung dengan manis. Chile harus bersusah payah untuk bisa menghentikan perlawanan Colombia pada babak perempat final Copa America 2019.

Pada pertandingan yang berlangsung di Corinthians Arena, Jum’at 28 Juni 2019 malam waktu setempat atau Sabtu pagi WIB, kemenangan Chile harus ditentukan dengan adu penalty. Hasil dari pertandingan tersebut membuat Chile berhak melangkahkan kakinya ke babak semi-final Copa America 2019 untuk menghadapi pemenangan antara Uruguay dan Peru.

Jalan Pertandingan

Pertandingan babak pertama berlangsung dengan tempo yang tinggi dimana Chile sebenarnya telah memimpin keunggulan berkat gol yang diciptakan oleh Charlez Aranguiz pada menit ke 15. Akselerasi dari pemain bintang Chile, Alexis Shanchez dari sayap kiri sempat membuat pertahanan lawannya menjadi kocar kacir.

Umpan silang Sanchez sempat salah diantisipasi oleh penjaga gawang Colombia. Charles Aranguiz lantas berhasil menyambar bola ke gawang La Tricolor walaupun sempat di sapu keluar, bola lebih dahulu masuk gawang. Namun tetapi wasit segera menganulir gol tersebut setalah Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan bahwa Sanchez terkenal offside sebelum menyisir dari sisi kiri.

Setelah babak pertama berakhir dengan skor kacamata, Colombia langsung tancap gas pada babak kedua dengan memberikan beberapa ancaman pada barisan pertahanan Chile. Pada menit ke 48, striker Colombia, James Rodriguez menunjukkan aksinya saat melepaskan tendangan melengkung dari eksekusi bola mati dari sisi kanan. Namun sayang, usahanya tersebut agak melebar dari tiang dekat.

Setelah peluang emas tersebut, kini giliran Chile menebar ancaman melalui aksi solo run Alexis Sanchez. Namun selain tendangannya tidak akurat, lagi-lagi pemain Man United tersebut terjebak offside. Pendukung Chike kembali lagi bersorak pada menit ke 72 tepatnya pada saat tembakan datar Arturo Vidal berhasil bersarang ke gawang Colombia. Namun lagi-lagi gol tersebut dianulir VAR karena bek Chile, Guillermo Maripan, tertangkap kamera melakukan handball sebelum bola pantulannya di sambar oleh Vidal.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang, kedudukan masih 0-0 tidak berubah. Pertandinganpun dilanjutkan dengan babak adu penalty. Sama seperti pertandingan di waktu normal, adu penalty juga berjalan dengan alot semenjak 4 eksekutor kedua kesebelasan berhasil mencetak gol. Ketegangan kembali tercipta saat sepekan penendang kelima Colombia, William Tersillo melebar dari gawang Gabriel Arias.

Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan tersebut akhirnya Alexis Sanchez dengan tenang mampu menaklukkan gawang Colombia sekaligus memastikan jalan Chile yang mampu lolos ke babak semi-final Copa America 2019.

Kolombia 0-0 Cile

ADU PENALTI 4-5

Kolombia: James Rodriguez (o), Edwin Cardona (o), Juan Cuadrado (o), Yerry Mina (o), William Tesillo (x)

Cile: Arturo Vidal (o), Eduardo Vargaz (o), Erick Pulgar (o), Charles Aranguiz (o), Alexis Sanchez (o)

SUSUNAN PEMAIN

Kolombia (4-3-3): 1-David Ospina; 3-Stefan Medina, 13-Yerry Mina, 23-Davinson Sanchez, 6-William Tesillo; 11-Juan Cuadrado, 5-Wilmar Barrios, 15-Mateus Uribe (8-Edwin Cardona 67′); 10-James Rodriguez, 9-Radamel Falcao (7-Duvan Zapata 77′), 20-Roger Martinez (14-Luis Diaz 81′)

Pelatih: Carlos Queiroz

Cile (4-3-3): 1-Gabriel Arias; 4-Mauricio Isla, 17-Gary Medel, 3-Guillermo Maripan, 15-Jean Beausejour; 8-Arturo Vidal, 13-Erick Pulgar, 20-Charles Aranguiz; 6-Jose Pedro Fuenzalida (14-Esteban Pavez 75′), 11-Eduardo Vargaz, 7-Alexis Sanchez

Pelatih: Reinaldo Rueda

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola