Connect with us

Berita Bola

Hasil Copa America 2019: Diwarnai Penalti Dan Kartu Merah, Inilah Drama Gelar Ke-9 Brasil

TERBIT.COM – Timnas Brasil suskes menjuarai Copa America 2019 setelah berhasil menundukkan Peru dengan skor 3-1 pada partai final yang berlangsung di Stadion Maracana, Senin (08/07/2019) dini hari WIB.

Gol-gol Brasil masing-masing dicetak oleh Everton pada menit ke 15, Gabriel Jesus menit ke 45+3 dan penalty Richarlison menit 90. Peru hanya mampu membalas satu gol saja melalui sepakan penalty yang dilesatkan oleh Paolo Guerrero pada menit ke 44.

Dalam pertandingan tersebut, Brasil harus bermain dengan 10 pemain saja dalam 20 menit terakhir laga, Gabriel Jesus di usir keluar lapangan oleh wasit, Roberto Tobar. Namun walaupun hanya di perkuat oleg 10 pemain dominasi Brasil memang masih kuat terbukti mereka mampu mencetak gol ketiganya di menit akhir pertandingan.

Kemenangan yang berhasil ditorehkannya tersebut merupakan gelar ke 9 di Copa America dimana Brasil berhasil menjadi juara pada tahun 1919, 1922, 1949, 1989, 1997, 1999, 2004, 2007 dan 2019.

Jalannya Pertandingan Brasil Vs Peru

Timnas Brasil memang sudah terlihat unggul setelah menguasai jalannya pertandingan dengan keunggulan penguasaan bola yang mencapai 54% dibandingkan dengan Timnas Peru yang hanya 45%.

Tuan rumah justru sempat mengalami tekanan pada menit awal pertandang setelah Philippe Coutinho melakukan handsball. Wasit kemudian memberikan kesempatan untuk tendangan bebas pada Timnas peru. Eksekusi tendangan bebas yang diambil oleh Christian Cueva pada menit 3 hanya menyamping tipis ke kanan dari gawang Alisson Becker.

Brasil kemudian mengambil inisiatif serangan dengan memanfaatkan lebar lapangan dengan mengandalkan dua sisi sayap yang diisi oleh Everton dan Gabriel Jesus. Brasil akhirnya mampu untuk membuka keunggulan pada menit ke 15 berkat sontekan kaki kanan Everton. Dia memanfaatkan umpan silang dari Gabriel Jesus yang melakukan sedikit gerakan tipu sebelum melepaskan umpan ke kotak penalty dimana Everton berdiri tak terkawal langsung menceploskan bola ke gawang Pedro Gallese yang membuat Brasil unggul 1-0 atas Peru.

Serangan demi serangan terus dilesatkan oleh kedua kesebelasan. Petaka bagi Brasil terjadi tepat 1 menit sebelum berakhirnya waktu normal babak pertama, Thiago Silva dianggap handsball setelah mencoba untuk mengadang laju bola umpan datar Christian Cueva didalam kotak penalty.

Sempat terjadi perdebatan antar pemain Brasil dan Peru dengan wasitu yang membuatnya memutuskan untuk melihat VAR. setelah ditinjau, hadiah penalty tetap diberikan untuk Peru. Paolo Guerrero yang ditunjuk sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan mengubah skor menjadi 1-1.

Menjelang berakhir tambahan waktu babak pertama, Peru yang baru saja menyamakan kedudukan justru dikejutkan oleh serangan balik Brasil, tepatnya pada menit ke 45+3, Gabriel Jesus membawa Brasil unggul 2-1 sampai turun minum.

Pada babak kedua pertandingan, Brasil kembali mengambil inisiatif serangan. Area sayap kembali menjadi andalan Brasil dalam membangun serangan. Brasil harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke 70 setelah Gabriel Jesus menerima kartu kuning keduanya akibat melanggar keras Carlos Zambrano, Jesus Gabriel terus memprotes keputusan tersebut namun wasit bergeming pada keputusannya.

Peru memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, mereka melakukan serangan balik melalui sayap kiri. Namun sayang justru keadaan berbalik, walaupun hanya berjumlah 10 pemain Brasil kembali melebarkan keunggulan menjadi 3-1 melalui sepakan penalty Richarlison pada menit ke 90.

Hadiah penalti diberikan menyusul pelanggaran yang dilakukan Carlos Zambrano terhadap Everton, yang melakukan aksi individu menembus barikade pertahanan Peru.

Protes sempat dilancarkan kubu Peru menyusul keputusan wasit yang menunjuk titik putih.  

Wasit Roberto Tobar kembali memutuskan melihat VAR untuk meninjau kembali dan sang pengadil lapangan tetap memutuskan hukuman penalti bagi Peru. 

Sorak sorai para pendukung bergemuruh usai gol ketiga Brasil tercipta yang menandakan tim mereka di ambang juara Copa America 2019.

Akhirnya wasit Roberto Tobar meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir.

Brasil unggul 3-1 atas Peru dan berhak meraih gelar ke-9 mereka di Copa America.

Brasil 3-1 Peru (Everton 15′, Gabriel Jesus 45+3′, Richarlison pen-90′; Paolo Guerrero pen-44′)

Susunan pemain Brasil vs Peru:

Brasil (4-2-3-1): 1-Alisson Becker; 13-Dani Alves, 4-Marquinhos, 2-Thiago Silva, 12-Alex Sandro; 8-Arthur Melo, 5-Casemiro; 9-Gabriel Jesus, 11-Philippe Coutinho (14-Eder Militao 77′), 19-Everton (15-Allan 90′); 20-Roberto Firmino (21-Richarlison 75′).

Pelatih: Tite

Peru (4-2-3-1): 1-Pedro Gallese; 6-Miguel Trauco, 2-Luis Abram, 15-Carlos Zambrano, 17-Luis Advincula; 19-Yoshimar Yotun (11-Raul Ruidiaz 79′), 13-Renato Tapia (23-Christian Gonzalez 82′); 20-Edison Flores, 8-Christian Cueva , 18-Andre Carillo (Andy Polo ; 9-Paolo Guerrero

Pelatih: Ricardo Gareca

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola