Connect with us

Berita Bola

Gustavo Maia, Pemain Muda Barcelona Yang Bernilai Rp 5,7 Triliun

Gustavo Maia

Berita Sepakbola – Barcelona akhirnya meresmikan pemain baru mereka yakni Gustavo Maia dari klub Brasil. Pemain ini diberi kontrak 300 juta euro atau sekitar Rp 5,7 triliun. Pemain serang 19 tahun tersebut diperoleh dari Sao Paulo FC, dan walau belum pernah bermain di tim inti, mempunyai catatan gol dan perolehan trofi impresif.

Pemain muda berumur 19 tahun tersebut diperoleh dengan harga 4,5 juta euro. Barcelona bersedia memberikan 1 juta euro sebagai pembayaran pertama, dan akan menyelesaikan sisa pembayaran sebanyak 3,5 juta euro jika sudah pindah ke Camp Nou. Selain itu, Barca juga menambahkan klausul rilis senilai 300 juta euro padanya.

Maia besar di Brasilia, dan bergabung ke Sao Paulo di umur 14 tahun. Ia sudah mengikuti tiga trial berbeda demi masuk ke akademi Sao Paulo FC. Dia tampil dengan mengesankan dan bermain impresif dari kecepatannya, keterampilannya, hingga bakatnya di banyak tempat di timnya.

Walau Maia memiliki kaki kanan yang kuat, tempat favoritnya berada di bagian kiri penyerangan, yang menjadikannya sering tampil merusak pertahanan lawan dari dalam, seperti gaya bermain David Villa. Namun begitu, ia sudah menunjukkan jika dia berpotensi dapat dimainkan di banyak posisi di lini serang. Ia merupakan contoh pemain yang diinginkan Barca dari beberapa tahun belakangan ini.

Pada laga internasional, Maia tampil dengan produktif. Ia mencatatkan tujuh trofi dengan timnya, seperti Copa Brasil Votorantim U-15 2016 lalu, Aspire Tri-Series U-16, Taça BH U-17, sampai Copa Ouro U-17 2017 dan lainnya. Bisa dikatakan jika tahun 2018 menjadi tahun terbaiknya karena tampil dengan catatan 30 gol dari 36 laga.

Gustavo Maia, Pemain baru Barcelona

Ia juga ikut tampil di Copinha, turnamen pemain muda di Sao Paulo dan berhasil membuat banyak penonton terkesima dengan permainannya. Ia mencatatkan gol luar biasa saat melawan Coritiba, dengan memainkan bola dengan dadanya, lalu menendang jarak jauh dengan teknik tendangan voli. Dalam laga tersebut, dia kemudian mendapat penghargaan Prêmio Dener, penghargaan gol terbaik.

Walau Maia belum pernah bermain dengan tim senior Sao Paulo, ia sudah ikut menjalani sesi latihan dengan tim seniornya, dan menjadi pemain cadangan. Ia menyudahi sisa musimnya dengan berlatih bersama seniornya yakni Juanfran, Alexandre Pato, dan Dani Alves.

Sayangnya, Maia sudah bersiap melakukan debutnya dengan tim senior, tapi pandemi Covid-19 membuatnya harus menunda laga debutnya dengan tim inti Sao Paulo FC. Hal tersebut tidak membuatnya terpuruk, dengan tetap ikut menjalani latihan dengan pelatih pribadi, dan ia juga belajar bahasa Spanyol demi persiapan pindah ke Spanyol.

Setelah resmi menjadi pemain baru Barcelona, Maia akan dimasukkan dalam tim Barça B. Dia menjadi pemain Brasil yang ke-31 bergabung dengan Blaugrana di LaLiga Santander di musim ini.

Berikut catatan prestasi Gustavo Maia

Tahun   Prestasi/Trofi

2016       Copa Brasil Votorantim U-15

2017       Aspire Tri-Series U-16

2017       Taça BH U-17

2017       Salvador Cup U-17

2017       Copa Ouro U-17

2018       FAM Cup U-17

2018       J-League Challenge Cup U-17

 

 

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Berita Bola