Connect with us

Berita Bola

FIFA Tolak Banding yang Dilakukan Chelsea

TERBIT.COM – Banding yang dilakukan oleh Chelsea atas keputusan FIFA yang melarang kubu The Blues untuk merekrut pemain di atas 18 tahun dalam 2 bursa transfer mendatang telah resmi ditolak, Rabu (8/5/2019). FIFA menolak banding yang dilakukan oleh Chelsea tersebut dan tetap melarang Chelsea melakukan larangan untuk mendatangkan pemain senior.

Keputusan yang dikeluarkan oleh FIFA terkait larangan melakukan bursa transfer selama dua musim tersebut telah membuat Chelsea tidak bisa membeli pemain senior baru pada gelaran bursa transfer musim panas 2019 pada Mei-Agustus dan bursa transfer musim dingin 2020 pada Januari-Februari. Keputusan resmi yang dikeluarkan oleh FIFA tersebut telah dikonfirmasi melalui laman resmi mereka.

Dilansir oleh TERBIT.COM dari laman resmi FIFA, dituliskan bahwa komite banding FIFA telah memutuskan bahwa larangan yang dikeluarkan oleh FIFA menyangkut pada kategori pemuda. Kemudian larangan tersebut tidak mencakup pada pendaftaran para pemain muda yang berusia di bawah umur 16 tahun.

Meski mendapatkan larangan untuk mendatangkan pemain yang berusia di atas 18 tahun, kubu The Blues masih bisa mendatangkan pemain yang usianya berada di bawah 16 tahun. Sebelum larangan yang dikeluarkan oleh FIFA tersebut Chelsea dinyatakan telah bersalah atas 29 kasus pelanggaran. Kasus tersebut melanggar pasal 19 yang mengatur transfer pemain yang berusia di bawah 18 tahun.

Menurut aturan yang dibuat oleh FIFA, pemain yang berusia di bawah 18 tahun harus didampingi oleh orang tua mereka ketika pergi keluar negeri sehingga orang tua mereka juga harus ikut pindah ke negara klub yang mendatangkan mereka.

Pemain yang usianya berada di bawah 18 tahun tersebut juga dilarang memiliki tempat tinggal yang jaraknya terlalu jauh dengan jarak markas klub yang dituju. Jarak antara tempat tinggal dengan markas klub harus dekat dan tempat tinggal mereka tidak boleh lebih dari 50 kilometer dari markas klub. Aturan FIFA mengenai pemain dibawah usia 18 tahun memang cukup ketat dan para klub yang akan mendatangkan pemain muda tersebut harus mematuhi peraturan yang dibuat oleh FIFA.

FIFA juga menyatakan bahwa larangan yang dibuat oleh mereka berlaku untuk semua klub secara menyeluruh kecuali untuk tim sepak bola wanita dan juga untuk futsal serta tidak mencegah pelepasan pemain. Pernyataan yang dikeluarkan FIFA tersebut tidak boleh dilanggar.

Atas kesalahan yang dilakukan oleh Chelsea tersebut, selain mendapatkan larangan melakukan perekrutan pemain dalam dua musim bursa transfer, kubu The Blues juga dikenai denda yang tidak sedikit. Mereka harus membayar denda sebesar 460 ribu Pounds atau sekitar Rp 8,5 milyar. FIFA juga memberikan waktu kepada Chelsea untuk memperbaiki kontrak mereka dengan para pemain muda yang mereka miliki.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola