Connect with us

Berita Bola

Federico Macheda Penentu Gol Kemenangan Manchester United 9 Tahun Lalu

TERBIT.COM – Tapat hari ini 5 April 2019 sepuluh tahun yang lalu, Old Trafford stadium menjadi saksi atas debut gemilang Federico Macheda bersama setan merah.

Faderico Macheda, striker Italy yang saat itu baru berusia 17 tahun diturunkan oleh Sir Alex Ferguson sebagai pemain pengganti saat Setan Merah menghadapi Aston Villa dalam pekan ke 31 English Premier League.

Pelatih Sir Alex Ferguson seperti sedang berjudi dengan menurunkan Ferderico Machena di menit ke 61 menggantikan Luis Nani. Karena Machena diturunkan ke lapangan ketika Manchaster United sedang tertinggal dari tim lawannya Aston Villa dengan skor 1-2.

Dan Machena kala itu juga bukan merupakan satu satunya pemain muda yang di turunkan oleh Sir Alex Ferguson. Pasalnya setelah kedudukan imbang dengan skor 2-2 atas gol yang di cetak Cristiano Ronaldo di menit ke 80, Ferguson juga memasukan striker belia Danny Welbeck yang saat itu masih berumur 18 tahun di tiga menit terakhir jelang peluit panjang.

Keberanian Sir Alex saat itu terbilang sangat berani, karena Setan Merah hanya memiliki keunggulan 4 poin di puncak klasemen. Dan tiga poin itu sangat berarti bagi MU, karena posisinya sangat rawan untuk disalip oleh Liverpool.

Namun tak bisa disangka, hasil taktik Ferguson ternyata membawa hoki. Sebab Manchaster United yang awalnya tertinggal, akhirnya bisa memanngkan pertandingan dengan skor akhir 3-2 menekuk Aston Villa.

Striker Federico Macheda lah yang menjadi pahlawan bagi Setan Merah melalui golnya pada waktu tambahan di babak kedua.

Gol tersebut tercipta dari umpan Ryan Giggs, kemudian Macheda menerima dan melakukan sekali kontrol untuk merubah arah bola dan mengelabuhi bek Villa, Luke Young. Dan tanpa piikir panjang, striker muda itu langsung menendang bola ke arah gawang dengan sepakan keras yang membuat bola bergerak melengkung. Dan gawang The Villans yang dijaga oleh kiper asal Amerika, Brad Fridel pun kebobolan.

Kemenangan Setan Merah atas Aston Villa ini membuat MU dipastikan menjadi juara English Premier League musim itu. Kemenangan MU di akhir musim 2008-2009 itu merupakan gelar juara yang diraih MU ke 18, dengan mengantongi 90 poin. Dengan selisih 4  poin dari pesaing terdekatnya Liverpool.

Namun sayang, meskipun memulai debut yang cukup baik bareng Setan Merah, Federico Macheda harus menjalani kenyataan dengan karir yang stagnan. Sebab ia tak pernah menjadi tim utama dan selalu menjadi pemain pinjaman sejak diboyong tahun 2007 dari akademi Lazio dan dilepas secara gratis tahun 2014 ke Cardiff City.

Dan Federico Macheda tercatat mengantongi 5 gol dan 6 assist dari 36 laga bersama Setan Merah dalam semua kompetisi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola