Connect with us

Berita Bola

Empat Rekor Fantastis Diego Maradona yang Mustahil Dilampaui

Diego Maradona meninggal dunia

Berita Sepakbola Dunia – Dunia sepak bola berduka! Legenda besar bola dari Argentina, yakni Diego Maradona meninggal dunia. berita duka ini pasti meninggalkan duka mendalam untuk semua fans bola dunia. banyak prestasi luar biasa yang dia torehkan selama menjalani kariernya sebagai pesepakbola dunia.

Selama bermain, Diego Maradona menjadi pemain yang begitu istimewa. Dia tampil di banyak klub Eropa dan selalu menjadi pemain andalan. Prestasinya di Timnas Argentina juga tak dapat dipandang sepele, sang legenda ini mencetak prestasi terbesarnya yang hingga kini tidak dapat dipatahkan sekelas Lionel Messi yaitu di perhelatan Piala Dunia.

Demi mengenang pencapaian dari Diego Maradona, berikut tiga catatan rekor yang fantastis dari sang legenda selama berkarier yang sepertinya mustahil untuk dilampaui para penerusnya.

Pemain terbanyak dilanggar di Piala Dunia

Diego Maradona meninggal dunia

Sampai saat ini, Maradona masih menjadi pemain yang paling sering dilanggar dalam musim Piala Dunia. Tercatat 53 kali Maradona dilanggar selama Piala Dunia 1986 berlangsung di Meksiko.

Pemain yang saat ini masuk hitungan terbanyak dilanggar yakni pada Piala Dunia 2018 di Rusia yaitu Neymar. Akan tetapi, pemain dari Brasil tersebut hanya tercatat 19 kali dilanggar, dan masih jauh dari rekor Maradona, bukan.

Walau Piala Dunia 2022 akan segera dilaksanakan, namun sepertinya tidak mudah untuk pemain lain dari negara manapun untuk mencatatkan rekor dari Maradona.

Pemain dengan dua kali rekor transfer

Diego Maradona kapten timnas Argentina

Maradona merupakan satu-satunya pemain dalam catatan sejarah bola yang meraih rekor transfer fantantis dua kali, rekor yang belum pernah dicatatkan pemain manapun di dunia.

Transfernya dari klub Boca Juniors menuju Barcelona senilai 3 juta poundsterling, dan Napoli senilai 5 juta poundsterling, keduanya memecahkan rekor transfer pada tahun 1982 dan 1984.

Meski banyak transfer besar terjadi pada sepak bola era modern, belum terdapat pemain yang bisa melampaui prestasi Diego Maradona yang satu ini.

Jadi Kapten di dua final Piala Dunia

legenda Diego Maradona

Diego Maradona menjadi satu-satunya pemain asal Argentina yang terpilih sebagai kapten di negaranya pada dua babak final Piala Dunia di dua edisi yang berbeda, satu pencapaian yang tidak akan mudah dimiliki pemain lainnya.

Sebenarnya ada pemain lain dari negara yang berbeda yang dapat menyamai prestasi Maradona yang menjadi kapten pada dua babak final Piala Dunia, namun, untuk pemain dari Argentina sendiri, belum ada yang bisa menyamainya.

Kontribusi gol terbaik di Piala Dunia

gol legenda Diego Maradona

Prestasi Diego Maradona lainnya adalah pada perhelatan Piala Dunia 1986 yang berlangsung di Meksiko. Saat itu, dia sukses memperkuat Argentina mendapatkan trofi Piala Dunia kedua bersama tim Albiceleste itu.

Maradona mempunyai peran penting di timnas Argentina. Dia berkontribusi besar pada 10 gol mereka di Piala Dunia tersebut, dengan catatan lima gol dan lima assist.

Argentina sendiri mencatatkan 14 gol selama Piala Dunia 1986 tersebut. Yang berarti persentase kontribusi Maradona pada gol mereka hingga 71,43 persen. Ini menjadi rekor yang belum terpatahkan sampai saat ini. Belum pernah ada pemain lain yang bisa terlibat dalam 10 gol dalam Piala Dunia, seperti Maradona.

Sebelumnya, dia tampil di Piala Dunia 1982 pada saat masih berumur 21 tahun. Saat itu, Maradona dan timnas Argentina harus menerima kekalahan di fase grup, melawan Italia dan Brasil.

Selamat jalan Diego Maradona!

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola