Connect with us

Berita Bola

Empat Klub Liga Inggris Kuasai Kompetisi Elite Eropa

TERBIT.COM – Empat klub berhasil yang memasangkan nama sebagai finalis dua kompetisi antar klub Eropa, yakni Liga Champions dan Liga Europa merupakan jebolan Liga Premier Inggris.

The Gunners dan The Blues memastikan diri menjadi finalis yang merupakan sesama wakil Inggris dalam partai puncak Liga Europa atau Piala UEFA dalam semi final leg kedua yang berlangsung pada hari Jumat, 10 Mei 2019 dini hari WIB.

Arsenal yang telah terlebih dahulu meraih kemenangan 3-1 di leg pertama ketika bertemu dengan Valencia, kembali membuktikan keganasannya dengan mendominasi permainan dan berhasil menang dengan skor 4-2 dalam pertandingan yang berlangsung di Mestalla Stadium.

Usai The Gunners memastikan diri dengan mengantongi tiket menuju babak final, The Blues kemudian menyusul. Langkah dari klub asuhan Maurizio Sarri harus melalui babak yang lebih ekstra. The Blues yang bermain melawan Eintracht Frankfurt harus bermain dengan skor imbang 1-1 pada leg pertama, dan hal ini terjadi lagi di leg kedua pada waktu normal.

Dalam extra time 2×15 menit, laga masih imbang dan tanpa gol, maka dilanjutkan dengan babak adu penalty dengan 12 tendangan. Duel adu penalty ini akhirnya dimenangkan oleh Chelsea dengan skor 4-2.

Sebelum itu, Liverpool dan Tottenham Hotspurs telah terlebih dahulu memastikan diri lolos ke babak final kompetisi Liga Champions dengan mengalahkan wakil dari negara lain di babak semi final.

The Lily White dan The Reds berhasil membalikan keadaan setelah pada leg pertama tertinggal terlebih dahulu. The Reds mengawali come back dengan membantai 4 gol tanpa balas dari Barcelona di Anfield Stadium. Padahal di leg pertama mereka tertinggal 3-0 di Camp Nou. Empat gol tersebut membuat klub asuhan Jurgen Klopp berhak melangkah ke babak final kedua secara beruntun.

Sehari berselang, The Lily White juga mengikuti jejak The Reds dengan menumbangkan Ajax di depan publiknya sendiri. Usai mengalami kekalahan 1-0 di leg pertama, dan kemudian tertinggal 2-0 di babak pertama leg kedua, klub yang berasal dari London Utara ini berhasil membalikan keadaan melalui hattrick yang diciptakan oleh Lucas Moura dalam kurun waktu 41 menit. Laga tersebut disudahi dengan skor akhir pertandingan 3-2.

Spurs sendiri mengantongi keunggulan melalui agresivitas gol tandang meskipun agregat imbang 3-3.

Final semacam ini sebenarnya bukan yang pertama kalinya terjadi di Liga Champions. Sebelumnya seluruh finalis Liga Champions musim 2007-2008 juga dari Liga Inggris, yakni Manchster United dan Chelsea.

Sedangkan final Liga Europa juga bukan pertama kalinya, sebab ketika turnamen ini masih bernama Piala UEFA musim 1971-1972, finalisnya adalah Tottenham Hotspurs dan Wolverhamton Wanderers.

Namun ini merupakan yang pertama kalinya 2 ajang bergengsi ini mutlak di isi oleh finalis dari Liga Inggris.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola