Connect with us

Berita Bola

Detail-Detail Kecil yang Berdampak Besar Bagi Manchester City Untuk Mempertahankan Titel Juara Liga Inggris

Dalam perburuan gelar juara Liga Inggris ersaingan yang ketat kerap kali jadi momok bagi Manchester City dan Liverpool untuk meraih titel kampiun Liga Inggris 2018-2019.


Manchester City sudah memastikan diri menjadi kampiun Liga Inggris2018-2019 selepas kesuksesannya dalam menjaga keunggulan poin dari sang lawan terdekat yaitu Liverpool. Perolehan skor 4-1 telah berpihak telak pada Manchester City. Pasalnya Man City berhasil mengupas tuntas lawannya Brighton & Hove Albion mendulang poin penuh, adapula poin yang telah diraih Liverpool pun menjadi sia-sia.


Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwasannya Liverpool sebenarnya sudah merapat kian dekat dengan gelar yang mereka impi-impikan selama 29 tahun itu.


Hal tersebut bisa dibuktikan dari selisih jarak koleksi poin Liverpool dengan Man City yang hanya satu poin. Man City mengoleksi sebanyak 98 poin, sementara Liverpool mendulang sebanyak 97 poin.


Melihat fakta bahwa Man City punya selisih gol lebih keren, Liverpool sebetulnya hanya mempunyai tenggat dua poin saja dari momen bersejarah pemotong paceklik gelar Liga Inggris mereka yang menjadikan hal itu menarik, dari keunggulan poin tersebut, Manchester City mungkin sudah seharusnya berterima kasih terhadap teknologi garis gawang, salah satu alat paling mutakhir di dunia sepak bola ini.


Sebab, sudah kedua kali juga Manchester City berada di titik keselamatan karena disahkannya maupun dianulirnya gol krusial saat pandangan wasit yang terbatas mungkin tidak dapat memutuskan keputusan dengan tepat.
Kejadian pertama sat Manchester City menyambut kedatangan Liverpool pada paruh musim kedua Liga Inggris pada bulan Januari tahun ini.
Kala itu, kemenangan sudah menjadi sasaran yang absolut bagi The Citizens, semenjak mereka sudah ketinggal sebanyak 7 poin dari Liverpool yang saat itu sedang berada di puncak klasemen.


Celakanya, adu jual beli yang berlangsung di depan gawang nyaris saja membuat Man City tepaksa dilindas lebih dahulu andai John Stones tidak cepat-cepat menghalau bola keluar.bisa di bilang nyaris karena sebagian besar bola telah melewati garis gawang dari Man City, hanya 11 mm atau sama dnegan 11,1 cm dari diameter si kulit bundar yang berada di garis putih.


Jarak 1 cm, yang mungkin sama saja dengan lebar obat berbentuk kapsul, mungkin tidak akan terlalu dianggap gol saat wasit membuat keputusan dengan mata telanjang. walaupun tidak begitu kiranya dalam FIFA Laws of the Game, di mana dipaparkan bahwa bola dinyatakan masuk dan gol jika seluruh bagian bola telah melewati garis di bawah mistar gawang.

The Citizens sendiri akhirnya sukses unggul 2-1 dan dapat melibas habis gap poin dengan Liverpool menjadi empat angka saja. Sementara itu kejadian yang kedua terjadi saat Man City menekuk Burnley dengan perolehan skor yang tipis 1-0 pada April lalu.


Kala itu, gol Man City juga agak memancing perdebatan lantaran seontekan yang dikirim Sergio Aguero secara kilat sudah dibuang keluar dari gawang oleh bek Burnley, Matthew Lowton. Tidak demikian dengan adanya teknologi garis gawang, pemain tidak dapat melakukan nego kembali, karena wasit sudah mendapatkan konfirmasi bahwa tembakan Aguero itu dinyatakan gol yang sah.


Dalam reply, memang nampak bahwa jarak antara bola dan garis gawang juga nyaris dekat sekali. Dimana tempat titik terluar bola hanya 29,5 mm (hampir 3 cm) di belakang garis gawang saat Lowton memblokade tendangan Aguero dengan menggunakan dadanya.


Memang tidak dapat diberikan keterangan tamat secara bahwa apabila gol Liverpool disahkan maka mereka tidak akan menelan kekecewaan dengan skor akhir 1-2 atau Man City hanya seri andai gol Aguero tidak dianggap.


walaupun demikian, hal ini bisa menjadi pembelajaran bagaimana hal-hal kecil bisa menjadi pengaruh yang lumayan untuk persaingan sengit. Cuma berjarak 4 cm, yang mana jarak tersebut bisa dimanfaatkan poleh Man City untuk menyalip perolehan poin Liverpool sampai pada akhirnya mempertahankan titel juara Premier League.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola