Connect with us

Berita Bola

Dari Papua Sampai Bandung, Inilah Deretan Stadion Di Indonesia Yang Disiapkan Untuk Piala Dunia U-20 2021

TERBIT.COM – Indonesia melalui Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) maju dalam bursa pencalonan tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 2021. Deretan stadion megahpun di siapkan untuk memikat FIFA dengan tujuan agar jatuh hati dengan Indonesia.

Sejauh ini, FIFA sendiri telah mengantongi delapan Negara yang akan menjadi calon tuan rumah Piala Dunia U-20. Pada akhir bulan Juni nanti tepatnya tanggal 29, setiap negara akan mengkonfirmasi ulang tentang ketertarikannya menjadi tuan rumah.

Selain Indonesia, Negara lain yang juga akan bertarung pada pemilihan tuan rumah Piala Dunia tersebut yaitu Bahrain, Arab Saudi, Myanmar, Thailand, Uni Emirat Arab, dan juga Peru. Dalam hal ini PSSI sangat percaya diri bahwa Indonesia bisa bersaing untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia nanti karena berkaca pada kesuksesan Indonesia yang sempat menjuadi tuan rumah juga di beberapa kompetisi Internasional tahun lalu termasuk salah satunya adalah Asia Games, Piala AFC U-19 dan juga AFF U-16.

Selain stadion, faktor lain yang memperkuat keyakinan PSSI yaitu kelayakan dari infrastruktur yang memadai seperti hotel berbintang yang saat ini sudah banyak sekali terdapat di berbagai kota. Indonesia sendiri memang memiliki keunggulan yaitu banyaknya stadion yang letaknya berdekatan untuk setiap kotanya misalnya Jabotabek-Bandung saja sudah terdapat 7 stadion yang tersedia yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Madya Senayan, Stadion Pakansari Cibinong, Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Stadion Patriot Kota Bekasi, Stadion Gelora Bandung Lautan Api dan Stadion Si Jalak Harupat dan masih banyak lagi stadion di kota lain yang berdekatan.

Jika dibandingkan dengan tuan rumah Piala Dunia lainnya seperti Polandia, Indonesia memang lebih unggul dari sisi venue. Di Polandia terdapat enam stadion yang menjadi venue pertandingan dimana stadion dengan kapasitas terbesar yang digunakan hanya 20 ribuan penonton. Selain itu letak dari stadion satu dengan stadion lainnya lumayan jauh dan membutuhkan waktu.

Selain itu kekuatan Indonesia lainnya juga terletak pada antusiasme supporter serta masyarakatnya yang tentu saja akan menjadi nilai tambah untuk PSSI agar bisa bertarung dalam bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Penasaran bagaimana pemandangan stadion di Indonesia yang akan menjadi venue Piala Dunia untuk 2021? Berikut ulasannya.

Stadion Utama Gelora Bung Karno

SUGBK akan menjadi primadonanya PSSI untuk maju dalam pemiliha tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Dengan kapasitan penontong sebanyak 77.193 penonton serta fasilitas yang sangat memadai diharapkan bisa menjadi pertimbangan FIFA untuk menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah. Selain itu lokasi dari stadion ini juga terletak di lokasi yang sangat strategis karena berada di pusat kota.

Stadion Madya Senayan

Stadion Madya bisa menjadi pendamping dari stadion utama. Walaupun hanya berkapasitas 9.170 penonton, Stadion ini telah memenuhi standar Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Stadion Gelora Bandung Lauta Api juga rencananya akan dipersiapkan untuk menjadi venue Piala Dunia. Dengan kapasitas 38.000 penonton, GBLA dinilai layak untuk menggelar kompetisi tersebut.

Stadion Patriot Candrabhaga

Sebagai salah satu kandang alternative Tim Nasional Indonesia, Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi juga layak untuk menjadi venue Piala Dunia. Stadion ini sudah berpengalaman menjadi tuan rumah diberbagai ajang termasuk salah satunya Asian Games 2018.

Stadion Wibawa Mukti

Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, juga menjadi kandang alternatif Timnas Indonesia dan layak untuk menggelar laga internasional. Bangunan stadion ini modern dan memiliki fasilitas bagus, mulai ruang ganti pemain hingga area kerja untuk jurnalis.

Stadion Pakansari

Stadion Pakansari di Cibinong, Kabupaten Bogor, punya rekam jejak bagus sebagai venue final sepak bola Asian Games 2018 antara Korea Selatan versus Jepang. Stadion ini juga menjadi markas Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. 

Stadion Maguwoharjo

Stadion Maguwoharjo, Sleman, juga menjadi andalan PSSI untuk menggelar Piala Dunia U-20 2021. Selain dengan bangunan modern dan fasilitas lengkap, letak stadion ini strategis di pusat Sleman dan dekat dengan hotel berbintang.

Stadion Mandala Krida

Masih terletak di kawasan DIY, PSSI bisa menyiapkan Stadion Mandala Krida yang baru saja direnovasi. Stadion Mandala Krida Baru ini akan disempurnakan pada 2020. Di antaranya lampu stadion dan penerangan jalan, kursi tribune (single seat), dan pusat jajanan makanan serta minuman di lingkungan stadion.

Stadion Manahan

Beranjak ke Kota Solo. Stadion Manahan, yang sedang dalam tahap renovasi, juga layak menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20. Terletak di pusat kota, akses ke stadion ini sangat mudah.

Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo sebagai markas Persebaya Surabaya bisa diajukan PSSI untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Dengan kapasitan 55.000 penonton, GBT punya pesona tersendiri di wilayah Jawa Timur.

Stadion Batakan

Stadion Batakan, Balikpapan, menjadi stadion primadona di wilayah Kalimantan. Stadion ini sudah berstandar internasional. Hanya, kelemahannya, letak geografis yang harus menyeberang pulau. 

Stadion Papua Bangkit

Stadion Papua Bangkit terletak di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Stadion yang dipersiapkan untuk PON 2020 ini bakal menjadi ikon Papua. Stadion ini memiliki kapasitas 40.000 penonton. 

Stadion Gelora Sriwijaya

Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, juga layak direkomendasikan untuk menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Gelora Sriwijaya pernah menjadi tuan rumah SEA Games 2011, Asian Games 2018, dan Islamic Solidarity Games 2013.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola