Connect with us

Berita Bola

Cristiano Ronaldo Soroti Harga Transfer Pemain Pada Era Sepakbola Modern

TERBIT.COM – Beberapa waktu lalu dalam wawancaranya megabintang sepakbola asal Portugal, Crisiano Ronaldo memberikan sorotannya terhadap tingginya harga transfer para pemain di era sepakbola modern saat ini, menurut kapten timnas Portugal tersebut ada beberapa pemian yang dibeli dengan harga berlebihan.

Jika kita melihat tren harga transfer beberapa musim kebelakang maka kita akan menyadari bahwa harga transfer pemain dengan nilai 100 juta euro sudah sangat lazim, ada banyak klub yang dengan mudah mengeluarkan uang sekitar 100 juta euro untuk membeli pemian anyarnya. Sampai saat ini rekor pemain termahal dunia masih dipegang oleh Neymar JR, dirinya dibeli oleh Paris Saint Jermain dari Barcelona dengan harga 220 juta euro pada taun 2017 lalu.

Pada tahun 2019, transfer dengan harga fantasttis kembali terjadi, angka 100 juta euro rasanya adalah harga yang lazim dikeluarkan oleh beberapa klub. Sebut saja Eden Hazard, Antonie Griezmann dan juga Joao Felix saat pada bursa transfer musim ini kalusul rilis mereka dihargai dengan harga kisaran 100 juta euro.

Pada bursa transfer musim panas ini transfer pemain juga memecahkan rekor baru, bek termahal yang sebelumnya dipegang oleh Virgil Van Dijk, Liverpool, musim panas ini diambil alih oleh Manchester United. The Red Devils memecahkan rekor bek termahal dengan mendatangkan Maguire dari Liecester City, harga klausul rilis yang harus ditebus oleh MU untuk bisa memboyong sang pemain ke Old Trafford adalah sebesar 87 juta euro, harga yang sangat fantastis untuk posisi bek.

Cristiano Ronaldo yang telah malang melintang didunia persepakbolaan menyadari betapa dinamisnya dunia sepakbola, ia sadar bahwa sepakbola era modern saat ini memanglah berbeda, banyak klub yang memilih mengambil resiko untuk menggelontorkan dana besar pada pemain potensional, mengenai hal tersebut Ronaldo masih sangat mempertanyakan tinginya harga pemain.

“Sulit untuk membuat kalkulasi di sepakbola modern. (Klub) banyak mengambil risiko pada pemain potensial dan industri sepakbola itu berbeda,” ujar Ronaldo kepada TV1 seperti dikutip Marca.
“Mengesampingkan Joao Felix, pemain manapun bisa dibayar 100 juta euro, meski tanpa menunjukkan apapun. Ada lebih banyak uang dalam sepakbola. Bek tengah dan kiper bisa dihargai 70 atau 80 juta euro.”

“Saya tidak sepakat (dengan itu) tapi inilah dunia yang kita tinggali sekarang dan Anda harus menghormatinya,” katanya.

Selama karir sepakbolanya Ronaldo juga pernah memecahkan rekor transfer pemain termahal saat dirinya diboyong oleh Real Madrid dari Manchester United, kala itu dirinya dihargai 94 juta euro pada tahun 2009. Kemudian pada tahun lalu dirinya ditransfer oleh Real Madrid ke Turin dengan harga 100 juta euro.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola