Connect with us

Berita Bola

Cech Menuai Polemik Menjelang Final Liga Europa

TERBIT.COM – Sosok penjaga gawang Petr Cech menjadi polemik menjelang laga final Liga Europa yang bertajuk Derby London mempertemukan Arsenal kontra Chelsea yang akan dilaksanakan di Stadion Olimpiade Baku, Azerbainjan pada hari Rabu, 29 Mei waktu setempat.

Sejak awal musim bergulir, penjaga gawang berusia 37 tahun tersebut sudah mengumumkan akan pensiun dengan berseragam Arsenal pada akhi musim ini. Cech juga telah bertekad untuk mendapatkan gelar Liga Europa sebagai persembahan terakhirnya bagi The Gunners dan juga para fans.

Pelatih baru The Gunners, Unay Emery pun memberikan penghargaan terakhir kepada penjaga gawangnya tersebut. Kiper asal Cekoslovakia ini dipercaya sebagai kiper utama di laga final Liga Europa meskipun Arsenal memiliki penjaga gawang top asal Jerman, yakni Bernd Leno.

Petr Cech bermain reguler di Liga Europa, sedangkan Bernd Leno menjadi pilihan utama dalam kompetisi domestik, termasuk dalam Liga Premier Inggris. Keputusan Unay Emery tersebut kemudian berjalan mulus hingga akhirnya The Gunners berhasil melaju ke babak final.

Namun, masalah justru muncul menjelang laga final tersebut. Cech dikabarkan tengah menjalin negosiasi untuk dapat menempati posisi sebagai Direktur Olahraga Chelsea, yang juga merupakan mantan klub yang pernah diperkuatnya dan mempopulerkan namanya di Liga Inggris.

Kabar tersebut kemudian menyulut kemarahan para fans Arsenal, atau biasa disebut Gonners. Banyak pihak termauk sejumlah pemain legendaris klub yang bermarkas di Emirates Stadium yang menyarankan agar Cech tidak dimainkan dalam laga final tersebut kontra Chelsea.

Maklum, puncak karier Chech terjadi ketika dirinya memperkuat Chelsea. Selama kurang lebih 11 tahun, Cech bermain di Stamford Bridge dan ia telah memcicipi 4 gelar juara Liga Premier Inggris, Liga Champions dan juga tropi Liga Europa.

Cech sendiri kemudian baru pindah ke Arsenal pada tahun 2015 dan hanya berhasil meraih gelar Piala FA di tahun 2016-2017. Rekor kepergian Cech ke Chelsea menjadi pemicu polemik.

David Seaman, yang merupakan kiper legendaris The Gunners bahkan secara terang-terangan menolak Cech untuk diturunkan di final melawan The Blues. Apalagi tim yang berlambang Meriam London tersebut membutuhkan gelar juara Liga Europa untuk memuluskan harapan mereka bermain di Liga Champions musim depan.

“Arsenal benar-benar membutuhkan gelar juara daripada Chelsea. Mereka harus masuk ke Liga Champions dan harus bermain dengan tim terkuat. Artinya Bernd Leno bisa jadi pilihan untuk diturunkan, tapi saya yakin Cech akan bermain karena itu adalah pertandingan terakhirnya,” ujar Seaman seperti dikutip Sky Sports.
Meski demikian, Seaman yakin Cech bakal bersikap profesional. Penampilan Cech di lapangan disebut tidak akan berbeda meskipun rumor kepindahan ke Chelsea benar-benar terjadi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola