Connect with us

Berita Bola

Berita Timnas: Lebih Dekat dengan Sosok Firza Andika

TERBIT.COM – Saat ini nama Firza Andika sedang hangat diperbincangkan oleh publik Indonesia. Pasalnya, pemain muda berbakat yang berasal dari Medan itu berhasil menyumbangkan dua gol saat dirinya membela Akademi Barcelona dalam kompetisi AFC Tubize dengan skor akhir 2-1.

Saat ini publik Indonesia dibuat penasaran dengan pemain muda asal Medan, Firza Andika. Pemain muda kelahiran tahun 1999 tersebut merupakan pemain andalan dari Timnas Indonesia U-22. Ia juga merupakan sosok pemain yang berjasa dalam mengantarkan Indonesia menjadi juara di piala AFF U-22 2019 di Kamboja.

Mengisi posisi sayap, Firza Andika berperan untuk membantu penyerangan yang dilakukan oleh Timnas Indonesia U-23. Seringkali menampilkan performa yang gesit dan juga lincah saat bermain di lapangan membuat namanya semakin terkenal. Ditambah lagi ia tercatat sering memasukan gol ke gawang lawan meskipun ia ditugaskan untuk membantu pertahanan.

Firza Andika mengawali karir bermain sepak bolanya pada saat dirinya membela Tasbi Soccer School pada tahun 2008 sampai 2015. Dirinya juga sempat bergabung bersama klub Semen Padang di musim 2015-2017. Selama 3 tahun Firza Andika turut menjadi tameng pertahanan Semen Padang. Karir professional seorang Firza Andika dimulai pada tahun 2018 saat ia bermain bersama PSMS Medan. Bermain 9 kali dengan PSMS Medan, Firza Andika tak sumbangkan gol.

Pada musin 2017-2018, Firza Andika diundang untuk mengikuti tes seleksi Timnas Indonesia U-19 dan ia berhasil lolos dari seleksi tersebut. Firza Andika bersama Timnas U-19 bermain di kompetisi Piala AFF U-19 2018 dan Piala Asia U-19 2018. Dari 14 kali penampilannya bersama Timnas U-19 Firza Andika berhasil menyumbangkan 3 gol.

Penampilan Firza Andika yang gemilang bersama Timnas U-19 membuat namanya mendapatkan undangan trial AFC Tubize dan UD Alzira. Selama satu bulan ia telah mengikuti trial di Belgia untuk AFC Tubize dan Spanyol untuk UD Alzira. Penampilan Firza pun mendapatkan hasil yang positif. Menurut 2 Touch International, agen yang mengurus Firza mengatakan bahwa kedua tim tersebut memiliki minat terhadap performa yang ditampilkan oleh Firza selama menjalani trial. Namun tim yang paling menginginkan Firza adalah AFC Tubize.

Saat ini Firza Andika telah menandatangani kontrak selama dua musim dalam sebuah ceremony yang digelar di Kantor Northcliff Indonesia, Jakarta, pada Jumat (25/1/2019) lalu. Kini setelah Firza Andika selesai mengemban tugasnya untuk membela sang garuda ia akan langsung memulai debutnya di Belgia bersama AFC Tubize. Sebelumnya proses pengenalan Firza dengan AFC Tubize sempat mengalami hambatan karena ia harus bertanding bersama Timnas U-22 dalam gelaran Piala AFF U-22 2019 di Kamboja dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Vietnam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola