Connect with us

Berita Bola

Berikut Tiga Klub Promosi Ke Liga Premier Inggris

TERBIT.COM – Aston Villa memastikan kembali berlaga di Liga Premier Inggis usai mengalahkan Derby County 2-1 pada laga play-off Championship yang dilaksanakan di Stadion Wembley pada hari, Senin (27/5) sore waktu setempat.

Aston Villa membuka keunggulan pada menit ke-44 melalui gol yang diceak oleh Anwar El-Ghazy dengan memanfaatkan assist dari Ahmed El Mohamady. Kemudian mereka menggandakan skor pada menit ke-59 melalui gol John McGinn.

Sedangkan satu-satunya gol skuat asuhan Chelsea Frank Lampard dicetak oleh Jack Marriott melalui assist dari Jayden Bogle.

Villa pun menjadi tim ketiga yang memastikan tiket terakhir promosi ke Liga Primer Inggris musim depan. Mereka menyusul langkah Norwich City dan Sheffield United. Tiga klub itu menggantikan posisi Cardiff City, Fulham, dan Huddersfield Town yang terdegradasi musim depan.

Berikut tiga klub yang promosi ke Liga Premier musim depan:

1. Norwich City

Di bawah arahan Daniel Farke, Norwich kembali ke kompetisi Liga Premier Inggirs musim depan sejak degradasi pada 2015/2016.

Norwich sendiri berhasil mengunci papan atas klasemen akhir Championship dengan mengoleksi 94 poin dari 46 pertandingan musim ini.

Total klub ini telah delapan kali tampil di Liga Primer Inggris. Kali pertama mereka promosi  pada 1993/1994 dan bertahan selama tiga musim hingga harus terdegradasi lagi pada 1994/1995.

Mereka baru kembali ke Liga Primer Inggris pada 2004/2015, sebuah penantian panjang bagi klub itu. Namun, saat itu mereka hanya bertahan satu musim saja.

2. Sheffield United

Sheffield United menempati peringkat dua klasemen kompetisi Championship dibawah Norwich. 

Sheffield harus melalui masa penantian selama 12 tahun untuk kembali ke Liga Primer Inggris. Mereka terakhir ke kompetisi kasta tertinggi tersebut pada musim 2006/2007.

Total baru tiga kali klub ini tampil di Liga Primer Inggris. Mereka mengalami perombakan besar-besaran sejak klub itu mendapat suntikan dana setelah 50 persen saham dibeli salah satu Pangeran Arab Saudi Abdullah bin Musa’ed bin Abdulaziz Al Saud .

3. Aston Villa

Aston Villa adalah klub yang paling sering tampil di Liga Primer Inggris dibandingkan dua klub lainnya. Total sudah 23 kali mereka merasakan atmosfer Liga Inggris.

Namun Aston Villa harus melalui jalur play-off setelah hanya finis di posisi ketiga klasemen. Di final play-off, mereka sukses mengalahkan skuat arahan Frank Lampard, Derby County, 2-1 dan memastikan promosi ke Liga Primer Inggris.

Terakhir kali The Lions tampil di Liga Primer Inggris pada 2015/2016. Setelah terdegradasi, pemilik Aston Villa Randy Lerner menjual mayoritas kepemilikan saham kepada konglomerat China, Xia Jiantong pada 18 Mei 2016.

Meski sudah disuntikkan dana segar, Aston Vila belum bisa kebali ke Liga Primer Inggris. Jiantong pun memutuskan mencari rekanan lain untuk berinvestasi. Baru pada 20 Juli 2018, pengusaha kaya asal Mesir, Nassef Sawiris, membeli 55 persen saham Villa melalui perusahannya, NSWE Group. Klub itu baru berhasil promosi dari Championship musim ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola