Connect with us

Berita Bola

Berikut Pelatih Sepakbola Tertua Di Dunia Dalam Sejarah Liga Inggris

Pelatih Sepakbola Tertua Di Dunia

Berita Sepakbola – Beberapa pelatih sepakbola dunia pastinya pernah berada dalam kondisi persaingan di Liga Inggris. Bahkan tidak sedikit yang masih dipercaya untuk melatih tim di umur yang tidak muda lagi.

Kemampuan dan pengalaman mereka menjadi jaminan klub besar memilih mereka tetap menjadi pelatih timnya. Nah, berikut para pelatih sepakbola tertua di dunia yang akan selalu diingat karena pengaruh besarnya di klub yang mereka pimpin di Liga Inggris. Siapa saja mereka? Ini liputan lengkapnya :

Guus Hiddink

Pelatih Sepakbola Tertua Di Dunia

 

Pelatih senior dari Belanda tersebut sudah berumur 73 tahun. Di tahun 2009 dan 2016, dia menjadi pelatih Chelsea. Hiddink mengawali karier sebagai pelatih di tahun 1987 lalu. Saat itu, dia debut di PSV Eindhoven. Setelahnya, dia bergabung ke berbagai klub, seperti Fenerbahce, Valencia, Real Madrid, hingga mencicipi Timnas yakni Belanda, Korea Selatan, sampai China U-23. Saat ini, dia masih aktif menjadi pelatih di Timnas Curacao.

Neil Warnock

Pelatih Sepakbola Tertua Di Dunia

Umur Neil Warnock saat ini sudah mencapai 71 tahun. Walau begitu, dia masih aktif menjadi pelatih Middlesbrough. Warnock tidak hanya menjadi pelatih sepakbola terbaik dunia yang sudah diakui, namun juga menjadi pemain bola yang berprestasi. Mengawali kariernya sebagai pemain di tahun 1967 lalu. Warnock kemudian menjalani karier sebagai pelatih di tahun 1980 dengan bergabung ke Gainsborough Trinity.

Sir Alex Ferguson

Pelatih Sepakbola Tertua Di Dunia

Pelatih yang satu ini tidak akan pernah terlewatkan. Dia merupakan salah satu pelatih sepakbola terbaik dunia yang membawa Manchester United sebagai klub yang ditakuti selama menjadi manajernya dalam waktu yang paling lama di Premier League yaitu 21 tahun. Akan tetapi, prestasinya tidak dapat dipandang sebelah mata.

Ferguson mulai menjadi pelatih MU sejak musim 1986-1987. Beragam gelar juara mereka catatkan bersama, termasuk treble winners di tahun 1998. Dia akhirnya pensiun di tahun 2013 saat berumur 71 tahun 139 hari.

Sir Bobby Robson

Pelatih Sepakbola Tertua Di Dunia

Sir Bobby Robson mengawali karier sebagai kepala pelatih dengan Fulham, klub yang pernah dia perkuat saat masih aktif menjadi pemain. Dia juga pernah menjadi pelatih di PSV Eindhoven, Barcelona, ​​Sporting hingga Porto. Sebelum menyudahi kariernya sebagai pelatih, dia pernah menjadi pelatih Newcastle United di tahun 1999 hingga 2004 sampai kemudian memutuskan pensiun saat berumur 71 tahun.

Roy Hodgson

Pelatih Sepakbola Tertua Di Dunia

Kini, Roy Hodgson sudah berumur 73 tahun. Walau begitu, dia selalu bersemangat memimpin para pemain di lapangan. Menjadi pelatih sejak tahun 1976 lalu. Kala itu, dia membawa tim Halmstad dengan baik. Setelah itu, banyak klub yang dia latih seperti Inter Milan, Udinese, Liverpool, dan saat ini bersama Crystal Palace.

Arsene Wenger

Pelatih Sepakbola Tertua Di Dunia

Selanjutnya Arsene Wenger sebagai salah satu pelatih sepakbola tertua di dunia dalam catatan sejarah Liga Inggris. Berumur 70 tahun, dia masih aktif dalam dunia sepakbola walau kini tidak menjadi pelatih tim manapun sejak hengkang dari Arsenal.

Tentunya nama Wenger tidak asing lagi di klub tersebut. Dia menjadi pelatih Arsenal selama 22 tahun. Walau sudah berumus senja, The Professor masih didekati menjadi pelatih sepakbola di tim lain. Akan tetapi, dia mengaku ingin menikmati masa rehatnya dengan berkumpul bersama keluarganya.

Claudio Ranieri

Pelatih Sepakbola Tertua Di Dunia

Claudio Ranieri menjadi pelatih sepakbola terbaik dunia paling muda diantara rekannya yang lain. Kini, dia berumur 68 tahun. Namanya kian bersinar saat Ranieri berhasil membawa tim Leicester City meraih gelar juara Premier League di tahun 2015 lalu. Akan tetapi, dia kemudian didepak di musim selajutnya karena penampilan The Foxes memburuk.

Walau demikian, pelatih kelahiran 20 Oktober 1951 tersebut menjadi pelatih FC Nantes di Ligue 1. Sempat berencana ingin pensiun, dia mengungkapkan kemungkinan akan memutuskan meninggalkan dunia bola saat berumur 70 tahun. Setelah dari Nantes, dia kini bersama Sampdoria sejak tahun 2019 lalu.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

Selebihnya di Berita Bola