Connect with us

Berita Bola

Berikut Beberapa Fakta Penting Menjelang Undian di Babak Liga Champions

TERBIT.COM – Undian babak penyisihan grup Liga Champions 2019-2020 akan digelar di markas besar UEFA, Nyon pada hari Kamis, 29 Agustus malam Waktu Indonesia Barat. Berikut beberapa fakta menarik menjelang undian Liga Champions musim 2019-2020.

Dengan berakhirnya babak play off pada hari Kamis, 29 Agustus dini hari tadi Waktu Indonesia Barat, undian di babak grup Liga Champions akan digelar pada malam ini. Liga Champions musim ini sendiri berpeluang untuk menciptakan grup neraka.

Klub raksasa dari ibu kota Spanyol tersebut memang merupakan pengoleksi 13 gelar Liga Champions sedangkan rival satu kota mereka, Atletico Madrid berada di pot 2. Kondisi tersebut membuat Real Madrid dan Atletico Madrid dapat satu grup bersama Liverpool, Chelsea, Manchester City, Juventus, Bayern Munchen atau Paris Saint Germain yang berada di plot ke satu.

Menurut kabar yang dikutip dari situs resmi UEFA, berikut beberapa enam fakta penting menjelang undian Liga Champions:

1. Dari 32 klub yang akan berlaga di putaran final Liga Champions musim ini, 26 klub diantaranya masuk ke babak grup secara otomatis. Sedangkan enam klub lainnya harus menjalani babak play off.

2. Untuk pot 1 dihuni klub juara bertahan Liga Champions yakni Liverpool, juara bertahan Liga Europa, Chelsea serta juara enam liga besar di Eropa. Sedangkan untuk Pot 2 hingga pot 4 ditentukan berdasarkan koefisien poin klub. Kondisi tersebut membuat klub raksasa seperti Real Madrid dan juga Atletico Madrid berada di Pot 2.

3. Masing masing grup akan berisikan empat klub dari Pot 1 hingga Pot 4. Klub dari negara yang sama tidak bisa berada dalam satu grup. Berdasarkan keputusan dari Komite Eksekutif UEFA, klub dari Rusia dan Ukraina tidak dapat berada di dalam satu grup.

4. Jika ada asosiasi yang memiliki dua atau lebih wakil, klub akan yang akan dipasangkan dalam undian untuk memisahkan pertandingan antara hari Selasa dan Rabu. Jika klub yang dipasangkan sudah di undi untuk masuk grup, contoh di grup A, B, C atau D maka klub yang satunya otomatis akan masuk ke grup antara grup E, F,G atau H.

5. Pertandingan pertama di babak penyisihan grup Liga Champions 2019-2020 akan digelar pada 17 – 18 September 2019. Final Liga Champions musim ini akan diselenggarakan di STadion Ataturk Olimpiyat, Istanbul, Turki 20 Mei 2020.

6. Inggris, Spanyol, Jerman dan Italy menjadi negara yang mengirimkan wakil terbanyaknya di Liga Champions musim ini. Keempat negara tersebut memiliki masing masing empat klub di babak grup.

Berita Bola

Berita Menarik Lainnya

More in Berita Bola