Connect with us

Berita Bola

Bayern Munich Memperpanjang Garansi Juara Bundesliga

Spieltag atau bisa disebut pekan ke-34 yang mengakhiri Liga Jerman pada musim ini dihelat secara bersamaan pada akhir pekan sembari diwarnai pesta rutin dari Bayern Muenchen yang keluar sebagai kampiun. Dei Roten (Si Merah) dan kawan-kawan, memperpanjang titel kejuaraan Bundesliga yang ketujuh secara berturut-turut dengan pesta kemenangan perolehan skor terakhir 5-1 kontra Eintracht Frankfurt yang berlangsung seru di Allianz Arena.

Pada saat yang bersamaan. Kemenangan yang diperoleh 2-0 Borussia Dortmund terasa nihil saat melangsugkan pertandingan di Moenchengladbach karena tak menggoyangkan susunan di klasemen.

Bayern tetap betah berada di posisi teratas dengan mengantongi 78 poin atau tenggat dua angka dari Borussia Dortmund, yang sedang berada di peringkat kedua. Bayern dan Dortmund ditemani oleh RB Leipzig serta Bayer Leverkusen untuk melengkapi empat kontingen Bundesliga di kompetisi Liga Champions musim yang akan datang.

Kuartet tersebut menempati zona empat besar di klasemen akhir. Keberhasilan Bayen Muenchen menyandang gelar juara kembali dilengkapi prestasi pribadi fantastis mereka, Robert Lewandowski, sang top skor gol di kompetisi.

Leandowski berakhir sebagai penyandang contributor gol dengan menuliskan di catatannya 22 gol untuk Bayern sepanjang musim yamg dilakoninya. Menurutnya, inilah trofi Sepatu Emas keempat di kompetisi Bundesliga setelah meraih titel serupa pada tahun 2014, 2016, 2018.

Namun yang paling menarik dari pekan terakhir Bundesliga musim ini adalah perebutan tiket untuk masuk ke Liga Champions maupun Liga Eropa. Sebelum pekan 34 berlangsung, Gladbach menempati posisi empat dan membawa asa bisa menemani Bayern, Dortmund dan Lipzig ke Liga Champions.

Tapi naas bagi merka yang mesti mengalami nasib buruk 0-2 dari Dortmund. Di tempat lain, Bayer Leverkusen secara gagah menaklukan Herta Berlin dengan skor 1-3. Walhasil dengan dua kondisi tersebut, Leverkusen melangkahi posisi Gladbach dengan mengais keunggulan tiga poin. Mereka akan bertarung ke Liga Champions musim mendatang.

Wolfsburg menjadi tim yang selanjutnya memastikan dirinya mendapi tiket ke Eropa bersama Gladbach. Tak tanggung-tanggung, mereka menutup musim secara berkelas dengan mensingkrikan Augsburg dengan perolehan skor terakhir 8-1. Sebuah kemenagan telak yang membawa mereka mengakhiri kompetisi di peringkat enam klasemen.

Sementara itu, Frankfurt vs Hoffenheim terjadi dramatisasi sebelum laga diumulai, kondisinya adalah Frankfurt membutuhkan satu angka untuk maju ke Liga Eropa sedangkan Hoffenheim harus unggul di kandang Mainz untuk mengikat tiket terakhir melaju kesana.

Para pendukung Hoffenheim sempat bergembira karena menginjak menit 65, timnya berhasil unggul 0-2 dari Mainz sedangkan Frankfurt tertinggal 3-1 dari Bayern. Dengan posisi tersebut, maka Hoffenheim yang bisa lolos ke Liga Eropa. Akan tetapi keajaiban masih menaungi Frankfurt karena ketika laga usai, Mainz bisa membalikkan skor dan menang 4-2 atas Hoffenheim. Jadilah Frankfurt yang lolos ke Liga Eropa meski harus dari babak kualifikasi. Di sisi lain, keberhasilan tersebut tetap tak menutupi kekecewaan mereka karena gagal ke Liga Champions. Padahal di pekan ke-36, Frankfurt masih menduduki peringkat empat. Namun dua kekalahan dari Mainz dan Bayern harus membuat mereka puas terjun ke urutan tujuh.

Berikut rekapitulasi dan klasemen akhir Liga Jerman 2018-2019

  • Juara: Bayern Muenchen (gelar ke-29)
  • Runner-up: Borussia Dortmund
  • Lolos ke Liga Champions: Bayern, Dortmund, RB Leipzig, Leverkusen
  • Lolos Liga Europa: Gladbach, Wolfsburg, Frankfurt
  • Play-off degradasi-promosi: Stuttgart
  • Degradasi: Hannover, Nuernberg
  • Top scorer: Robert Lewandowski (Bayern, 22 gol)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Title

Must See

    More in Berita Bola